Meski terlihat gegap gempita, peluncuran sebuah produk memerlukan waktu dan ketelitian dalam setiap perencanaannya. Mengapa? Keberhasilan produk tergantung dari penjualan dan kebutuhan masyarakat. Apabila produsen tidak memenuhi keduanya, tentu saja bisnis mereka mengalami kerugian. Nah, apa saja sih yang perlu disiapkan dalam meluncurkan produk? Ini ulasan singkatnya

1. Analisa kompetitor

Sebelum meluncurkan sebuah produk, pastikan produk kamu memiliki inovasi dan nilai keunikan yang membedakannya dari kompetitor. Bahkan jika produk kamu belum memiliki kompetitor sekalipun, cek kembali apakah produkmu dapat menjadi solusi yang tepat akan kebutuhan konsumen pada saat itu atau di masa depan.

2. Uji coba dan validasi

Bila kamu yakin bahwa produkmu menarik dan bisa diterima oleh pasar, maka lakukanlah uji coba dan validasi terhadap target market yang sudah ditentukan. Ajak mereka untuk mencoba dan memahami produkmu, diskusi dan kumpulkan ragam masukan untuk menyempurnakan produkmu

3. Strategi promosi dan pemasaran

Tentukan pesan apa yang kamu ingin sampaikan kepada target market, saluran media yang akan digunakan hingga kegiatan pemasaran yang cocok dengan stakeholder atau pemangku kepentinganmu misalnya media, influencer dan konsumenmu

4. Tim Terbaikmu

Sebuah peluncuran tentu sulit berhasil tanpa kolaborasi tim yang solid. Persiapkan perencanaanmu melalui diskusi harian, bagi tugas sesuai peran dan kapasitas masing-masing serta jika perlu, ajaklah konsultan event atau komunikasi untuk membantu perencanaan peluncuranmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *