Persiapkan Beberapa Hal Ini Apabila Kamu Tertarik Menjadi Seorang Public Relations

Bekerja di dunia komunikasi yang penuh dengan ups and downs tentu menjadi daya tarik tersendiri. Namun, tuntutan dan kebutuhan perusahaan terhadap praktisi komunikasi seringkali membuat bidang pekerjaan ini semakin diminati oleh banyak orang. 

Salah satu praktisi komunikasi yang paling dibutuhkan oleh perusahaan adalah public relations. Sebab, profesi ini memegang tanggung jawab besar dalam membangun citra dan mempertahankan reputasi perusahaan yang merupakan salah satu unsur keberhasilan bisnis perusahaan. 

Lalu, kalau mau memulai karir menjadi seorang public relations, apa aja ya yang harus dipersiapkan? Yuk, temukan jawabannya pada artikel ini!

Miliki Pemahaman Dasar Terkait Bidangnya

Meskipun tidak berasal dari latar belakang pendidikan komunikasi, tetapi Briefee tetap bisa lho berkarir menjadi seorang public relations. Kuncinya adalah miliki pemahaman mendasar tentang public relations. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut: 

  • Riset jobdesk umum seorang public relations melalui berbagai job portal, seperti Jobstreet, Glints atau bahkan Linkedin. 
  • Pahami istilah-istilah penting dalam dunia public relations
  • Perbanyak membaca artikel-artikel mengenai dunia komunikasi dan public relations. Salah satunya adalah melalui website stories.briefer.id.

Pertajam Berbagai Keahlian yang Dibutuhkan

Setelah memiliki pemahaman mendasar yang cukup mengenai public relations, hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah skills/keahlian yang relevan. Keahlian utama yang harus dimiliki adalah komunikasi secara verbal, non-verbal dan kemampuan menulis. 

Sebab, ketika menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, seorang public relations harus mampu menyampaikan informasi penting kepada para stakeholders, khususnya media dan seorang public relations juga harus mampu untuk menulis press release ketika perusahaan ingin melakukan publikasi kepada pihak media. 

Coba Ikuti Program Magang

Menjadi salah satu profesi yang paling dibutuhkan perusahaan, tentu lowongan ini akan mudah dicari melalui online job portal atau website resmi berbagai agensi PR.

Dengan mengikuti magang, Briefee akan mendapatkan berbagai pengalaman nyata terkait scope dan lingkungan kerja public relations. Tentunya, pemahaman-pemahaman mendasar yang telah disiapkan di awal dapat menjadi pondasi kokoh dan akan semakin dipertajam dengan adanya praktik nyata. 

Tingkatkan Kemampuan Networking 

Koneksi menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang public relations. Sebab, industri public relations merupakan industri yang sangat adaptif dengan berbagai tren. Apabila Briefee memiliki banyak jaringan dalam industri yang sama, tentunya informasi yang didapatkan akan semakin cepat dan banayk pula. 

Cara paling sederhana untuk membangun networking adalah dengan menghadiri acara-acara yang membahas tentang public relations atau bisa juga dengan menambah jejaring profesional di media sosial, khususnya Linkedin. 

Briefee tertarik untuk memulai karir sebagai seorang public relations? Coba kunjungi website briefer.id dan daftar jadi kolaborator sekarang! Good Luck~

Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman Stories From Briefer dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *