Film-film yang Memiliki Integrated Marketing Communication Keren!

Selain cerita yang bagus, ramainya antusias penonton dalam menyaksikan film juga bergantung pada komunikasi marketing yang dilakukan oleh tim pemasaran film-film tersebut. Langkah ini biasanya disebut dengan Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu memadukan pesan dan saluran komunikasi pemasaran sehingga tim dapat mempromosikan film mereka dengan narasi yang konsisten.

Inilah elemen-elemen penting dari sebuah Komunikasi Pemasaran yang terintegrasi.

Nah, apa saja sih film-film yang mempunyai IMC keren? Ini pembahasannya!

1.Suicide Squad

Film yang dirilis 2016 ini meninggalkan jejak IMC yang terbilang fenomena di masanya. Para karakter Suicide Squad menjadi icon dan costplay pengunjung di Comic-con Amerika Serikat, publikasi yang sangat massif di sejumlah acara televisi yang menjangkau wider audience.

Suicide Squad meluncurkan teaser awal di Comic-con satu tahun sebelum peluncurannya dan mendapatkan antusias yang luar biasa, meski film ini bukanlah film superhero pada umumnya. Tak berhenti disitu, trailer keduanya di 2016 pun meledak! Kostum, action, musik, segala hal tentang Suicide Squad menjadi buah bibir publik.

Dari sisi program komunikasi Suicide Squad hadir dalam bentuk ragam talkshow, interview majalah, poster, big screen di gedung perkantoran Amerika, big stickers at the cinemas hingga tempat-tempat umum! Film ini juga berkolaborasi bersama Samsung untuk mendukung promosinya dengan membuat Virtual Reality.

Suicide Squad adalah bukti bahwa the worst hero ever can be the best of the best at the box office with brilliant marketing campaign.

2.Filosofi Kopi

Filosofi Kopi, cerpen karya Dewi Lestari yang dijadikan sebuah film dan mendapat reaksi amat positif dari masyarakat di awal kemunculannya. Proses komunikasi yang dilakukan oleh Filosofi Kopi adalah Online to Offline yaitu promosi di media sosial, konferensi pers serta roadshow.

Tak berhenti sampai disitu, film ini menarik penontonnya untuk berkunjung ke kedai Filosofi Kopi, sebuah perwujudan dari cerita supaya penonton dapat merasakan pengalaman langsung kisah yang diceritakan oleh film.

Filosofi Kopi adalah bentuk dari perjalanan konsumen – mulai dari mengenal Filosofi Kopi (buku), memutuskan lebih mengetahui Filosofi Kopi melalui tontonan (film) hingga akhirnya berkunjung guna memperoleh social experience (brand). Perjalanan inilah yang membuat budaya kopi semakin berkembang di Indonesia mulai dari kebiasaan masyarakat sampai menjamurnya bisnis kopi.

3.Dilan 1990

Film yang begitu populer beberapa tahun silam ini bisa dikatakan membuat rekor baru dalam drama romantis film Indonesia. Hanya dalam beberapa hari penayangan, jumlah penonton sudah mencapai jutaan! Dilan 1990 mengawali debutnya dari buku, kemudian diwujudkan dalam bentuk buku novel serta kolaborasi pemasaran bersama brand lain, seperti Silverqueen dan Cornetto. Selain itu, Dilan juga memproduksi official merchandise bekerjasama dengan minimarket seperti Alfamart.