Our Beloved Summer – Tahapan hubungan apa yang dilalui oleh Choi-ung dan Kook Yeon-su?

Studi Human Communication Joseph Devito

Our Beloved Summer, drama korea yang diperankan oleh Choi Woo-sik (Choi-ung) dan Kim Da-mi (Kook Yeon-su) berhasil merebut hati penonton dengan kehangatan cerita komedi romantis. Menduduki peringkat 2 Netflix, drama ini dianggap pembuka tahun yang indah, setelah kesuksesan Hometown Cha-Cha-Cha.

Selain akting gemas tokoh utama, Our Beloved Summer ternyata memiliki perspektif komunikasi interpersonal yang sangat menarik untuk dibahas. Studi ini diambil dari kajian Human Communication Joseph Devito, seorang ahli di ranah komunikasi antar manusia.

Choi-ung dan Kook Yeon-su yang menjalani hubungan dari remaja hingga dewasa, sudah melewati banyak cerita, dimana kisah mereka masuk dalam stages of relationships. Apa sajakah itu? Yuk kita bahas!

1.Contact

4 Alasan Kenapa Harus Nonton Our Beloved Summer

Stage awal dalam hubungan adalah ketika kamu sadar akan kehadiran orang lain dalam hidupmu. Bisa secara formal, atau ketika kamu berpapasan di jalan maupun tempat-tempat lainnya.

Kontak awal Choi-ung dan Yeon-su adalah saat mereka bertemu di upacara sekolah. Tipe kontak awal ini disebut kontak perseptual, dimana Choi-ung memandang Yeon-su, lalu akhirnya Yeon-su membalas tatapan tersebut meski dengan tatapan dingin.

Pernah mengalami hal sejenis, Briefee?

2.Involvement

Pada tahap ini, kamu akan lebih terlibat dengan orang lain untuk membentuk pertemanan. Choi-ung dan Yeon-su “dipaksa” berteman sebab mereka terlibat proyek video dokumenter yang menyorot kehidupan siswa peringkat awal dan siswa peringkat akhir sekolah.

Interaksi yang terjadi diantara mereka dinamakan interaksi mutual. Aktivitas dan pertengkaran terus menerus menimbulkan kedekatan serta keseimbangan untuk memberi dan menerima sesuatu. Kemudian Choi-ung dan Yeon-su mencoba memahami perasaan dan melihat apakah mereka dapat berkomitmen pada jalinan spesial.

3.Intimacy 

Setelah melalui kejadian demi kejadian, akhirnya Choi-ung dan Yeon-su memutuskan berpacaran atau disebut komitmen interpersonal.  Tidak semua jalinan berjalan manis, apalagi jalinan bertahun-tahun. Senang, sedih, marah, kecewa bercampur dalam kehidupan Choi-ung dan Yeon-su.

Hingga suatu hari, Choi-ung mulai merasakan kekhawatiran akan kehilangan Yeon-su. Perasaan tersebut dinamakan security anxiety atau ketakutan untuk ditinggalkan orang lain.

4.Deterioration

Choi-ung dan Yeon-su tidak memiliki masalah besar dalam hubungan. Namun di satu titik, Yeon-su yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sedang mengalami kesulitan hidup merasa menghalangi masa depan Choi-ung untuk mengembangkan diri sebagai illustrator.

Akhirnya mereka berada dalam fase relational damage dimana Yeon-su meminta untuk berpisah tanpa alasan, demi karir Choi-ung. Apakah keputusan itu membuat Choi-ung bahagia?

Di titik Yeon-su meninggalkannya, itulah titik terendah dalam hidup Choi-ung dan merasakan security anxiety dalam waktu lama.

5.Repair

Lima tahun berlalu, Choi-ung dan Yeon-su kembali dipertemukan dalam sebuah proyek pekerjaan dan proyek kelanjutan video dokumenter. Perjumpaan mereka menjadi kesempatan yang tak disengaja untuk memperbaiki hubungan. Tahapan repair  yang mereka lewati terbagi 2 macam yaitu :

a. Intrapersonal repair :

Choi-ung dan Yeon-su menganalisa dan berkomunikasi dengan diri sendiri mengenai keadaan hubungan serta sikap mereka di masa lalu. Yeon-su yang sebenarnya merasa bersalah dan egois, lalu Choi-ung yang merasa sangat sedih karena butuh penjelasan tentang keputusan lampau Yeon-su.

b. Interpersonal repair :

Choi-ung dan Yeon-su perlahan memperbaiki hubungan mereka dengan Saling jujur dan terbuka. Memahami serta mengubah perilaku menjadi lebih baik.

6. Dissolution

Tahapan ini adalah fase kedua pasangan berusaha menjalani kehidupan setelah berpisah. Apa tahap yang mereka harus lakukan?

a. Break the loneliness dan take time out – mengistirahatkan diri dari segala jenis hubungan untuk menstabilkan mental dan perasaan

b. Meningkatkan self-esteem – Choi-ung yang membangun karir sebagai illustrator dan Yeon-su yang berkompeten di konsultan marketing.

c. Mencari dukungan – para sahabat Choi-ung memberi semangat saat Choi-ung depresi akibat perpisahan dan mendorong Choi-ung untuk bangkit dan melakukan hal yang ia senangi.

Relationship differ so widely, but this stages of relationships will remain  wherever or whoever you are with. Ada yang sedang mengalami seperti cerita Our Beloved Summer? Atau kamu sedang di tahap yang mana nih, Briefee? Yuk share cerita kamu di kolom komen.