10+ Istilah Penting Dalam Industri Public Relations

Setiap industri pekerjaan tentu memiliki jargon tersendiri yang biasanya digunakan ketika berkomunikasi secara internal perusahaan/dengan rekan kerja dari industri yang sama, begitupun dengan public relations

Memiliki pemahaman terkait beberapa istilah tentu akan menjadi bekal penting bagi Briefee yang ingin memulai karir menjadi seorang praktisi PR. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai! 

Advertorial: Merupakan sebuah iklan dalam publikasi yang menyerupai konten editorial tetapi sebenarnya ini merupakan iklan.

Boilerplate: Sederhananya ini merupakan pernyataan ‘tentang kamu’. Biasanya berupa paragraf pendek yang berada di akhir dari press release yang bertujuan untuk memberikan ringkasan pendek tentang perusahaan kepada wartawan/media tempat rilis ingin dipublikasi. 

Earned Media: Upaya publikasi yang diperoleh oleh brand tanpa mengeluarkan biaya. Biasanya bentuk publikasinya adalah hasil pembicaraan seputar merek atau produk perusahaan yang dipublikasi melalui media selain milik perusahaan. Contohnya seperti publikasi dari media, ulasan positif atau penyebutan brand di media sosial. 

Embargo: Keadaan dimana sebuah informasi tidak dapat dipublikasi sampai dengan jam dan tanggal tertentu atau sampai kondisi tertentu.

KPI: Merupakan singkatan dari key performance indicator. Hal ini merupakan indikator keberhasilan dari campaign yang dijalankan/konten yang telah diproduksi sebelumnya.

Media Alert: Merupakan sebuah pengingat untuk media mengenai acara yang akan datang (press conference, speech, product launching, dll)

Media Monitoring: Merupakan kegiatan yang melibatkan kegiatan pencarian/analisis informasi/brand mention melalui berbagai media, khususnya media digital.

Media Visit: Merupakan sebuah aktivitas dimana sebuah perusahaan mengunjungi media-media dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara perusahaan dan media.

Owned Media; Merupakan sekumpulan media yang seluruh kontennya dikelola oleh perusahaan, seperti blog atau media sosial perusahaan.

Paid Media: Merupakan usaha publikasi yang dilakukan oleh perusahaan dengan cara membayar pihak ketiga, seperti iklan, sponsor dll.

Pitching: Merupakan sebuah kegiatan mempresentasikan ide bisnis kepada pihak-pihak yang potensial. Ide bisnisnya bisa bermacam-macam tergantung kebutuhan/permasalahan yang sedang dialami oleh pihak tersebut.

Press Kit: Merupakan seperangkat informasi perusahaan/lembaga, produk, atau kegiatan yang diberikan kepada jurnalis untuk kebutuhan penulisan berita.

Syndication: Merupakan sebuah keadaan dimana ketika konten perusahaan dipublikasikan kembali pada situs lain. Istilah lainnya adalah repost

Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman Stories From Briefer dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *