5 Contoh Perusahaan Joint Venture di Indonesia, Catat!

businessman shaking hand

Di Indonesia, sudah ada beberapa contoh perusahaan yang pernah melakukan joint venture guna meraih pangsa pasar yang lebih besar.

Joint venture memang merupakan salah satu skema kemitraan yang banyak digunakan perusahaan untuk meraup banyak keuntungan selain merger dan akuisisi.

Lantas, apa saja perusahaan yang pernah atau tengah menjalin kemitraan joint venture? Simak beberapa di antaranya di artikel ini!

Apa itu Perusahaan Joint Venture?

Perusahaan joint venture adalah suatu entitas bisnis yang dibentuk atas kerja sama dua atau lebih perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Kedua perusahaan yang bekerja sama tersebut nantinya akan menyatukan sumber daya dan keahlian yang dimiliki untuk mencapai satu tujuan bersama.

Berbeda dengan merger yang menggabungkan kepemilikan dan operasinya menjadi sebuah entitas tunggal, tiap perusahaan dalam joint venture tetap mempertahankan identitas dan eksistensinya masing-masing.

Oleh karena itu, kontrol dan manajemen yang dilakukan juga akan dibagi kepada masing-masing perusahaan atas kesepakatan bersama.

Terdapat beberapa tujuan perusahaan melakukan joint venture, di antaranya memasuki pasar baru, berbagi risiko dan biaya untuk proyek tertentu, serta saling melengkapi keahlian dan sumber daya yang dimiliki.

Contoh Perusahaan Joint Venture yang Ada di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa contoh perusahaan yang pernah atau sedang mengadakan joint venture, baik dengan perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Berikut beberapa di antaranya.

1. TikTok dan GoTo

tiktok dan tokopedia/goto joint venture

Pada Desember 2023 lalu, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) resmi menyepakati kerja sama dengan perusahaan induk TikTok, Bytedance, untuk mendirikan perusahaan patungan (joint venture) dalam bidang e-commerce.

Melalui perjanjian ini, nantinya bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah naungan PT Tokopedia.

Nah, PT Tokopedia tersebut akan mengoperasikan dan mengelola layanan belanja yang ada di aplikasi TikTok di Indonesia.

Lebih lanjut, TikTok disebut akan memiliki pengendalian atas perusahaan joint venture tersebut. Langkah ini dilakukan untuk menghidupkan kembali TikTok Shop yang sebelumnya sempat diblokir di Indonesia.

2. Indofood dan Nestle

indofood dan nestle joint venture

Contoh perusahaan joint venture di Indonesia selanjutnya adalah Indofood dan Nestlé. Sebenarnya, kemitraan ini dilakukan pada tahun 2005, dan telah berakhir pada 2018 silam.

Pada saat itu, Indofood Sukses Makmur Tbk. mendirikan perusahaan joint venture dengan Nestlé S.A. yang berpusat di Swiss.

Perusahaan patungan tersebut diberi nama PT Nestlé Indofood Citrarasa Indonesia (sekarang menjadi PT Nugraha Indah Citarasa Indonesia).

PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia (NICI) sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, tepatnya produksi bumbu penyedap makanan.

Setelah kerja sama tersebut diakhiri, NICI menjadi anak perusahaan Indofood, sedangkan merek MAGGI dan MAGGI Magic Lezat, yang merupakan salah satu produk NICI, akan sepenuhnya dikelola Nestlé Indonesia.

3. Gramedia dan Kadokawa

gramedia dan kadokawa joint venture

Pada Maret 2024 lalu, Gramedia, perusahaan toko buku terkemuka di Indonesia, resmi menjalin kerja sama dalam membentuk perusahaan joint venture dengan Kadokawa, perusahaan percetakan terbesar di Jepang.

Adapun perusahaan joint venture hasil kerja sama kedua perusahaan tersebut dinamakan PT Phoenix Gramedia Indonesia.

PT Phoenix Gramedia Indonesia rencananya akan berfokus di bidang ACG (animasi, komik, dan game), serta turut mengembangkan platform e-commerce dan buku digital.

Kerja sama ini disebut merupakan jawaban dari tingginya minat pasar Indonesia terhadap komik, animasi, dan film, yang beberapa di antaranya diterbitkan oleh Kadokawa.

4. Garuda Indonesia dan Singapore Airlines

garuda indonesia dan singapore airlines joint venture

Contoh perusahaan joint venture selanjutnya lahir dari kerja sama strategis antara Garuda Indonesia dan Singapore Airlines pada tahun 2023.

Kedua perusahaan tersebut sepakat bermitra dalam pengembangan jaringan penerbangan seamless, khususnya pada rute penerbangan Singapura-Denpasar, Singapura-Jakarta, dan Singapura-Surabaya.

5. BP dan AKR

BP dan AKR joint venture

BP p.l.c, sebuah perusahaan energi asal London, menjalin kerja sama joint venture di Indonesia dengan PT AKR Corporindo Tbk., perusahaan perdagangan olahan minyak bumi asal Jakarta.

Kemitraan joint venture di antara keduanya membentuk sebuah perusahaan patungan bernama PT Aneka Petroindo Raya yang beroperasi di bawah nama bp AKR Fuels Retail.

Gerai SPBU BP-AKR pun pertama kali dibuka secara resmi pada Februari 2019 di area BSD, Cibubur, Jababeka, dan Bintaro.

Hingga kini, sudah ada lebih dari 30 gerai SPBU BP-AKR yang tersebar di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Pihaknya menargetkan akan ada 350 SPBU BP-AKR di Indonesia dalam 10 tahun ke depan.

Itulah dia beberapa contoh perusahaan joint venture di Indonesia, baik yang pernah atau pun masih menjalin kerja sama hingga sekarang.

Pada intinya, joint venture merupakan skema kemitraan yang umum dilakukan banyak perusahaan untuk melangsungkan suatu proyek dalam jangka waktu tertentu.

Jika kamu ingin membaca insight lain seputar dunia bisnis, yuk kunjungi laman web Stories from BRIEFER dan nantikan terus update artikelnya!

Baca juga: