4 Keahlian Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Konsultan Komunikasi

Strategi komunikasi yang optimal merupakan kunci keberhasilan komunikasi perusahaan. Seringkali, dalam penyusunannya, perusahaan akan melibatkan jasa konsultan komunikasi agar strategi yang dirancang dapat berjalan secara optimal dan tepat sasaran. 

Sebenarnya, tak hanya perusahaan saja yang dapat menggunakan jasa konsultan komunikasi, tetapi individu seperti public figure atau bahkan tokoh politik juga bisa lho menggunakan jasa konsultan komunikasi.

Lebih Dalam Lagi Soal Tugas Konsultan Komunikasi

Tugas konsultan komunikasi lebih dari sekedar membuat rancangan komunikasi. Seorang konsultan komunikasi juga dapat menangani permasalahan komunikasi lainnya, seperti:

  • Branding dan identitas.
  • Manajemen krisis.
  • Manajemen citra dan reputasi.
  • Penyusunan materi komunikasi, seperti press release, materi promosi atau naskah pidato.
  • Pelatihan komunikasi, seperti public speaking atau presentasi.
  • Media relations.
  • Media monitoring.

Lalu, Keahlian Apa Saja yang Harus Dimiliki?

Ada 4 keahlian yang harus kamu miliki agar kamu dapat menjadi konsultan komunikasi yang handal dan profesional. 

Analisis Situasi

Seorang konsultan komunikasi harus memiliki kemampuan untuk menganalisis situasi klien secara holistik guna memberikan solusi tepat sasaran. Hal ini mencakup beberapa hal, seperti kelebihan, kekurangan, peluang hingga tantangan yang berpotensi dihadapi. 

Negosiasi & Persuasi

Negosiasi dan persuasi pun menjadi keahlian yang tak kalah penting. Sebab, ketika menawarkan ide/solusi kepada klien, seorang konsultan harus mampu meyakinkan bahwa ide tersebut merupakan ide yang paling sesuai dan cocok untuk mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Eits, jangan lupa untuk dukung dengan data juga ya agar idemu semakin kuat.

Problem-Solving 

Tentunya, selama sesi konsultasi, klien akan datang dengan sejumlah permasalahan, mulai dari yang sederhana hingga kompleks. Oleh karena itu, seorang konsultan harus memiliki kemampuan problem-solving yang cepat dan tepat agar klien merasa terbantu selama sesi konsultasi berlangsung.

Seorang konsultan komunikasi dengan kemampuan problem-solving yang baik tentu akan meningkatkan nilai jual dan kredibilitas di mata klien.

Creative Thinking 

Untuk menyelesaikan permasalahan komunikasi, kreativitas konsultan komunikasi merupakan hal yang paling utama. Sebab, konsultan komunikasi dituntut untuk menghasilkan solusi inovatif yang selama ini belum pernah terpikirkan oleh klien. 

Briefee lagi butuh jasa konsultan komunikasi? Coba visit briefer.id atau langsung hubungi hello@briefer.id untuk ceritakan permasalahan komunikasimu! Let’s collaborate now~ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *