Top 5 Keterampilan Yang Paling Dicari Dalam Pasar Freelancer

Seperti yang sudah kita bahas pada beberapa artikel sebelumnya, fleksibilitas dalam bekerja dan bayaran upah yang lebih sesuai membuat banyak orang mulai melirik karir menjadi seorang freelancer (pekerja lepas).

Namun, agar mampu menjadi seorang pekerja lepas yang berkualitas dan menonjol di pasar freelancer yang ramai, tentunya kamu harus memiliki berbagai keterampilan/skills khusus yang paling dicari oleh klien.

Ada 5 keterampilan freelancer yang paling banyak dicari. Apa  aja ya? Yuk, simak sampai habis artikel berikut!

Keterampilan Data 

Dalam kegiatan bisnis, data menjadi dasar bagi perusahaan ketika mengambil keputusan bisnis. Biasanya melalui data, perusahaan dapat menemukan berbagai insight baru untuk pengembangan strategi bisnis yang lebih optimal. Namun, membaca data analitik akan menjadi kesulitan tersendiri, khususnya bagi perusahaan yang belum memiliki tenaga ahli dalam menerjemahkan data tersebut. 

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang kemudian mencari pekerja lepas untuk membantu memvisualisasi/menerjemahkan data menjadi wawasan yang berkualitas. Menguasai tools seperti Tableau dan Power BI juga menjadi nilai plus bagi freelancer agar semakin menonjol di mata perusahaan.

Keterampilan Content Marketing/Menulis

Content marketing berhasil memegang tahta tertinggi dalam industri freelance. Sebab, saat ini narasi memegang peranan penting bagi brand agar tetap eksis di media sosial.

Tak hanya kemampuan menulis saja yang dicari oleh klien, tetapi kreativitas dalam mengembangkan strategi konten yang mendorong peningkatan engagement juga turut menjadi keterampilan khusus yang dibutuhkan klien dalam menjalankan content marketing

Keterampilan Digital Marketing 

Di era digital seperti saat ini, penting bagi kamu untuk memiliki kemampuan digital marketing, mulai dari email marketing, SEO, dan digital ads. Tenang aja, ga perlu semua kamu pelajari kok! Cukup dalami satu/dua bidang yang paling kamu minati saja!

Kegiatan digital marketing mulai banyak dijalankan oleh perusahaan sebagai bentuk eksistensi dalam dunia digital. Oleh karena itu, menguasai bidang ini, dapat meningkatkan peluang kamu untuk ditawarkan berbagai project menarik. 

Keterampilan UI dan UX

Kenyamanan pelanggan dalam menikmati produk/layanan merupakan salah satu unsur penunjang kesuksesan perusahaan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, seperti menyajikan visual (desain interface pengguna/UI) yang menarik dan meningkatkan pengalaman pengguna (UX) ketika pelanggan mengakses website perusahaan. 

Oleh karena itu, memiliki keterampilan mengelola UI/UX yang mumpuni tentu dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan berbagai tawaran project. Sebab, UI/UX merupakan salah satu unsur penting yang berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis perusahaan.

Keterampilan Fotografi/Videografi/Editing

Seperti yang telah kita bahas pada poin sebelumnya, visual merupakan unsur penting yang mampu memperkuat segala aspek bisnis, termasuk juga ketika menjalankan kegiatan marketing. Oleh sebab itu, tenaga profesional yang memiliki keahlian memproduksi konten visual seperti fotografer, videografer dan editor kian banyak dicari oleh klien.

Tenaga ahli yang dicari bukan hanya memiliki kemampuan memproduksi saja, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengubah foto/video menjadi sebuah narasi yang kuat, menawan dan persuasif. Unsur-unsur ini merupakan unsur penting yang harus dimiliki oleh sebuah konten promosi agar pesan promosi dapat tersampaikan secara optimal.

Briefee punya salah satu keterampilan diatas? Khususnya yang berkaitan dengan komunikasi? Yuk, visit langsung website briefer.id dan langsung coba gabung jadi kolaborator aja! Good Luck~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *