10 Rekomendasi Film Imlek untuk Temani Liburan di Rumah

rekomendasi film imlek

Hai, Briefee! Di hari Imlek ini, apakah kamu ingin menyaksikan tontonan-tontonan mengasyikkan untuk menemani harimu? Jangan khawatir, artikel ini akan menyajikan tentang 10 rekomendasi film Imlek dari berbagai genre yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak!

Rekomendasi Film Spesial Imlek yang Seru

Bagi kamu yang penasaran apa saja rekomendasinya, yuk langsung saja simak berikut ini!

1. Cek Toko Sebelah (2016)

poster film cek toko sebelah landscape

Rekomendasi film imlek Indonesia yang ini pastinya pernah kamu dengar namanya, karena memang merupakan salah satu film tanah air terpopuler.

Cek Toko Sebelah merupakan film garapan Ernest Prakarsa dengan mengangkat fenomena yang kerap terjadi pada keluarga keturunan Tionghoa.

Film ini menceritakan tentang Koh Afuk (Chew Kin Wah), pemilik toko kelontong yang ingin mewariskan usahanya tersebut kepada anak bungsunya, Erwin (Ernest Prakarsa).

Koh Afuk sendiri sebenarnya memiliki 2 anak, yaitu Erwin dan Yohan (Dion Wiyoko). Mengingat dirinya adalah anak sulung, Yohan merasa ia lebih berhak atas warisan usaha toko tersebut.

Erwin, yang kariernya sedang naik daun, juga tidak menerima keputusan ayahnya untuk mewarisi toko tersebut. Apalagi, kekasihnya, Natalie (Gisella Anastasia) juga merasa keberatan.

Meskipun begitu, Koh Afuk tetap bersikeras untuk mewarisi toko kelontong kepada Erwin. Ia kemudian meyakinkan Erwin dengan memberikan masa percobaan selama satu bulan.

Tak diduga, berbagai konflik internal keluarga pun muncul. Tidak hanya itu, ada juga oknum yang berniat membeli toko kelontong untuk kepentingan lain.

Dengan kisah keluarga yang haru dikemas dengan sajian komedi khas Ernest Prakarsa, Cek Toko Sebelah dapat menjadi film yang tepat untuk menemani Hari Imlekmu.

2. Crazy Rich Asians (2018)

poster film crazy rich asian landscape

Rekomendasi film spesial imlek selanjutnya juga tak kalah populer. Crazy Rich Asians merupakan film komedi romantis asal Amerika garapan direktor Jon M. Chu.

Diadaptasi dari novel dengan judul sama, film ini mengisahkan tentang Rachel Chu (Constance Wu) dan Nick Young (Henry Golding) yang telah menjalani hubungan selama 2 tahun di New York.

Suatu hari, Nick mengajak Rachel untuk menghadiri acara pernikahan Colin (Chris Pang), sahabatnya, di negara asalnya, yaitu Singapura.

Sesampainya di Singapura, Rachel bertemu dengan teman lamanya, Peik Lin (Awkwafina) dan bercerita bahwa ia merupakan kekasih Nick.

Peik Lin kemudian memberi tahu Rachel bahwa Nick merupakan salah satu konglomerat terkaya di Singapura.

Melalui percakapan tersebutlah, Rachel mengetahui latar belakang keluarga Nick, termasuk Eleanor Young (Michael Yeoh), ibunda Nick.

Saat Rachel diajak Nick untuk mendatangi pesta makan malan di rumah nenek Nick, ia mengetahui bahwa ternyata Eleanor Young tidak menyukai dirinya.

Setelahnya, tekanan pun terus datang dari keluarga Nick. Nick kemudian dihadapi dilema yang mengharuskannya memilih antara Rachel atau keluarganya.

Bagaimana kelanjutan kisah percintaan antara Rachel dan Nick? Mampukah mereka berdua bertahan di tengah berbagai tantangan yang menghadapi?

3. Us and Them (2018)

poster film us and them landscape

Us and Them merupakan salah satu film asal Tiongkok karya sutradara Rene Liu yang dirilis pada tahun 2018.

Film dengan durasi 120 menit yang kini bisa disaksikan di Netflix ini telah meraih 4 penghargaan dan 20 nominasi di 10 ajang berbeda.

Us and Them sendiri berkisah tentang Fang XiaoXao (Zhou Dongyu) dan Lin JianQing (Jing Boran) yang pertama kali bertemu di kereta pada tahun baru imlek tahun 2007.

Kala itu, XiaoXiao ingin pulang ke kampung halamannya. Namun, ia nyaris diusir dari kereta karena kehilangan tiket.

Beruntungnya, ia bertemu Lin JianQing yang menemukan tiket milik Xiaoxiao. Mereka pun setelahnya saling berkenalan.

Hubungan keduanya terus berlanjut hingga lulus kuliah. Karena sering menghabiskan waktu bersama, JianQing menyadari bahwa ia menaruh perasaan pada XiaoXiao.

Namun, JianQing merasa rendah diri karena XiaoXiao sering bercerita bahwa ia menginginkan pasangan yang mapan secara finansial.

Di sisi lain, kehidupan percintaan XiaoXiao selalu gagal hingga ia memutuskan untuk tidak berpacaran. Lama kelamaan, XiaoXiao juga sadar akan perasaan JianQing terhadapnya.

Sayangnya, kerasnya kehidupan Beijing membuat keduanya kerap bertengkar. Ketika sudah tidak sanggup lagi, XiaoXiao pun pergi meninggalkan JianQing sendirian.

Sepuluh tahun kemudian, mereka bertemu kembali di pesawat di perjalanan menuju rumahnya. Namun ternyata, JianQing sudah memiliki istri dan anak. Lantas, bagaimana kelanjutan kisahnya?

Baca juga: Sinopsis Film Not Friends Thailand, Siap Saja Pemainnya?

4. The Farewell (2019)

poster film the farewell landscape

Bagi kamu yang ingin menyaksikan tontonan bertema keluarga yang kental menampilkan tradisi etnis Cina, rekomendasi film imlek yang satu ini wajib masuk list.

The Farewell bercerita tentang Billi (Awakwafina), perempuan asal Cina yang pindah ke Amerika. Ia bekerja sebagai seorang penulis.

Suatu hari, Blili mengetahui bahwa neneknya, Nai Nai (Zhao Shuzhen), menderita kanker stadium akhir dan didiagnosis hanya mampu bertahan beberapa bulan saja.

Mendengar kabar tersebut, Billi dan orang tuanya pun terbang ke rumah neneknya di Cina.

Semua orang mengetahui keadaan Nai Nai kecuali dirinya sendiri. Sebab dalam tradisi Cina, apabila ada anggota keluarga yang menderita sakit keras, mereka akan memilih untuk tidak memberitahukannya.

Sementara itu, Billi yang tumbuh dalam tradisi Barat tidak paham mengapa keluarganya tidak jujur kepada neneknya tentang penyakit tersebut.

Pada suatu hari, mereka mengadakan pesta pernikahan sepupu Billi sebagai alasan agar keluarga besar bertemu untuk yang terakhir kalinya dengan Nai Nai.

Setelah mendapat perspektif lain dari keluarganya, Billi pun paham mengapa keluarganya memilih untuk berbohong tentang penyakit tersebut kepada Nai Nai.

5. Mulan (2020)

poster film live action disney mulan landscape

Bagi kamu penggemar film live-action Disney, Mulan mungkin sudah tidak asing lagi. Film ini merupakan adaptasi dari animasi Disney tahun 1998 dengan judul sama.

Perlu kamu ketahui, kisah Mulan sendiri terinspirasi dari Hua Mulan, pejuang perempuan di Cina pada periode dinasi Utara dan Selatan (sekitar 420-589 M).

Film Mulan mengisahkan tentang Mulan (Liu Yifei), seorang perempuan yang menyamar menjadi pria untuk bertarung dalam perang menggantikan ayahnya yang sakit.

Dalam film tersebut, diceritakan bahwa kekaisaran Cina tengah diserang oleh Bangsa Hun dari Utara. Jadi, setiap keluarga harus menunjuk satu laki-laki untuk ikut perang.

Sayangnya, tidak ada laki-laki lain dalam keluarga Mulan selain ayahnya sendiri. Karena kondisi ayahnya yang tidak memungkinkan, Mulan pun nekad kabur dari rumah dan membawa peralatan perang ayahnya.

Bagaimana kelanjutan kisah Mulan? Apakah penyamarannya tersebut tidak terbongkar dan ia berhasil menjadi prajurit perang?

6. Little Big Women (2020)

poster film little big women landscape

Rekomendasi film Imlek selanjutnya adalah Little Big Women karya sutradara sekaligus penulis Joseph Chen-Chieh Hsu.

Dikatakan bahwa kisah dalam film tersebut terinspirasi dari pengalaman pribadinya sendiri dengan latar belakang budaya Taiwan.

Little Big Women mengisahkan tentang Lin Shoying (Chen Shufang), seorang pemilik restoran yang sangat sukses di Tainan.

Ia memiliki suami yang menghilang tanpa kabar selama 10 tahun. Pada suatu hari, Lin Shoying mendapat kabar bahwa suaminya telah meninggal.

Yang lebih mengejutkannya lagi, ternyata suaminya memiliki seorang kekasih dan anak perempuan di luar pernikahan mereka.

Mengetahui kabar mengejutkan tersebut, Lin Shoying memutuskan untuk mencari dan menerima mereka ke dalam keluarganya yang sudah terpisah.

7. Sang-Chi and the Legends of the Ten Rings (2021)

poster film sang chi landscape

Rekomendasi film Imlek selanjutnya datang dari karya Marvel Studios, Sang-Chi. Bagi kamu penggemar Marvel, tentunya sudah tidak asing lagi dengan film yang satu ini.

Sang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah film pahlawan super yang mengisahkan tentang organisasi rahasia bernama The Ten Rings.

Organisasi yang diketuai oleh Xu Wenwu (Tony Leung) tersebut memiliki gelang yang memberikan kekuasaan dan kekuatan luar biasa bagi pemegangnya.

Nah, berkat gelang tersebutlah, Wenwu berhasil menaklukkan banyak kerajaan dan menjalankan roda bisnis di berbagai wilayah di dunia.

Suatu hari, Wenwu menikah dengan Yin Li (Fala Chen) dan melahirkan dua orang anak, yaitu Xu Shang-Chi (Simu Liu) dan Xu Xialing (Meng’er Zhang).

Sayangnya, Yin Li kemudian meninggal dunia. Hal ini membuat Wenwu mendidik Sang-Chi dengan keras untuk menjadi pembunuh kelas kakap sejak dini.

Di usia 14 tahun, Sang Chi diberi tugas oleh ayahnya untuk membunuh pemimpin Iron Gang. Namun setelah menyelesaikan misi tersebut, Sang Chi memutuskan untuk kabur.

Setelah melarikan diri dari kendali ayahnya, Sang-Chi menjalani kehidupan normal di San Francisco.

Akan tetapi, ia harus kembali menghadapi masa lalunya, menemukan kekuatan sejatinya, dan menyelesaikan ancaman yang dapat menentukan nasib manusia.

Baca juga: 10 Daftar Film 2024 yang Paling Dinantikan untuk Tayang

8. Raya and The Last Dragon (2021)

poster film raya and the last dragon landscape

Jika kamu ingin menyaksikan film animasi Imlek, maka Raya and The Last Dragon keluaran Disney ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagimu.

Raya and the Last Dragon menceritakan tentang petualangan Raya, seorang pejuang tangguh perempuan dari negeri Kumandra.

Awalnya, manusia dan naga hidup secara damai dan berdampingan di Kumandra. Namun, kekuatan jahat menyebabkan naga-naga harus mengorbankan diri demi menyelamatkan manusia.

500 tahun kemudian, Kumandra kembali dihantui oleh kekuatan jahat yang mengancam kedamaian negeri.

Raya memulai perjalanan epik untuk menemukan naga terakhir, Sisu, yang diyakini memiliki kekuatan untuk menyatukan kembali kerajaan dan mengalahkan kejahatan.

Bersama dengan Tuk Tuk, sahabat setianya, dan beberapa teman yang ditemui, Raya harus menghadapi rintangan dan berjuang untuk mengembalikan kedamaian ke Kumandra.

9. Wish Dragon (2021)

cuplikan film wish dragon landscape

Film animasi imlek selanjutnya adalah Wish Dragon. Film ini merupakan hasil adaptasi fabel Cina yang dirilis pada tahun 2021.

Wish Dragon menceritakan tentang Din, seorang mahasiswa yang bekerja sebagai kurir paket. Ia memiliki keinginan, yaitu bertemu kembali dengan sahabat masa kecilnya, Lina.

Pada suatu hari, seorang lelaki tua memberi teko kepada Din. Secara mengejutkan, muncul Long, si naga harapan, dari dalam teko tersebut.

Long merupakan jin naga yang sudah terjebak selama ratusan tahun di dalam teko tersebut. Ia siap mengabulkan tiga permintaan dari pemegang teko.

Akhirnya, Din pun berharap agar ia bisa bertemu kembali dengan Lina. Meskipun begitu, Long memperingatkan bahwa dirinya tidak bisa membuat orang lain jatuh cinta.

Penasaran dengan kelanjutan kisahnya? Jika iya, film animasi ringan ini bisa kamu saksikan di Netflix, ya!

10. Everything Everywhere All at Once (2022)

poster film everything everywhere all at once landscape crop

Rekomendasi film imlek yang terakhir adalah Everything Everywhere All at Once. Perlu kamu ketahui, film ini meraih 7 piala dalam ajang penghargaan bergengsi Oscar 2023, lho!

Film ini mengisahkan tentang Evelyn Quan Wang (Michelle Yeoh), imigran perempuan dari Cina yang tinggal di Amerika dengan keluarganya.

Suatu ketika, Evelyn dihadapkan pada masalah yang datang bertubi-tebu dalam satu waktu, yaitu:

  1. Ayahnya, Gong Gong (James Hong), baru saja tiba dari Cina untuk hadir dalam perayaan festival
  2. Suaminya, Waymond (Ke Huy Quan), ingin memberikan Evelyn surat gugatan perceraian
  3. Anak semata wayangnya, Joy Wang (Stephanie Hsu) merupakan seorang lesbi yang berpacaran dengan Becky (Tallie Medel) dan ingin ibunya menerima kekasih barunya tersebut

Namun, pada hari itu juga, Evelyn sendiri memiliki agenda yang lebih penting, yaitu mengunjungi Internal Revenue Service untuk mengurus pajak.

Saat di IRS, tiba-tiba Waymond berubah menjadi orang lain dan memperkenalkan dirinya sebagai Alpha Waymond.

Menurut sosok tersebut, ia merupakan Waymond dari semesta lain yang dinamakan Alphaverse. Ia kemudian mentatakan bahwa semesta lain sedang terancam oleh sosok bernama Jobu Tupaki.

Alpha Waymond pun memberi tahu bahwa Alpha Evelyn menciptakan teknologi yang membuat manusia dapat meminjam kemampuan, memori, dan tubuhnya dari dirinya di semesta yang lain.

Alpha Waymond kemudian meyakinkan Evelyn bahwa ia merupakan kunci untuk mengalahkan Jobu Tupaki dan menyelamatkan semesta.

Itu dia, Briefee, sejumlah rekomendasi film Imlek yang bisa temani liburanmu di rumah. Selamat menonton!

Baca juga: 5 Rekomendasi Drakor On Going Januari 2024, Liburan Anti Gabut!