Memang Public Relations dan Public Affairs Itu Beda? 

Public Affairs, istilah yang digunakan untuk menggambarkan hubungan organisasi dengan pemangku kepentingan seperti politisi, pegawai negeri, komunitas lokal, kelompok bisnis, serikat pekerja, dan lain-lain. Public Affairs berkaitan dengan pemerintahan dan hal-hal yang mempengaruhi publik secara langsung dibandingkan dengan Public Relations. Seorang Public Affairs profesional menyebarkan informasi kepada pemangku kepentingan untuk mempengaruhi kebijakan publik dan membangun dukungan bagi agenda organisasi.

Sedangkan Public Relations (PR) berfokus pada hubungan antara perusahaan, media dan publik. Praktisi PR didorong kreatif melalui pengembangan ide-ide segar dan unik untuk menarik perhatian publik. Tujuannya adalah pengembangan brand, peningkatan citra organisasi, dan publisitas melalui metode yang bervariasi. Dalam hal ini, PR menargetkan audiens tertentu untuk mengimplementasikan strategi PR lewat berbagai kampanye PR untuk membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis mereka. 

Jadi, Public Relations dan Public Affairs itu sama atau berbeda ?

Serupa tapi tak sama, kata yang cukup mendefinisikan bagaimana Public Affairs dan Public Relations bekerja. Namun, persamaan keduanya yakni berperan dalam membuat strategi khusus untuk berkomunikasi, membangun serta  memelihara relasi dengan publik. 

Lalu apa perbedaan signifikan profesi ini?

Jika fokus utama Public Affairs merupakan korporasi, aktivitas politik dan hubungan pemerintahan, maka pusat prioritas Public Relations adalah jangkauan visibilitas, kesadaran hingga reputasi perusahaan ke masyarakat yang lebih luas. 

Apa saja layanan yang diberikan ?

Baik PR maupun Public Affairs menggunakan hubungan yang kuat untuk mendorong kemajuan organisasi, baik yang mendukung kebijakan tertentu atau membangun reputasi organisasi. Inilah layanan yang diberikan oleh Public Affairs:

  1. Memantau aktivitas politik
  2. Melobi Undang-Undang tertentu
  3. Mengadvokasi organisasi
  4. Manajemen Isu dan Krisis
  5. Memantau proses kebijakan

Sementara layanan Public Relations seperti:

  1. Branding
  2. Kampanye Public Relations
  3. Mengelola reputasi
  4. Menyusun materi komunikasi (siaran pers dan artikel)
  5. Pengelolaan media sosial

Itulah perbedaan antara Public Affairs dan Public Relations. Tahukah kamu bahwa profesi Public Affairs semakin banyak dibutuhkan dan dapat menjadi peluang karirmu? Ketahui lebih banyak tentang layanan jasa Public Affair di www.igico.id ya, Briefee. 

Semoga informasi berikut dapat bermanfaat bagi para praktisi PR dan semua orang yang tertarik terhadap karir menjadi seorang PR. Selamat mempraktikkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *