Lagi Butuh Konsultan Komunikasi? Ini Dia Tips Ampuh Memilih Konsultan Komunikasi yang Tepat

Kesalahan umum yang cukup sering terjadi pada business owner adalah terlalu fokus pada pengembangan bisnis sampai lupa untuk membangun komunikasi efektif dengan stakeholders-nya. 

Ketika menghadapi situasi ini, salah satu langkah alternatif yang dapat dilakukan adalah menggunakan layanan jasa konsultan komunikasi. 

Dengan menggunakan layanan jasa konsultan komunikasi, business owner dapat menceritakan permasalahan seperti apa yang sedang dihadapi. Nantinya, konsultan tersebut akan memberikan langkah strategis yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. 

Memilih konsultan komunikasi yang baik juga tentu akan menjadi tantangan tersendiri kan bagi business owner? Penasaran gimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai ya!

  1. Background Checking

Cek terlebih dahulu perusahaan yang menaungi konsultan tersebut, apakah cukup kredibel atau tidak. Pengecekan biasanya akan dilakukan langsung melalui laman resmi perusahaan.

Melalui laman tersebut, kamu juga bisa mengecek bentuk kerjasama lain yang pernah dilakukan hingga ulasan dari user yang pernah menggunakan jasa tersebut. 

Apabila perusahaan menampilkan tim konsultannya, pastikan pula semua konsultan memiliki pengalaman yang mumpuni untuk menangani permasalahan kamu. Pengecekan ini biasanya dapat dilakukan melalui media sosial atau Linkedin konsultan itu sendiri.

  1. Pastikan Bahwa Mereka Memahami Industrimu

Ini dia yang paling penting! Pastikan kalau mereka benar-benar memiliki pengalaman dan mampu memahami industri bisnismu ya. Hal ini bertujuan agar strategi komunikasi yang diberikan konsultanmu sesuai dengan permasalahan dan target audience yang dimiliki. 

Selain itu, konsultan yang telah memahami dan berpengalaman menangani bidang yang sama tentu akan lebih cepat beradaptasi dalam memberikan solusi yang solutif.

  1. Bandingkan Harga Dengan yang Ada Di Pasaran 

Setelah mendapatkan konsultan yang pas, jangan lupa juga untuk riset harga dari beberapa kompetitor yang ada di pasaran. 

Tujuannya adalah untuk menghindari pengeluaran budget yang terlalu besar untuk value yang sama dengan kompetitor. Selalu pastikan bahwa value yang ditawarkan sesuai dengan harga yang diberikan ya!

  1. Riset Soal Layanan Lain yang Diberikan 

Biasanya perusahaan jasa konsultasi akan menyediakan berbagai layanan yang align dengan permasalahan yang dimiliki oleh klien. Oleh karena itu, tipsnya adalah pilihlah perusahaan yang memiliki layanan yang beragam.

Hal ini bertujuan agar permasalahanmu terselesaikan melalui pihak yang sama. Kamu juga tentunya akan lebih hemat waktu karena tidak perlu menjelaskan ulang kondisi dan permasalahan yang dimiliki perusahaanmu.

Bisnis kamu lagi butuh konsultan komunikasi? Coba visit briefer.id atau langsung hubungi hello@briefer.id untuk ceritakan permasalahan komunikasimu! Let’s collaborate now~ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *