Banyak perusahaan terkenal meluncurkan contoh kampanye PR yang brilian dan kreatif, baik dari dalam maupun luar negeri.
Kampanye-kampanye tersebut tidak hanya mampu menarik perhatian publik, tetapi juga berhasil membangun citra positif dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.
Artikel ini akan membahas beberapa contoh kampanye public relations dari sejumlah perusahaan terkenal yang dapat dijadikan inspirasi untuk bisnismu. Yuk, simak!
Apa itu Kampanye PR?
Kampanye public relations (PR) adalah kampanye yang bertujuan untuk membentuk dan mengelola opini publik terhadap perusahaan.
Oleh karena itu, kampanye PR melibatkan aktivitas untuk membangun hubungan baik dengan media, membuat publisitas positif, dan mengelola perspesi publik.
Pesan-pesan dalam kampanye PR dirancang untuk menciptakan awareness publik yang kuat terhadap brand atau informasi yang disampaikan.
Lantas, apa perbedaannya dengan kampanye iklan atau pemasaran?
Kampanye iklan atau pemasaran lebih berfokus untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan guna meningkatkan angka penjualan dan pendapatan.
6 Contoh Kampanye PR Perusahaan Terkenal
Simak beberapa contohnya berikut.
1. BCA – Don’t Know? Kasih NO!
Pada Desember 2023 lalu, BCA meluncurkan kampanye public relations yang bisa dibilang brilian. Kampanye tersebut berjudul “Don’t Know? Kasih NO!”
Pesan yang ingin disampaikan kampanye tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya data pribadi agar tidak menjadi korban penipuan online.
Kampanye ini diluncurkan sebagai respon dari kasus-kasus penipuan online yang membuat banyak orang kehilangan uang mereka di bank.
Jadi, apabila ada orang tak dikenal (don’t know) ingin meminta data pribadi, maka solusinya adalah menolaknya (kasih no).
Selain pesannya yang relevan dan kreatif, kampanye tersebut juga menggandeng komedian senior Indro sebagai sang bintang iklan utama.
Seperti yang kita tahu, Indro merupakan komedian legendaris yang dulu terkenal lewat film Warkop DKI bersama dengan Dono dan Kasino. Namun, kedua sahabat karibnya tersebut sudah pergi lebih dahulu mendahului Indro.
Nah, jika kamu perhatikan lagi, kalimat “Don’t Know? Kasih NO!” dibaca mirip dengan pengucapan “Dono? Kasino!”
Oleh karena itu, penentuan pesan utama dan pemilihan Indro sebagai sang bintang utama dapat dibilang merupakan strategi yang brilian.
2. Apple – Think Different
Sebenernya, “Think Different” dari Apple merupakan contoh kampanye PR yang sudah lama diluncurkan, tepatnya pada tahun 1997.
Kampanye tersebut dirancang untuk mempromosikan fokus baru Apple terhadap inovasi dan kreativitas, serta memposisikan perusahaan sebagai leading company di bidang industri teknologi.
Dalam kampanye tersebut, diperlihatkan sejumlah figur sejarah seperti Albert Einstein, Martin Luther King Jr, hingga John Lennon, bersamaan dengan tagline ‘Think different’.
Pesan yang ingin disampaikan melalui kampanye tersebut adalah bahwa dengan menggunakan produk Apple, kamu merupakan bagian dari komunitas yang inovatif dan pemikir.
Kampanye ini membantu Apple untuk membentuk koneksi emosional yang kuat dengan konsumen, serta meneguhkan Apple sebagai brand yang memimpin industri teknologi.
3. Vivo – Joy in Ramadan
Pada Maret 2024 lalu, Vivo, sebuah perusahaan smartphone, meluncurkan kampanye PR bertajuk “Joy in Ramadan” yang bertujuan untuk menginspirasi masyarakat untuk memberikan dampak positif di bulan suci.
Dalam video kampanye di atas, Vivo mencoba mendorong individu untuk saling berbagi kebaikan dan kepedulian. Dengan saling berbagi kebaikan antar sesama, maka akan timbul kebahagiaan yang dapat dirasakan bersama-sama.
4. LEGO – Rebuild The World
Contoh kampanye PR selanjutnya diluncurkan oleh LEGO, perusahaan produksi mainan konstruksi, dengan tajuk “Rebuild The World”.
Kampanye tersebut bertujuan untuk menginspirasi anak-anak untuk menggunakan kreativitas dan imajinasinya untuk membangun kembali dunia menggunakan balok susun LEGO.
LEGO menyebut kampanye ini didasarkan pada kepercayaan bahwa anak-anak memegang peranan penting dalam mengubah dunia menjadi lebih baik lagi.
Tak hanya meluncurkan video, kampanye ini juga melibatkan iklan TV, konten media sosial, acara pop-up yang interaktif, dan sebuah website khusus di mana anak-anak bisa memamerkan LEGO buatannya.
5. Gojek – #PesanDariRumah
Contoh kampanye public relations selanjutnya datang dari Gojek bertajuk #PesanDariRumah yang diluncurkan pada Maret 2021 lalu.
Pada saat itu, angka orang yang terinfeksi Covid-19 terus meningkat di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia.
Menurut pihak Gojek, kampanye #PesanDariRumah ini terinspirasi dari berbagai aspirasi yang disampaikan keluarga driver Gojek.
Tak dapat dipungkiri bahwa mau tak mau, driver akan bertemu dengan banyak pelanggan. Oleh karenanya, banyak keluarga driver yang merasa resah akan ancaman kesehatan akibat penularan Covid-19.
Melalui kampanye ini, Gojek menyoroti pesan yang disampaikan keluarga dari rumah untuk customer agar saling jaga untuk melindungi diri dari Covid-19. Contoh pesannya adalah imbauan untuk mengikuti protokol kesehatan, memakai masker, dan menjaga jarak.
Kampanye #PesanDariRumah ini disampaikan dengan teknik storytelling yang apik dengan menekankan sisi emosional agar audiens merasa lebih terhubung.
6. Dove – #TheSelfieTalk
Berkembangnya media massa, terutama media sosial, melahirkan konstruksi kecantikan tertentu yang membuat banyak perempuan merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya.
Hal inilah yang menjadi latar belakang Dove meluncurkan kampanye PR #TheSelfieTalk yang menyasar perempuan muda dan wanita.
Selain sebuah video teaser, Dove juga meluncurkan sebuah The Confidence Kit berupa dokumen pdf yang dapat digunakan untuk orang tua dan guru.
Dokumen tersebut berisi kiat-kiat untuk dapat berbicara kepada anak-anak dan remaja mengenai body positivity agar lebih cinta terhadap tubuhnya.
Itulah dia beberapa contoh kampanye public relations dari sejumlah perusahaan terkenal yang dapat kamu jadikan inspirasi.
Dengan memahami strategi dan pendekatan yang mereka gunakan, kamu bisa mengembangkan kampanye PR yang efektif dan inovatif untuk bisnismu sendiri.
Ingatlah bahwa kunci sukses dalam merancang kampanye public relations yang baik adalah konsistensi, kreativitas, dan adaptfis sesuai tren terkini. Selamat mencoba!
Anyway, jika kamu ingin membaca insight lain seputar dunia public relations, yuk kunjungi laman web Strories from BRIEFER sekarang juga!