Hyperlocal Media: Solusi Peningkatan Community Engagement Di Era Digital

Pernah follow akun Instagram kayak @gadingserpongupdate, @abouttng_official, @bsdupdate, atau @bogorupdate ga Briefee? Kalau pernah, tahu ga sih kalau itu merupakan salah satu contoh dari hyperlocal media

Munculnya hyperlocal media itu sendiri sebenarnya merupakan akibat dari perkembangan teknologi digital yang menghadirkan berbagai tantangan dalam meningkatkan community engagement. Interaksi dengan komunitas lokal tak lagi hanya bergantung pada website ataupun blog

Inovasi teknologi digital pada akhirnya menimbulkan cara baru dalam peningkatan community engagement yang lebih menyenangkan dan interaktif. Salah satunya adalah melalui hyperlocal media

Apa itu Hyperlocal Media?

Jadi, hyperlocal media sendiri merupakan media-media yang sering mengabarkan informasi, peristiwa dan berita yang relevan sesuai dengan lokasi geografisnya. 

Misalnya akun @bsdupdate hanya mengabarkan berbagai hal yang terjadi di BSD, mulai dari pembangunan apartemen baru, tempat rekreasi baru, bencana sampai pada info terkecil sekalipun seperti mati lampu juga bisa turut diberitakan. 

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa scope media ini sangat kecil dan spesifik sehingga objektifnya hanya berfokus pada cara untuk memenuhi kebutuhan dan minat dari komunitas lokal. 

Tak hanya berbentuk media sosial, hyperlocal media sendiri memiliki berbagai bentuk. Misalnya website, blog atau bahkan podcast

Peran Penting Hyperlocal Media

Beberapa peran penting yang bisa dirasakan dari kemunculan hyperlocal media adalah sebagai berikut: 

  1. Peningkatan Koneksi Komunitas

Hyperlocal media membantu menyediakan wadah bagi komunitas untuk menyalurkan berbagai pendapat, cerita, pemikiran maupun informasi. Hal ini dapat meningkatkan solidaritas karena permasalahan dan cerita-cerita yang dibagikan relate dengan anggota komunitas lainnya. 

Ketika berbagi cerita, tentunya akan ada proses saling mengenal dan akrab satu sama lain yang membuat koneksi pertemanan pun menjadi bertambah. 

  1. Channel Promosi baru

Bagi pemasar, munculnya hyperlocal media ini dapat dijadikan sarana  baru dalam berpromosi karena bisa dikategorikan bahwa hyperlocal media merupakan niche market. Scope media yang kecil dan terfokus membuat pemasar dapat menargetkan audiens-audiens lokal tempat bisnis tersebut beroperasi. 

  1. Selalu Up To Date 

Followers salah satu hyperlocal media pasti akan merasa bahwa dia tidak pernah ketinggalan info soal daerahnya. Hal ini disebabkan oleh konten hyperlocal media yang selalu memastikan bahwa setiap anggota komunitas mengetahui segala informasi yang terjadi di lingkungan mereka. 

  1. Dokumentasi Terhadap Budaya Lokal

Yapz, hyperlocal media juga dapat menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan budaya lokal yang mulai dilupakan oleh masyarakat.  Misalnya melalui wawancara the elders yang membagikan tentang sejarah, cerita atau budaya yang sudah hilang karena tergerus zaman. Peran hyperlocal media disini adalah sebagai alat dokumentasi dan media penyebaran sehingga anggota komunitas lainnya tidak lupa akan sejarah daerah tersebut. 

Nah, kalau mau selalu update soal daerahmu, coba ikuti hyperlocal media yang ada. Namun, kalau mau selalu update soal komunikasi, yuk kunjungi laman Stories From Briefer dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *