Social Listening: Strategi Mempertahankan Reputasi Perusahaan

Reputasi baik menjadi hal yang sangat berharga bagi sebuah perusahaan karena proses membangunnya memerlukan waktu dan strategi yang tepat agar berhasil. Begitu pun dengan proses mempertahankannya, dibutuhkan kehati-hatian karena kesalahan sedikit saja dapat mengganggu reputasi baik yang telah dibangun. 

Oleh karena itu, sebuah perusahaan perlu melakukan monitoring dengan rutin untuk melihat jejaring komunikasi yang terjadi berkaitan dengan perusahaan, baik itu sentimen positif maupun sentimen negatif. Monitoring rutin yang dilakukan juga dapat membantu perusahaan melakukan mitigasi terhadap sentimen buruk agar tidak menjadi krisis bagi perusahaan. 

Berikut beberapa tools social listening yang dapat kamu gunakan untuk menjaga reputasi perusahaanmu. Check it out!

  1. Brand24

Tampilan Dashboard Brand24

Alat ini mampu membantu perusahaan mengukur awareness dan jangkauan brand dengan melacak sekitar 25 juta sumber online yang mampu memberikan insight menarik tentang konsumen mengenai apa yang disukai dan tidak disukai. 

Database pada alat ini bersumber dari platform Twitter, Instagram, TikTok, dan berbagai portal berita daring. Dengan menggunakan alat ini, perusahaan dapat melihat sentimen positif dan negatif terkait brand dan take action terhadap sentimen negatif agar tidak semakin memburuk. 

  1. Sprout Social

Tampilan Dashboard Sprout Social

Dengan menggunakan alat ini, perusahaan akan mendapatkan gambaran komprehensif mengenai percakapan yang relevan dengan brand. Sama seperti tools sebelumnya, database yang digunakan juga bersumber dari berbagai platform media sosial. 

Sprout social juga memungkinkan perusahaan untuk mempelajari preferensi audiens terhadap produk, kampanye dan topik tertentu. Perusahaan juga mampu mengikuti tren dan mengidentifikasi peluang bisnis yang menguntungkan.

  1. BrandMentions

Tampilan Dashboard BrandMentions

Alat ini memungkinkan perusahaan untuk mendengarkan semua percakapan yang berkaitan dengan perusahaan dalam waktu real-time sehingga perusahaan dapat segera mengambil aksi dan respon yang dibutuhkan untuk menjaga reputasi perusahaan.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan fitur competitive analysis, influencer tracking, reputation management dan sentiment analysis yang berguna untuk membangun strategi komunikasi yang efektif.

  1. Meltwater

Tampilan Dashboard Meltwater

Sama seperti Brandmentions, alat ini juga mampu melacak mentions terhadap brand secara real-time. Oleh karena itu, Meltwater dapat memberikan notifikasi kepada perusahaan apabila ada krisis atau pembicaraan mengenai keyword yang ingin di monitor oleh perusahaan.

Disamping itu, Meltwater juga dapat membantu mencari influencer atau jurnalis yang memiliki nilai yang sama dengan perusahaan. Fitur ini juga dapat membantu PR dalam membangun strategi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

  1. Mention

Tampilan Dashboard Mention

Mention merupakan alat social listening paling kuat karena menawarkan banyak fitur yang membantu brand mengelola pembicaraan dalam dunia media sosial, mulai dari analisis isu sampai produk. 

Perusahaan juga dapat menata dan mengkategorisasi semua percakapan yang berkaitan dengan perusahaan, mulai dari keluhan, feedback dan pendapat. Ketika perusahaan mendapatkan pembicaraan buruk, alat ini mampu memberikan feedback sementara agar konsumen merasa brand peduli dan sigap dalam melayani konsumen. 

Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman  Stories From Brieder dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *