Mengulik Lebih Dalam Soal Jenis-Jenis Media Luar Ruang Dan Contohnya

advertising street videotron, form of media buying

Dunia yang semakin terdigitalisasi tidak membuat tren penggunaan media luar ruang menurun. Buktinya masih banyak brand yang memanfaatkan media luar ruang sebagai salah satu channel untuk berpromosi. Perkembangan teknologi yang begitu pesat justru mendorong media luar ruang untuk tampil lebih kreatif dan canggih.

Kenalan Dulu Dengan Media Luar Ruang

Sesuai dengan namanya, media luar ruang merupakan media berpromosi yang tampil di luar ruangan, seperti di jalan, halte, atau stasiun. Biasanya media ini akan menargetkan orang-orang yang sering berada di lokasi tersebut. Misalnya para pengguna jalan, penumpang bus atau kereta. Visualisasi dari media ini juga cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan kreativitas brand masing-masing.

Jenis-Jenis Media Luar Ruang

Beberapa jenis media luar ruang adalah sebagai berikut

Videotron

Videotron merupakan salah satu media luar ruang yang menggunakan layar besar untuk menampilkan berbagai konten visual brand, mulai dari video, animasi, gambar hingga teks. Dengan teknologi LED dan LCD yang canggih, videotron mampu menampilkan konten promosi dengan jelas dan cerah meskipun kondisi pencahayaannya terang. 

Akhir-akhir ini, banyak brand berpromosi dengan menggunakan videotron 3D seperti gambar diatas. Hasilnya juga cukup positif karena model 3D membuat promosi menjadi lebih menyenangkan dan memorable di benak audiens. 

Transit Advertising

Jenis lainnya adalah transit advertising. Pengguna KRL, LRT pasti udah sering melihat jenis ini karena biasanya transit advertising berada di dalam transportasi umum, misalnya KRL, LRT, mobil, motor, pesawat atau bahkan bus seperti gambar diatas. 

Transit advertising biasanya memiliki jangkauan yang lebih luas karena pergerakannya tidak stagnan hanya di satu tempat. Exposure terhadap brand juga menjadi lebih luas bahkan ada kemungkinan exposure berulang karena biasanya transportasi yang digunakan akan melewati rute yang sama setiap harinya. 

Pylon Signs

Pylon signs atau yang biasa dikenal dengan neon box merupakan media yang dipasang di pinggir jalan dan bertuliskan nama brand. Media ini juga dapat dengan mudah menarik perhatian orang-orang sekitar karena biasanya akan didesain secara kreatif dan sangat bercahaya terutama di malam hari. Tak hanya sebagai media promosi, pylon signs juga dapat digunakan sebagai penunjuk arah dan lokasi dari toko atau perusahaan.

Lift Advertising

Sesuai dengan namanya, iklan jenis ini biasanya akan dipasang di area lift, mulai dari dinding dalam, pintu lift atau bahkan layar digital yang terpasang didalamnya. Konten visualnya juga beragam, dapat berbentuk video atau gambar statis. 

Biasanya orang-orang yang menaiki lift memiliki waktu yang singkat untuk mengamati iklan di sekitar mereka. Oleh karena itu, konten yang diproduksi haruslah kreatif guna menarik perhatian mereka dengan cepat.

Menarik untuk dicoba nih Briefee! Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman  Stories From Brieder dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *