Apa itu Media Kit? – Pengertian, Fungsi, Isi, dan Contohnya

front view young busy confused workers discussing one issue documents office

Media kit adalah dokumen yang sangat penting dalam dunia bisnis dan perlu dipahami seorang PR (Public Relations) perusahaan.

Sebab, dokumen ini bisa menjadi alat yang kuat dalam upaya komunikasi pemasaran perusahaan kepada publik melalui media atau pers.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengetahuinya secara lebih dalam, yuk simak penjelasan lengkap tentang media kit berikut ini!

Apa itu Media Kit?

Media kit adalah suatu dokumen yang berisi penjelasan komprehensif mengenai bisnis atau produk, layanan, dan acara dari suatu perusahaan.

Umumnya, dokumen ini digunakan dalam suatu acara yang diadakan oleh perusahaan, seperti konferensi pers, acara peluncuran produk, hingga pameran.

Tujuan dibuatnya media kit adalah untuk memberikan informasi kepada wartawan, reporter, influencer, atau pihak media lainnya yang berpotensi untuk meliput acara tersebut.

Oleh karena itu, dokumen ini harus dibuat semenarik mungkin, misalnya dengan menonjolkan fitur dan keunggulan produk.

Media kit dapat berbentuk sebuah kertas selebaran. Akan tetapi, di era digital ini, tak jarang perusahaan membagikannya dalam format PDF yang bisa dibagikan dengan mudah.

Fungsi Media Kit

Berikut beberapa fungsinya:

1. Memberikan Informasi secara Lengkap

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dokumen ini dibuat guna menyampaikan informasi secara komprehensif pada pihak yang berpotensi meliput acara.

Dengan adanya dokumen ini, media dan pihak luar tersebut akan memahami dengan baik latar belakang dan tujuan dari hal yang dipromosikan.

Alhasil, media pun bisa menghasilkan liputan berita yang berkualitas dan sesuai dengan kemauan perusahaan.

2. Sebagai Media Pemasaran

Fungsi selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai media pemasaran. Sebab, isi dari dokumen ini dapat dipergunakan untuk menciptakan materi promosi.

Dengan adanya dokumen ini, maka perusahaan, produk, atau acara yang dipromosikan pun akan meningkat visibilitas dan awareness-nya di mata publik.

3. Membangun Citra Perusahaan

Secara jangka panjang, media kit juga dapat mendorong peningkatan citra yang positif terhadap perusahaan karena adanya liputan dari media.

Selain itu, dokumen ini juga bisa menjadi alat yang berguna dalam menarik investor atau mitra bisnis untuk bekerja sama dengan brand.

Isi Media Kit

Apa saja isi dari media kit? Apabila perusahaanmu tertarik membuatnya, berikut beberapa elemen penting yang perlu dimasukkan:

1. Penjelasan Ringkas tentang Perusahaan

Elemen pertama adalah penjelasan ringkas tentang perusahaan atau bisnismu. Di sini, kamu menulis kapan perusahaanmu dibentuk, jumlah anggota tim, visi misi, hingga pencapaian.

Kemudian, jabarkan juga deskripsi rinci tentang produk, layanan, atau acara yang menjadi subjek promosi. Jangan lupa beri tahu keunggulan dari produk atau layanan tersebut.

2. Press Release

Ketika ada peluncuran produk baru atau informasi penting lainnya tentang perusahaan, tim PR biasanya akan membuat press release.

Nah, press release ini juga merupakan elemen penting yang perlu diikutsertakan. Hal ini berguna agar media mengetahui pencapaian apa yang telah diperoleh perusahaanmu.

3. Data Kontak

Apabila pers memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai acara, mereka biasanya akan menghubungi kontak yang tertera pada media kit.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memberikan informasi kontak, seperti nama, nomor telepon, atau alamat email.

4. Materi Visual

Elemen selanjutnya yang perlu disertakan adalah materi visual, mulai dari logo perusahaan, grafik atau diagram yang dapat mendukung informasi yang disajikan, hingga foto mengenai produk atau layanan.

Menyisipkan materi visual dapat membantu membangun brand awareness yang lebih baik pada perusahaan atau produk dan layanan yang ditawarkan.

Contoh Media Kit

Sebagai referensimu, berikut ini adalah contoh media kit dari sebuah perusahaan penyedia platform musik terkenal di dunia, Spotify:

Demikianlah uraian lengkap yang menjelaskan tentang apa itu media kit, dimulai dari pengertian, fungsi, isi, hingga contohnya.

Karena memiliki beragam manfaat, maka sebagai seorang PR perusahaan, penting untuk memahami dan mengetahui cara membuat dokumen ini.

Namun, jika perusahaanmu tidak memiliki tim PR khusus atau bingung cara membuatnya, jangan khawatir, BRIEFER bisa menjadi solusinya!

Sebab di BRIEFER, ada beragam spesialis berpengalaman di bidang PR yang siap membantu berbagai kebutuhan perusahaanmu.

Jika tertarik untuk bekerja sama dengan kami, kamu bisa kunjungi website BRIEFER atau hubungi kami melalui e-mail hello@briefer.id, ya!

⠀⠀

Baca juga: