Apa itu Media Alert? – Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

media journalism get media alert

Dalam Public Relations (PR), media alert atau yang biasa disebut dengan media advisory adalah salah satu bentuk publikasi yang perlu untuk dipahami.

Namun, banyak yang masih belum mengetahui jenis publikasi macam apa ini. Atau bahkan, orang awam banyak menyamakannya dengan press release.

Nah, agar mengetahui lebih jelas tentang apa itu media alert, yuk simak artikel berikut sampai habis!

Apa itu Media Alert?

Media alert adalah suatu bentuk pengumuman atau peringatan yang dibuat untuk media guna memberi tahu mereka mengenai peristiwa yang akan datang.

Jadi, tujuannya adalah agar media dapat aware dan tertarik dengan acara tertentu untuk kemudian meliputnya dalam berita.

Isi dari pemberitahuan ini harus mengandung 5W+1H (what, where, when, who, why, dan how) agar informasi yang disampaikan lengkap.

Kapan Media Alert Sebaiknya Dibuat?

Waktu ideal untuk membuat media alert adalah sebelum sebuah acara penting di perusahaanmu dilaksanakan dan ingin mengundang pers agar diliput.

Misalnya, perusahaanmu ingin meluncurkan sebuah produk baru. Agar mendapat media coverage, maka kamu bisa mengirimkan media advisory seminggu sebelum acara terjadi.

Jadi, pastikan untuk mengirimkannya pada media dalam jangka waktu yang cukup dan memadai, sehingga mereka pun bisa merencanakan liputan secara lebih matang.

Namun, apabila terdapat peristiwa penting yang butuh pemberitaan mendesak, misalnya untuk menangani krisis perusahaan, kamu bisa membuat dan mengirimkannya segera.

Cara Membuat Media Alert

Bagaimana cara membuat media advisory yang sesuai dan membuat pers tertarik? Yuk, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

1. Buatlah Headline dan Opening yang Memikat

Wartawan tentu memiliki banyak kegiatan dan peristiwa yang perlu diliput. Lantas, bagaimana caranya agar mereka mau menghadiri acaramu?

Nah, berkenaan dengan ini, buatlah headline dan paragraf pembuka yang menarik perhatian pers agar mau hadir di acaramu.

Tak perlu terlalu panjang, buat saja headline yang terdiri dari maks 10 kata dan paragraf pembuka yang berisi 3-4 kalimat.

2. Pilih Angle Cerita yang Menarik

Ketika menulis sesuatu, tentunya terdapat angle yang kita pilih. Nah, begitu pula dalam membuat media advisory, pilihlah angle cerita yang menarik wartawan.

Berikut tips melakukannya. Pernahkah kamu bercerita pada temanmu hingga membuatnya tertarik mendengarkan? Bagaimana caramu menyampaikannya hingga membuat dia tertarik?

Yup, tentunya memilih angle yang tepat dan gaya penceritaan yang mengasyikkan, bukan?

Oleh karena itu, tulislah media alert sebagaimana kamu bercerita hal-hal yang mengasyikkan pada temanmu hingga membuatnya tertarik mendengarkan.

3. Sematkan Kontak

Tentu akan sia-sia jika kamu mengirim ‘surat undangan’ tetapi mereka bingung bagaimana cara menjawab undanganmu atau mengubungimu.

Oleh karena itu, jangan lupa sematkan kontak penanggung jawab (humas) yang bisa dihubungi lebih lanjut terkait acara.

Beberapa pilihan kontak yang bisa kamu sematkan dalam media alert adalah nomor telepon, email, dan alamat perusahaan.

Contoh Media Alert

Jika kamu berniat untuk membuat media advisory untuk perusahaanmu, berikut contoh yang dapat kamu jadikan referensi:

⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀[NAMA DAN LOGO PERUSAHAAN]



⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀MEDIA ALERT
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀Peluncuran Inovatif [NAMA PRODUK] yang Merevolusi [INDUSTRI/SEKTOR]


Untuk Publikasi Langsung – Tanggal: [TANGGAL]
[LOKASI] – [Tanggal Peluncuran]


[NAMA PERUSAHAAN] dengan bangga mengumumkan peluncuran terbaru kami, [NAMA PRODUK], yang akan mengubah wajah [INDUSTRI/SEKTOR]. Produk ini adalah langkah revolusioner kami dalam menghadirkan inovasi terdepan ke pasar. Produk ini akan diluncurkan pada:

Tanggal: [Tanggal Peluncuran]
Waktu: [Waktu Peluncuran]
Lokasi: [Lokasi Peluncuran]
Susunan Acara: Sambutan dari CEO, Pengenalan Produk, Sesi Tanya Jawab, dan Peluang untuk Wawancara dengan Tim Pengembangan

Dalam acara peluncuran produk ini, kami mengundang sekitar [Jumlah Tamu] tamu undangan yang terdiri dari petinggi perusahaan [Nama Perusahaan], stakeholder, pejabat, serta brand ambassador dan public figure.

Mohon konfirmasi kehadiran Anda dan rsvp ke [Email Kontak] sebelum [Tanggal RSVP].
Terima kasih atas perhatian Anda, dan kami berharap dapat berbagi kegembiraan ini bersama Anda.

Hormat kami,

[Tanda Tangan Elektronik CEO atau Perwakilan Perusahaan]

[Nama Penanggung Jawab/Humas]
[Kontak]

Media Alert vs Press Release

Banyak orang sering kali menyamakan media alert dengan press release. Meskipun serupa, keduanya memiliki perbedaan kunci.

Keduanya memang sama-sama dibuat sebagai pengumuman yang ditulis untuk menarik perhatian media. Akan tetapi, press release ditulis secara lebih detail.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa perbedaannya:

1. Tujuan

Dari segi tujuannya, press release dibuat untuk menyampaikan suatu informasi mengenai peristiwa, produk, atau topik tertentu secara mendalam dan struktur.

Sementara itu, meda advisory lebih merujuk pada pemberitahuan yang berupa undangan untuk memicu perhatian media terhadap suatu acara yang akan datang.

2. Isi

Perbedaan media alert dan press release selanjutnya terletak pada isi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, press release mengungkapkan suatu informasi secara lebih detail.

Panjangnya isi press release bisa mencapai beberapa halaman. Gaya bahasa yang dibuat pun lebih formal dan objektif.

Sementara itu, media alert hanya menyoroti poin-poin kunci secara ringkas untuk mendorong media agar turut meliput.

Biasanya, jenis publikasi ini hanya terdiri dari satu halaman, serta menggunakan gaya bahasa yang lebih kreatif dan persuasif.

3. Waktu Pembuatan

Press release dapat dibuat kapan pun jika informasiyang ingin disampaikan memang sudah siap dipublikasikan. Sementara itu, media advisoty dibuat sebelum sebuah acara terjadi.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai media alert atau media advisory dalam bidang PR, dimulai dari pengertian, contoh, dan perbedaannya dengan press release.

Pada intinya, media alert adalah suatu bentuk publikasi yang diperuntukkan kepada pers untuk memberi tahu mereka tentang acara yang akan datang.

Nah, jika perusahaanmu kebingungan mengenai bagaimana membuat media alert secara tepat untuk disampaikan kepada pers, BRIEFER ahlinya!

BRIEFER adalah platform kerja yang bisa menghubungkanmu dengan para spesialis berpengalaman kami di bidang public relations.

Jika kamu tertarik untuk memulai kerja sama bersama kami, kunjungi laman web BRIEFER atau hubungi kami melalui email hello@briefer.id!

⠀⠀

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *