5 Rekomendasi Aplikasi AI untuk Bekerja, Kerjaan Auto Beres!

Aplikasi AI untuk bekerja

Saat ini, berbagai perusahaan telah menggunakan aplikasi AI (Artificial Intellegence) untuk membantu pekerjaan. Yup, mau tak mau, kita memang harus beradaptasi bersama AI di zaman yang serba digital ini.

Selain meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja, AI juga menawarkan analisis data tingkat lanjut yang mengarah pada strategi yang lebih baik.

Lantas, apa saja aplikasi AI yang bisa bermanfaat untuk membantu pekerjaan? Yuk, simak lebih lanjut dalam artikel berikut!

5 Aplikasi AI untuk Bekerja selain ChatGPT

Jika bosan dengan ChatGPT, kamu bisa gunakan beberapa rekomendasi aplikasi AI berikut:

1. CopyAI

Jika kamu seorang penulis, pernahkah kamu kehabisan kata-kata? Atau kamu mengalami writer block? Atau tidak puas dengan hasil tulisanmu? Yuk, coba gunakan aplikasi AI yang satu ini!

CopyAI merupakan aplikasi AI yang bisa digunakan untuk menulis copy blog, email marketing, caption di social media, press release, dan lain sebagainya.

Untuk penggunaan biasa, aplikasi AI dapat kamu coba secara gratis. Namun, kamu hanya bisa memakainya hingga 2000 kata saja perbulannya.

Nah, Jika kamu ingin menggunakannya secara lebih komprehensif, kamu bisa membeli versi premiumnya mulai dari sekitar Rp500 ribu per bulan.

2. Notion AI

Notion merupakan salah satu tools yang banyak digunakan perusahaan untuk mencatat sesuatu atau bekerja dengan tim.

Namun ternyata, Notion bisa digunakan lebih dari itu, lho! Notion kini menghadirkan AI yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu penulisanmu.

Dengan menggunakan aplikasi AI yang satu ini, kamu bisa memperoleh hasil tulisan yang berkualitas dan dikalim bebas plagiarisme.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memberikan prompt kepada AI tentang apa yang ingin dibuat, seperti caption media sosial atau press release.

Notion AI sendiri terdiri dari versi gratis dan berbayar (plus, business, dan enterprise). Untuk penggunaan biasa, kamu bisa menikmati versi gratisnya saja.

Namun, jika kamu perlu bekerja dengan lebih dari 10 orang, mengambil versi berbayar mungkin akan lebih tepat.

Baca juga: Alasan Kenapa AI Belum Bisa Gantikan Pekerjaan Manusia

3. Beautiful.ai

Apabila pekerjaanmu sering berkutat pada deck presentasi, maka Beautiful.ai bisa menjadi aplikasi AI yang sesuai untukmu.

Aplikasi AI yang satu ini akan memberikanmu berbagai referensi slide presentasi yang cantik dan unik dalam hitungan menit. Nantinya, kamu pun hanya perlu memasukkan konten yang ingin disampaikan.

Untuk versi dasarnya, kamu bisa menggunakan Beautiful.ai secara gratis. Versi gratsis ini memungkinkanmu membuat presentasi secara unlimited.

Namun, Beautiful.ai juga menyediakan versi pro untuk individu, versi team untuk digunakan bersama orang lain, dan versi enterprise.

4. Adobe Podcast

Homepage Adobe Podcast
Homepage Adobe Podcast

Apakah kamu sehari-hari harus berkutat dengan audio? Jika iya, maka menggunakan Adobe Podcast akan sangat membantumu.

Adobe Podcast merupakan aplikasi AI yang menawarkan tiga fitur utama, yaitu Mic Check, Enhance Speech, dan dan fitur transkripsi otomatis.

Fitur Mic Check memungkinkanu untuk mengatur setup mikrofon agar suara yang dihasilkan bisa lebih optimal. Sementara itu, fitur enhance speech akan membantu mengeliminasi backsound di audio.

Nah, yang lebih menariknya lagi, fitur transkripsi otomatis memungkinkanmu untuk mengedit rekaman audio dari hasil transkrip tersebut.

Misalnya, kamu ingin men-cut bagian audio tertentu. Nantinya, kamu tinggal menghapus teks yang ada di transkripsinya dan audio pun akan menyesuaikan.

Adobe Podcast sendiri dapat kamu nikmati secara gratis, loh! Kamu bisa langsung saja mengunjungi laman webnya: podcast.adobe.com.

5. QuillBot

Jika kamu sehari-harinya berkutat dengan dunia penulisan, cobalah gunakan paraphrasing tool yang satu ini, QuillBot.

QuillBot akan membantumu memeriksa grammar dan memparafrase tulisanmu agar lebih jelas. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merangkum dan mendeteksi plagiarism sebuah tulisan.

Aplikasi AI yang satu ini menawarkan 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk penggunaan biasa, versi gratis sudah cukup bagimu. Namun, jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, kamu bisa gunakan versi berbayar.

Baca juga: Profesi Mana yang Paling Rentan terhadap Otomatisasi?

Itulah dia beberapa rekomendasi tools AI yang bisa kamu gunakan untuk pekerjaan guna meningkatkan produktivitas kerjamu.

Meskipun bisa bermanfaat banyak bagi pekerjaan, tetapi ingat bahwa AI juga memiliki kekurangan, seperti masalah ketidakakuratan. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menggunakannya dengan bijak, ya!

Apabila kamu tertarik membaca insight lain seputar dunia pekerjaan, yuk kunjungi laman web Stories from BRIEFER sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *