Trik Marketing Korean Pop Idol

Korean Pop / Kpop menjadi fenomena dengan beberapa group seperti BTS dan Blackpink yang memiliki banyak penggemar di belahan dunia. Dengan mayoritas berbahasa Korea, lagu – lagu dari beberapa group Kpop seperti BTS, Blackpink, NCT, ENHYPEN, Itzy, Aespa, Twice, dan lain – lain berhasil masuk tangga lagu Billboard Global dan menguasai pasar internasional. Bagaimana sih trick marketing idol Kpop untuk mengambil hati para fans dan menguasai pasar musik? Yuk kita bahas!

1. Strategi teaser

Kpop memiliki strategi untuk menimbulkan sebuah rasa penasaran fans dengan menghadirkan teaser sebelum merilis sebuah single comeback. Teaser biasanya dikemas dalam bentuk video dan foto yang diunggah secara bergantian di media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter, Facebook, Weverse, Vlive, dan Weibo. Foto – foto teaser tersebut biasanya memperlihatkan sebuah petunjuk terhadap tema yang akan dipakai di single comeback. Dengan begitu, hype akan terbentuk dan akan ada banyak orang yang tahu akan perilisan video musik tersebut.

2. Kehadiran serta interaksi media sosial yang kuat

Media sosial setiap grup Kpop menjadi wadah berkumpul bagi para penggemar dan selalu diupdate secara berkala dengan konten – konten yang interaktif dan gambar berkualitas tinggi. Media sosial ini biasanya terbagi dua yaitu media sosial tiap personel dan media sosial kelompok band itu sendiri. Kpop idol juga sering berinteraksi dengan fans misalnya menjawab unggahan – unggahan yang dikirimkan oleh fans. Maka dari itu, hubungan yang kuat antara idol dan fans akan terbentuk.

3. Jeda waktu singkat sebelum melakukan sebuah comeback

Kpop biasanya memiliki jeda waktu singkat atau hanya beberapa bulan sebelum merilis kembali sebuah single comeback yang baru. Hal itu dilakukan untuk menjaga eksistensi sang idol serta memberikan waktu untuk para perusahaan entertainment Kpop dalam membuat strategi baru dalam membentuk hype.

4. Memaksimalkan penyampaian konten

Kpop sangat memaksimalkan penyampaian konten dengan mengemas setiap comeback dengan sejumlah format konten seperti performance video, dance practice video, behind the scene video hingga jacket photoshoot video yang dapat diakses secara 4K di Youtube.

5. Berpartisipasi di acara entertainment / variety shows

Kpop idol biasanya menjadi partisipan pada entertainment show seperti Weekly Idol, Running Man, Knowing Bros, dan lain – lain, Bahkan beberapa idol seperti BTS, ENHYPEN dan NCT memiliki acara sendiri untuk memperkenalkan group dan anggota – anggotanya lebih jauh kepada audiens. Tak heran jika exposure mereka cukup tinggi dan menjadi salah satu cara membangun hubungan yang kuat dengan para fans.

6. Mini album

Selain album penuh, Kpop idol juga meluncurkan mini album yang hanya berisi 2-3 lagu baru dengan unit hard album terbatas. Meski begitu, penjualannya selalu ludes oleh loyal fans lho!

7. Mencoba meraih audiens internasional

Agensi Kpop secara gamblang banyak merekrut idolnya dari berbagai negara seperti Tiongkok, Thailand, Jepang, bahkan Indonesia. Alasannya adalah agar fans Kpop tidak hanya terpusat di Korea tapi juga tersebar di penjuru dunia.

8. Program fans secara berkala

Kpop idol mencoba cara baru secara online untuk tetap berinteraksi dengan para penggemarnya mulai dari fansign, fanmeeting hingga konser sehingga para penggemar tetap merasa terhubung dengan para idol dimanapun mereka berada.

Selain musik, Kpop idol juga merilis berbagai jenis merchandise resmi . Meski harganya jutaan, para fans tetap mengkoleksinya. Inilah mengapa industri Kpop cukup berjaya sebab mereka memiliki fans yang loyal dan selalu mendukung idolnya.

Apakah kamu menyukai Kpop? Jika iya, yuk share group favorit kamu dibawah ini ya!