Prospek Karir yang Menarik Untuk Lulusan Komunikasi

Menjadi lulusan komunikasi seringkali dianggap tidak memiliki masa depan yang jelas. Cakupan bidang yang sangat luas terkadang membuat lulusannya bingung ketika mencari kerja. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas 5 prospek karir bagi lulusan komunikasi. Jadi, simak sampai selesai ya!

Public Relations

Prospek pertama adalah public relations. Posisi ini cocok untuk kamu yang menyukai lingkungan kerja yang dinamis dan cepat. Selain itu, apabila kamu memiliki kemampuan menulis, public speaking dan networking yang baik, maka kamu cocok untuk menggeluti bidang ini. 

Adapun tugas dan tanggungjawab utama dari posisi ini adalah membangun citra dan menjaga reputasi baik perusahaan. Sehingga, ketika mengemban posisi ini, kamu akan banyak terlibat dalam perancangan program komunikasi. Selain itu, tentu ada juga tugas lainnya, seperti menulis press release untuk kebutuhan publikasi, menjalin media relations dan melakukan media monitoring.

Oiya, seorang public relations juga memiliki dua pilihan tempat bernaung ya, yakni di agency atau in-house!.

Jurnalis

Selain public relations, jurnalis juga dapat menjadi pilihan lain untuk berkarir. Posisi ini cocok untuk kamu yang ingin mendalami dinamika pekerjaan dalam industri media, memiliki kemampuan menulis atau multimedia yang baik, seperti fotografi atau videografi. 

Adapun tugas dan tanggungjawab utama dari posisi ini adalah menyajikan informasi yang akurat, aktual dan relevan kepada audience dalam berbagai format, seperti teks atau video. Selain itu, seorang jurnalis pun terkadang memiliki tanggungjawab untuk melakukan wawancara kepada narasumber terkait demi mendapatkan argumen pendukung dari informasi yang akan disampaikan kepada publik.

Jurnalis sendiri juga memiliki banyak pembagian bidang, mulai dari jurnalis tulis, jurnalis foto, jurnalis data, jurnalis investigasi hingga jurnalis video. Nah, kamu tinggal pilih fokus bidang mana yang paling sesuai dengan skills dan kemampuanmu.

Content Writer

Prospek karir selanjutnya bagi mahasiswa lulusan komunikasi adalah content writer. Content writer merupakan seorang penulis profesional yang memiliki tugas untuk memproduksi berbagai konten dalam media online. Biasanya luaran yang dihasilkan adalah blog, atau konten media sosial. 

Oleh karena itu, kemampuan menulis menjadi kemampuan utama yang harus dimiliki oleh seorang content writer. Selain itu, kemampuan critical dan creative thinking juga penting lho bagi seorang content writer agar mampu menghasilkan karya tulis yang indah dan relevan dengan audience.

Copywriter

Hampir sama dengan content writer, copywriter juga menjadi salah satu prospek karir yang sangat menekankan kemampuan menulis dan kreativitas dalam memainkan kata-kata. Copywriter bertanggungjawab untuk menyediakan teks dalam berbagai materi promosi, mulai dari artikel, blog, email, hingga iklan untuk media sosial. 

Selain itu, seorang copywriter juga bertanggungjawab untuk memastikan semua hasil tulisannya selaras dengan value perusahaan. Tak hanya menulis, seorang copywriter juga akan menjalankan riset dan wawancara kepada berbagai pihak guna menghasilkan copy yang sesuai dengan campaign yang sedang dijalankan.

Sama seperti public relations, ada dua pilihan berkarir bagi seorang copywriter, yaitu bekerja di dalam agensi atau perusahaan.

Social Media Specialist

Nah, bidang ini kerap kali menjadi incaran banyak lulusan komunikasi. Sebab, media sosial dapat dianggap sebagai ‘makanan sehari-hari’ mahasiswa komunikasi. Kalau kamu merupakan seorang yang update dengan tren dan memiliki kemampuan menganalisa yang baik, maka kamu cocok terjun dalam bidang ini.

Adapun tugas dan tanggungjawab dari prospek karir ini adalah untuk mengembangkan strategi dalam media sosial dengan objektif untuk meningkatkan engagement dan awareness dari brand terkait. Tentunya, strategi yang dikembangkan sudah mencakup strategi secara organik dan berbayar ya

Biasanya seorang social media specialist juga harus mampu menggunakan berbagai analytic tools untuk menganalisis berbagai data yang dibutuhkan untuk pengembangan strategi selanjutnya dan keberhasilan dari strategi yang telah dikembangkan. 

Nah, itu dia 5 prospek karir yang menarik untuk lulusan komunikasi. Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman Stories From Briefer dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *