Kalau Seorang Public Relations Mau Switch Career, Bisa Jadi Apa Aja Ya?

Saat ini, career switch menjadi alternatif yang cukup populer bagi kalangan pekerja yang ingin mencari pengalaman baru, suasana baru atau tantangan baru karena merasa jenuh dengan bidang pekerjaannya yang lama.

Selain karena alasan jenuh, beberapa pekerja juga memilih untuk switching career karena ingin mengejar passion atau minat baru. Kini, career switch semakin mudah untuk dilakukan karena kemajuan teknologi yang melahirkan berbagai program pelatihan atau pendidikan untuk membantu para pekerja agar memiliki skills mumpuni ketika terjun pada bidang industri yang baru. Misalnya kelas digital marketing, copywriting, public speaking, content writing dan masih banyak lagi.

Beberapa waktu lalu, kita sempat membahas tentang prospek karir bagi seorang jurnalis yang ingin switch career. Nah, sekarang kita akan membahas tentang prospek karir bagi seorang public relations yang ingin switch career, kira-kira bisa jadi apa aja ya? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Content Writer / Article Writer / Copywriter

Kekuatan utama seorang public relations terletak pada kemampuannya dalam membangun sebuah narasi.  Narasi menjadi penting bagi seorang public relations sebab mereka memiliki tanggung jawab dalam mempersuasi atau mengajak audiens untuk mengambil suatu tindakan. 

Nah, ketiga profesi yang direkomendasikan juga tidak jauh berbeda lho dengan tugas seorang public relations. Ketiganya sama-sama menekankan kemampuan menulis dan permainan diksi dalam membangun suatu tulisan. Profesi tersebut juga memiliki objektif yang sama, yaitu untuk mempersuasi dan merubah perilaku audiens. 

Social Media Specialist

Selain ketiga profesi yang telah disebutkan sebelumnya, social media specialist juga menjadi pilihan bagi seorang public relations yang ingin switching career

Layaknya pengelolaan media sosial dalam industri public relations, pengelolaan media sosial yang ini lebih ke arah marketing communication dengan tujuan untuk meningkatkan awareness terhadap produk/layanan perusahaan. Sifat publikasinya juga lebih luwes dan fun, sehingga cocok bagi public relations yang mau keluar dari suasana formal dalam mengelola media sosial.

KOL Specialist

Nah, menjadi KOL Specialist juga merupakan pilihan yang cocok nih bagi seorang public relations yang mau switch career. KOL Specialist merupakan profesi yang menekankan kemampuan persuasi dan negosiasi sama seperti seorang public relations

Buat Briefee yang suka negosiasi dengan orang lain, tapi mau coba negosiasi dalam bidang lain, boleh dicoba nih profesi yang satu ini~

Master of Ceremony (MC)

Selain kemampuan menulis, kemampuan berbicara di depan publik juga merupakan kekuatan utama bagi seorang public relations. Oleh sebab itu, menjadi seorang master of ceremony (MC) yang mengutamakan kemampuan public speaking merupakan pilihan yang cocok untuk switching career

Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman Stories From Briefer dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *