Apa gaya komunikasi dibalik kesuksesan Taylor Swift?

Melejitnya album lama Taylor Swift yang direkam ulang baru-baru ini, beserta video pendeknya menjadi pembicaraan yang bertabur pujian di beragam kalangan. Taylor memang dikenal sebagai musisi jenius yang mampu menciptakan karya luar biasa di setiap albumnya. Apa sih kunci kesuksesannya?


1. Taylor menggunakan strategi marketing berdurasi jangka pendek dalam setiap peluncuran lagu-lagunya. Dalam tenggat waktu tertentu, Taylor mengeluarkan lebih dari 2 lagu sehingga lagu tersebut bertengger lebih lama baik di Spotify, Youtube maupun TV. Strategi ini membuat sejumlah orang beranggapan Taylor sangat produktif, namun inilah yang disebut membangun brand awareness secara berkelanjutan.

2. Taylor memahami perasaan penggemar dengan mengkomunikasikan lagu yang berkaitan dengan kehidupan percintaan mereka secara umum sehingga penggemar pun merasa dekat. Selain itu, Taylor memilih diksi yang indah dan puitis di setiap lirik lagunya.

3. Taylor berani mencoba sesuatu yang baru, dibuktikan dengan perpindahan genre country ke pop lewat album 1989 yang sempat menuai keraguan berbagai pihak. Hasilnya? Album ini laris banget Briefee!

Tahukan kamu jika sejumlah lagu Taylor dijadikan penelitian akademis di bidang komunikasi khususnya Semiotika atau ilmu tentang simbol? Yes, ada banyak banget simbol-simbol makna di lagu Taylor yang menarik untuk didalami lebih jauh salah satunya, Look What Made Me Do dan All Too Well 10 minutes version.