Strategi Kolaborasi McD dengan NewJeans!

Setelah sukses besar berkolaborasi dengan boyband Korea Selatan BTS, baru-baru ini McDonald’s kembali mengeluarkan menu kolaborasi dengan girlband asal Korea Selatan yaitu NewJeans.

Dalam kolaborasi dengan girlband asal Korea ini, McDonald’s mengusung campaign bertajuk ‘NewJeans Chicken Dance Campaign’ untuk mempromosikan menu kolaborasi mereka yaitu kategori menu “K-meals”.

Kampanye ‘NewJeans Chicken Dance’ membawa pesan “A whole new crispiness that makes us dance, a whole new Chicken World”. Isi pesan ini yaitu ingin membagikan momen bahagia McD bersama pelanggan setianya.

Mengapa McD memilih NewJeans? pemilihan Newjeans sebagai grup yang diajak kolaborasi oleh McDonald’s tentunya didasari oleh besarnya popularitas Newjeans, baik secara domestik maupun internasional.

Meski berkolaborasi dengan girlgrup ternama, perancangan strategi marketing tetap diperlukan oleh McDonald’s agar campaign kolaborasi bisa berjalan dengan baik dan mencapai kesuksesan.

Nah, kira-kira strategi apa saja yang dijalankan McDonald’s dalam kolaborasi bersama NewJeans untuk menarik minat beli konsumen? Mari kita bahas strategi marketing yang dipakai yuk, Briefee!

1.Strategi Horizontal Marketing

Seperti yang Briefee sadari, McDonald’s dan NewJeans merupakan brand yang berada di industri berbeda. Dimana McDonald’s berada pada industri fast-food sedangkan NewJeans merupakan idol di industri hiburan K-Pop.

Dengan memilih NewJeans untuk kolaborasi, McDonald’s menjalankan strategi horizontal marketing lho, Briefee. Strategi ini merupakan strategi marketing yang melibatkan kolaborasi antara dua brand dari industri berbeda.

Tentunya, menerapkan strategi ini dalam brand tidak bisa sembarangan ya, Briefee. Salah satu hal yang membuat strategi ini bisa dijalankan adalah adanya kesamaan target market, seperti yang terjadi pada McDonald’s dan NewJeans.

2. Strategi Community Marketing

Strategi lainnya yang tampak dalam collab McDonald’s dan NewJeans adalah strategi community marketing. Strategi ini merupakan strategi marketing yang memanfaatkan loyalitas komunitas, dalam hal ini, fanbase Newjeans. Sudah menjadi rahasia umum bahwa penggemar K-Pop sangat loyal terhadap idolanya. Bahkan, penggemar K-Pop tak ragu untuk merogoh kocek mereka untuk mendukung idolanya, termasuk ketika idolanya collab dengan brand.

3. Strategi Visual Marketing

Aspek visual juga dapat berperan bagi kesuksesan sebuah promosi. Strategi visual marketing, yaitu strategi yang melibatkan visual, dikenal sebagai salah satu strategi yang mampu menarik perhatian dan minat customer.

Strategi ini juga dilakukan oleh McDonald’s ketika berkolaborasi dengan NewJeans. Menargetkan fanbase NewJeans sebagai customer, terlihat McDonald’s aktif membuat konten visual bernuansa NewJeans untuk campaign ini.

Terlihat konten visual di Instagram McD memakai elemen warna ungu, font ala pixel hingga maskot dan logo NewJeans. Hal ini membuat campaign yang dijalankan mendapat banyak perhatian, khususnya oleh Bunnies.

4. Strategi Contest Marketing

Strategi lainnya yang dilakukan McDonald’s untuk mensukseskan campaign kolaborasi mereka dengan NewJeans adalah strategi giveaway. Strategi ini merupakan bagian dari strategi contest marketing

Strategi ini diterapkan oleh McDonald’s Korea Selatan sebagai negara asal girlband NewJeans. Ketika menu kolaborasi dengan NewJeans rilis, giveaway produk dilakukan untuk memancing customer mereview produk.

Selain mampu memperluas info mengenai adanya produk baru, review jujur yang positif terhadap produk yang diberikan customer diharapkan mampu memancing rasa penasaran dan minat beli customer lain.

Briefee itu dia deretan strategi marketing yang dijalankan McDonald’s saat berkolaborasi dengan NewJeans. Kamu tertarik nggak nih untukmengimplementasikan strategi-strategi tersebut ke bisnismu?