4 Tahap Rencana Strategi Komunikasi Perusahaan!

Merencanakan strategi komunikasi merupakan salah satu tugas seorang Public Relations di sebuah perusahaan atau organisasi.

Maka dari itu, sebagai PR kamu harus bisa berfikir strategic pada tingkat yang tinggi serta kompleks agar dapat memunculkan ide, menganalisa permasalahan dan merumuskan sesuatu strategi yang baik sehingga nantinya dapat memberikan hasil yang memuaskan bagi klien atau perusahaan.

Namun, bagaimana cara membuat strategi komunikasi yang baik? Dalam merencanakan strategi komunikasi PR, terdapat beberapa model perencanaan lho salah satunya yaitu, model R.A.C.E

Apa itu model RACE? mari kita bahas pada artikel berikut Briefee!

Model RACE merupakan singkatan dari Research, Action, Communication, dan Evaluation. Dalam buku milik Ronald D. Smith yang berjudul Strategic Planning for Public Relations, ia membagi proses perencanaan strategi PR ke dalam empat fase atau yang dikenal RACE. Apa saja tahapannya?

 1. Tahapan pertama Research.

Tahapan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi dan menganalisa situasi yang dihadapi dengan cara memperhatikan permasalahan atau situasi yang sedang terjadi.

Selain situasi, hal yang perlu dianalisis yaitu organisasi dan juga publik. Dalam menganalisis organisasi, PR harus melihat dari banyak sisi baik internal, eksternal, maupun persepsi publik terhadap perusahaan.

Lalu, analisis publik dengan cara mengidentifikasi stakeholders utama perusahaan atau kampanye yang akan dijalankan.

Pada tahap Research, melibatkan penelitian dan pengumpulan informasi tentang klien dan khalayak. Ini membantu untuk memahami situasi saat ini dan menentukan tujuan kampanye PR.

2. Tahapan kedua Action.

Tahapan ini biasa dikenal dengan Strategy Phase atau fase strategi. Strategi merupakan jantungnya perencanaan public relations. Hal yang termasuk ke dalam fase strategi yaitu tindakan- tindakan yang akan dilakukan atas permasalahan atau situasi.

Pada tahapan ini melibatkan pengembangan strategi PR yang akan dilakukan yang berisi rencana organisasi, apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya.

Tahapan Action merupakan tahapan dalam menentukan key message, target, dan taktik yang akan digunakan untuk mencapai tujuan kampanye.

3. Tahapan ketiga Communication.

Tahap ini terdiri dari pemilihan taktik komunikasi yang akan digunakan serta cara mengimplementasi rencana strategis yang sudah disusun.

Taktik komunikasi yang digunakan dalam perencanaan komunikasi adalah perpaduan antara kegiatan public relations dan komunikasi pemasaran yang disebut communication. 

Terdapat empat kategori taktik komunikasi yang dapat digunakan yaitu komunikasi interpersonal, organisasi media, news media, advertising dan promotional media.

Setelah taktik komunikasi direncanakan, maka selanjutnya dapat melakukan implementasi strategic plan yang telah ditentukan seperti dapat melakukan konferensi pers.

Dengan kata lain, tahapan Communication merupakan cara perusahaan menyampaikan tindakan mereka mengenai suatu permasalahan atau situasi kepada khalayak.

4. Tahapan keempat Evaluation.

Tahapan terakhir dan penting yaitu mengevaluasi hasil tindakan bagi khalayak serta dampak dari tindakan tersebut. Evaluasi melibatkan pengukuran keberhasilan kampanye PR dan fase ini tidak terlepas dari media monitoring. 

Ini dapat membantu kita untuk menentukan apakah tujuan kampanye telah tercapai serta membantu dalam pengembangan strategi PR yang lebih baik di masa depan.

Nah Briefee, itu dia pembahasan mengenai Model RACE untuk merencanakan strategi komunikasi PR.

Jika kamu ingin membuat strategi komunikasi bagi perusahaan, kamu bisa mengunjungi platform BRIEFER, lho. BRIEFER memiliki specialist dibidang komunikasi yang dapat membantu kebutuhan mu, maka dari itu yuk kunjungi briefer.id atau email ke hello@briefer.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *