5 Ide Kampanye PR Brand untuk Rayakan Tahun Baru

top view hand holding noteback happy new year

Sebentar lagi tahun baru 2025. Sudahkah brand-mu menyusun ide kampanye PR untuk riding the wave di momen tahun baru?

Jika belum dan merasa bingung, yuk coba intip beberapa inspirasi kampanye PR untuk berbagai industri berikut ini!

Ide Kampanye PR untuk Tahun Baru

Berikut beberapa inspirasi ide yang dapat brand-mu terapkan.

1. Industri F&B: #WaktudiAtasPiring

Ide kampanye PR satu ini cocok untuk industri F&B yang memiliki bisnis restoran atau rumah makan, terutama dengan menu yang beragam dari berbagai zaman.

Target Audiens:

  • Pasangan atau keluarga yang merupakan penggemar kuliner dan ingin merayakan momen tahun baru dengan pengalaman unik

Konsep:

  • Pada malam tahun baru, sajikan tiga menu spesial yang terdiri dari Nostalgia (menu klasik), Modern (menu populer saat ini), dan Visioner (menu eksperimen untuk masa depan)
  • Buat pengalaman time-travel dining di restoran dengan dekorasi tempat yang berbeda untuk setiap era. Misalnya, jika pelanggan memilih menu Nostalgia, maka tempatkan mereka di tempat yang didekorasi dengan tema klasik

Aktivasi PR:

  • Ajak pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka di media sosial menggunakan hashtag #WaktudiAtasPiring
  • Undang food influencer untuk mencicipi dan membuat konten terkait menu Visioner
  • Kolaborasi dengan media desk kuliner untuk memberikan ulasan eksklusif

2. Industri Kesehatan: “Reboot Your Life”

Kampanye “Reboot Your Life” bertujuan untuk mengajak audiens memulai tahun baru dengan gaya hidup sehat yang menyeluruh (fisik, mental, dan sosial).

Target Audiens:

  • Individu berusia 20-45 tahun yang ingin memulai gaya hidup sehat
  • Pekerja kantoran yang merasa stres dan butuh penyegaran

Konsep:

  • Luncurkan Reboot Packages berisi: program detox tubuh selama seminggu, sesi meditasi atau yoga secara daring, serta buku panduan pola makan sehat

Aktivasi PR:

  • Kolaborasi dengan fitness influencer untuk membagikan cerita mereka menggunakan paket ini
  • Gelar tantangan #RebootChallenge, di mana peserta berbagi resolusi kesehatan mereka dengan hadiah berupa keanggotaan gym atau produk kesehatan
  • Adakan sesi webinar dengan pakar kesehatan tentang bagaimana “me-reboot” tubuh dan pikiran

3. Industri Pariwisata: “Explore Without Living”

Perkembangan teknologi VR bisa dimanfaatkan oleh industri pariwisata untuk meng-encourage audiens merasakan liburan secara virtual.

Tujuan akhir dari kampanye ini adalah agar audiens tertarik untuk membeli paket liburan yang nyata setelah mencoba sesi traveling virtual.

Target Audiens:

  • Milenial dan Gen Z yang aktif di media sosial dan ingin traveling tetapi terkendala waktu atau anggaran

Konsep:

  • Gunakan teknologi Virtual Reality (VR) untuk memberikan pengalaman liburan kepada pelanggan tanpa harus meninggalkan rumah (misalnya, perjalanan ke Raja Ampat)
  • Ciptakan “Travel Booths” di mal besar, di mana orang bisa mencoba pengalaman VR secara gratis

Aktivasi PR:

  • Gelar kontes media sosial #DreamDestinations, di mana peserta memposting destinasi impian mereka. Peserta terpilih akan mendapat hadiah berupa tiket perjalanan yang nyata
  • Ajak travel influencer atau media desk travel mencoba VR dan membandingkannya dengan pengalaman berwisata secara langsung

4. Industri Fesyen: “New Year New Vibe”

“New Year New Vibe” adalah kampanye PR yang bertujuan untuk mengajak audiens agar bisa lebih percaya diri dalam mengekspresikan ketertarikan terpendam mereka pada gaya fesyen tertentu.

Target Audiens:

  • Individu berusia 18-35 tahun yang punya keinginan terpendam untuk mengenakan style fesyen tertentu, tetapi kurang percaya diri untuk menunjukannya

Konsep:

  • Gelar acara di kota besar dengan tema vibe zones, di mana setiap pelanggan bisa mencoba koleksi pakaian brand dari berbagai style secara langsung dan mendapatkan sesi mini styling dengan fashion stylist profesional
  • Sediakan photo booth dengan efek kreatif yang mencerminkan vibe mereka untuk diunggah ke media sosial

Aktivasi PR:

  • Kolaborasi dengan fashion influencer untuk memperkenalkan gaya baru dari koleksi brand
  • Luncurkan tantangan di media sosial bertajuk #FindYourVibe, di mana peserta memposting gaya mereka untuk mendapatkan hadiah produk

5. Industri Kecantikan: “My Glow Journal”

Kampanye ini bertujuan agar audiens mengingat kembali perjalanan mereka selama setahun dalam mewujudkan kulit yang sehat.

Target Audiens:

  • Individu berusia 20-40 tahun yang peduli pada perawatan kulit

Konsep:

  • Dorong audiens untuk menceritakan perjalanan mereka menuju kulit sehat dan bercahaya sepanjang tahun 2024 menggunakan produk dari brand melalui media sosial
  • Peserta terpilih akan mendapatkan Glow Journal Kit yang mencakup produk skincare brand, serta buku jurnal digital yang bertujuan untuk mencatat rutinitas skincare dan perkembangannya

Aktivasi PR:

  • Luncurkan tantangan di media sosial bertajuk #MyGlowJournal2024, di mana audiens berbagi progres mereka
  • Highlight sekaligus berikan apresiasi pada cerita paling inspiratif untuk memperkuat hubungan emosional

Ingin Rancang Kampanye PR untuk Tahun Baru? Minta Bantuan BRIEFER Aja!

Itulah dia beberapa inspirasi ide kampanye PR untuk brand yang bisa dimanfaatkan di momen tahun baru 2025 yang akan datang.

Sayangnya, banyak brand yang masih memiliki kendala untuk merancang kampanye PR, terutama jika tidak memiliki tim PR khusus.

Namun, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena BRIEFER siap membantu! BRIEFER adalah platform PR non-retainer yang memungkinkan brand untuk memesan jasa kami tanpa harus terikat kontrak yang panjang.

Dengan berbagai spesialis berpengalaman di BRIEFER, kami bisa membantumu merancang kampanye PR yang lebih terarah dan relevan dengan target audiens.

Tunggu apalagi? Segera hubungi kami melalui email hello@briefer.id atau kunjungi laman web resmi BRIEFER untuk informasi lebih lanjut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *