7 Strategi Marketing Shopee, Menjadikannya Marketplace Terlaris!

berbelanja di shopee dengan HP

Pada tahun 2023, Shopee menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia menurut GoodStats. Bagaimana strategi marketing Shopee yang menjadikannya unggul dibanding kompetitor?

Keberhasilan Shopee tentu tidak datang begitu saja. Mereka menerapkan serangkaian strategi marketing yang dirancang secermat mungkin agar dapat menarik pelanggan.

Nah, artikel ini akan mengulas secara lengkap bagaimana strategi pemasaran Shopee yang membuatnya menjadi marketplace terlaris di Indonesia saat ini. Yuk, simak!

Strategi Marketing Shopee yang Membuatnya jadi Marketplace Terlaris

Berikut penjelasannya:

1. Pelopor Free Ongkir

Free ongkir atau gratis biaya pengiriman (ongkos kirim) merupakan salah satu strategi yang sangat efektif dalam menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Pasalnya, strategi ini bisa dibilang sebagai trik psikologi marketing, lho, yaitu dengan seolah-olah menciptakan persepsi nilai tambahan di mata konsumen.

Banyak pelanggan merasa bahwa mereka mendapatkan lebih banyak keuntungan ketika tidak perlu membayar biaya pengiriman, meskipun harga produk mungkin sedikit lebih tinggi.

Mengapa bisa begitu? Ini karena biaya pengiriman sering kali dianggap sebagai biaya tambahan yang tidak diinginkan.

Jadi, tak heran banyak pelanggan yang lebih memilih untuk membeli barang dengan harga lebih tinggi tetapi gratis ongkir, dibanding yang harganya lebih rendah tetapi harus membayar ongkir.

Alhasil, hal ini pun membuat Shopee lebih dipilih pelanggan ketika ingin berbelanja online dibanding marketplace lainnya.

2. Banyak Barang Recehan yang Murah

Salah satu daya tarik utama Shopee dibanding marketplace lainnya adalah banyaknya penjual barang-barang receh atau produk yang harganya murah.

Bahkan, tak jarang barang ‘receh’ tersebut dipatok dengan harga ratusan rupiah saja. Jika dipadukan dengan kupon gratis ongkir, maka konsumen yang awalnya tidak berniat membeli pun menjadi tertarik.

Jadi, dengan menyediakan barang-barang yang harganya terjangkau, Shopee mampu menarik konsumen dari berbagai lapisan ekonomi.

Strategi ini pada gilirannya tidak hanya meningkatkan jumlah transaksi kecil, tetapi juga mendorong pelanggan untuk lebih sering berbelanja di platform-nya.

3. Sering Mengadakan Event Diskon yang Menarik

Strategi marketing Shopee selanjutnya adalah sering mengadakan event diskon belanja yang menarik, terutama saat tanggal kembar, seperti 1.1, 2.2, dan seterusnya.

Event-event tersebut pun tidak hanya menarik karena adanya diskon besar-besaran, tetapi juga karena promo tambahan seperti flash sale dan kupon live streaming.

Dengan adanya event tersebut, maka aktivitas belanja selama periode kampanye pun menjadi semakin meningkat dibanding hari-hari biasa.

4. Adanya Shopee Express

Pada tahun 2018, Shopee meluncurkan solusi logistik terintegrasi dengan menyediakan layanan pengiriman barang yang kini dinamakan Shopee Express.

Dengan layanan tersebut, shopee menawarkan ongkir yang lebih terjangkau, waktu pengiriman yang lebih cepat, serta fitur yang lebih andal.

Hal ini tidak hanya mempercepat proses pengiriman barang, tetapi juga meningkatkan keandalan dan akurasi pengiriman yang akhirnya berkontribusi terhadap peningkatan kepuasan pelanggan.

5. Jingle yang Memorable

Pernahkah kamu mendengar jingle Shopee yang bunyinya “Di Sho-pee pee pee pee pee pee pee, Di Sho-pee pee pee pee pee pee pee,” dengan nada seperti lagu Baby Shark?

Atau jingle iklan lain yang diperankan beberapa member JKT48 yang berbunyi “I want you (Shopee), I need you (Shopee), I Love You (Shopee), di dalam benakku,” dengan menggunakan nada lagu Heavy Rotation?

Jingle yang sangat mudah diingat dan catchy dapat meningkatkan brand awareness terhadap Shopee, serta mampu menciptakan efek recall yang kuat.

6. Program Affiliate Marketing

Strategi marketing Shopee selanjutnya adalah meluncurkan program affiliate marketing. Program ini memungkinkan konsumen untuk mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk Shopee.

Di media sosial, pasti kamu sering melihat ada pengguna yang mempromosikan suatu produk, kemudian menyisipkan link yang mengarah ke suatu laman produk di Shopee. Nah, inilah yang dinamakan affiliate.

Program ini membantu Shopee menjangkau audiens yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk iklan

Tak hanya menguntungkan affiliator, adanya program ini pun mendorong peningkatan trafik dan volume penjualan di Shopee.

7. Program Garansi Tepat Waktu

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, Shopee menawarkan program garansi tepat waktu yang menjamin bahwa pesanan akan tiba dalam jangka waktu tertentu.

Jika pesanan terlambat dari waktu yang ditentukan, konsumen berhak mendapatkan kompensasi berupa voucher diskon Rp10 ribu.

Tak hanya dapat memberikan kepastian pada konsumen mengenai waktu pesanan tiba, program ini juga mendorong penjual untuk memenuhi tenggat waktu pengiriman.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai macam-macam strategi pemasaran Shopee yang membuatnya unggul dibanding kompetitor.

Apakah artikel ini bermanfaat? Jika kamu ingin membaca artikel lain tentang strategi marketing brandbrand besar, yuk kunjungi website Stories from BRIEFER sekarang juga!