Apa itu PR Package? – Arti, Fungsi, Contoh, dan Tips Membuatnya

pr package in hands

Pernahkah kamu melihat influencer mengunggah foto tentang hadiah yang ia dapatkan dari suatu brand? Jika iya, kemungkinan besar itu adalah PR package.

Kini, di era serba media sosial, mengirim bingkisan semacam ini kepada influencer dapat bermanfaat meningkatkan exposure terhadap brand.

Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari lebih lengkap mengenai apa itu public relations package, yuk simak uraian selengkapnya di sini!

Apa itu PR Package?

PR package adalah paket yang dikirimkan oleh sebuah brand kepada pihak-pihak yang sekiranya mampu untuk mempromosikan produk mereka kepada publik.

‘Pihak-pihak’ di sini bisa influencer, selebriti, atau individu yang memiliki pengaruh besar, biasanya yang mempunyai media sosial dengan banyak followers.

Dengan mengirimkan PR package, maka harapannya pihak yang mendapatkannya akan memperkenalkan produknya ke media sosial, sehingga akan banyak orang yang tahu dan tertarik memakai produk tersebut.

Fungsi PR Package

Mengirimkan PR package kepada influencer, selebriti, atau sejenisnya dapat menjadi semacam simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Dengan memperoleh package ini, maka pihak yang mendapatkannya memperoleh akses lebih awal untuk mencoba produk baru dari suatu brand secara gratis.

Sementara itu, bagi brand, apabila paket khusus yang mereka kirimkan dipromosikan oleh influencer atau selebriti tersebut, maka kemungkinan besar hal itu akan berpengaruh pada tingkat penjualan.

Jadi, brand dapat memperoleh exposure yang tinggi berkat promosi tersebut tanpa adanya kontrak kerja sama layaknya endorsement.

Meskipun begitu, perlu dicatat bahwa karena ini bukan kerja sama endorsement, jadi sebenarnya tidak ada kewajiban bagi penerima untuk mempromosikannya.

Itulah mengapa, public relations package ini biasanya dikemas dengan semenarik mungkin agar peluang untuk diunggah di media sosial pun semakin besar.

Contoh PR Package

Jika kamu merupakan seorang penggemar K-pop, kamu mungkin tahu tentang kolaborasi brand kacamata Gentle Monster dengan Jennie Blackpink di proyek Jentle Salon.

Proyek Jentle Salon memperkenalkan koleksi JENNIE yang berisi boneka unicorn yang dihias dengan capybara, pita, dan hati, disertai dengan empat kacamata hitam.

Jennie x gentle monster

Saat peluncuran proyek tersebut, terdapat sejumlah influencer dan selebriti yang menerima PR package dari Gentle Monster, seperti contohnya Cardi B.

Tak hanya mendapat sorotan karena bekerja sama dengan Jennis, proyek Jentle Salon yang diluncurkan pun memperoleh exposure yang besar dari banyak influencer dan selebriti ternama berkat PR package.

Tips Membuat PR Package

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, public relations package harus didesain semenarik mungkin untuk meningkatkan peluang promosi dari penerimanya.

Tak hanya itu, package yang menarik juga akan membuat audiens atau orang yang melihatnya semakin tertarik untuk membeli produk tersebut.

Nah, jika kamu tertarik membuatnya, yuk simak beberapa tips berikut ini.

  1. Buatlah first impression yang bagus dengan mendesain kemasan paket yang menarik. Jangan lupa sertakan nama brand-mu dalam kemasan package
  2. Desain cara pengemasan yang unik, karena influencer umumnya akan membuat video unboxing untuk diunggah ke media sosial
  3. Personalisasi kembali paket yang akan dikirim, hindari mengirim hadiah yang terlalu basic atau sama dengan jika orang membelinya di pasaran. Buat mereka merasa istimewa
  4. Berikan kartu ucapan terima kasih disertai dengan kata-kata menyentuh sebagai bentuk apresiasi
  5. Cantumkan media kit atau sedikit informasi tentang brand dan produkmu agar penerima lebih mudah mengingat tentang brand-mu.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu PR package, mulai dari pengertian, fungsi, contoh, hingga tips-tips membuatnya.

Pada intinya, public relations package merupakan sebuah upaya marketing yang organik dengan cara mengirim hadiah kepada influencers atau selebriti.

Nah, jika kamu ingin mengirimkan PR package, pastikan mengikuti beberapa tips di atas agar peluang untuk dipromosikan semakin besar, ya!

Anyway, jika kamu ingin membaca artikel lain yang berhubungan dengan dunia public relations dan marketing, yuk kunjungi situs web Stories from BRIEFER sekarang juga!