KFC Marah-Marah Lewat Iklan? Ada apa nih?

Kalian masih ingat tidak  iklan KFC tentang kehabisan stok, tapi kesannya marah-marah? Iklan ini muncul di sebuah poster yang tersebar di mana-mana.

Bayangkan jika kamu bekerja sebagai public relations, dan membantu mewakili sebuah restoran yang berspesialisasi dalam makanan tertentu ketika tiba-tiba, restoran tersebut kehabisan makanan. Karena itu, lebih dari ratusan franchise gerai ini harus ditutup dalam semalam, yang tentu menghasilkan ribuan pelanggan yang marah dan bingung.. 

Apa yang akan kamu lakukan? 

Salah satu reaksi pertama yang akan dilakukan oleh banyak perusahaan atau individu adalah menyangkal masalah dan mengeluarkan permintaan maaf langsung tanpa mengakui kesalahan mereka secara formal.

Sebagian besar perusahaan akan mengeluarkan siaran pers dan kemudian bekerja untuk menyelesaikan masalah dengan segera dan mulai untuk membangun kembali kepercayaan pelanggan. Meskipun ini sepertinya pendekatan yang tepat untuk menangani krisis, karena ini yang paling umum, namun bukan berarti ini solusi terbaik.

KFC Inggris pada Februari 2018 merilis poster parodi dari brand-nya sendiri. Dalam poster berwarna merah tersebut dapat dilihat dengan jelas tulisan KFC yang biasanya terpampang di bucket khas-nya berubah susunan menjadi FCK. Sebuah akronim yang erat dikorelasikan dengan kata umpatan.

Source: vanschneider.com

Melalui poster tersebut KFC mengungkapkan kekesalannya sekaligus permintaan maaf kepada warga Inggris. Diberitakan ada 900 gerai KFC di Inggris yang ditutup karena kekurangan pasokan ayam. Hal tersebut terjadi karena adanya masalah pada distribusi bahan baku.

Strategi campaign KFC ini sendiri dapat dikategorikan ke antifragility strategy adalah dimana brand menghadapi sebuah kejadian dengan candaan yang ditujukan untuk brand itu sendiri. Tujuannya adalah tentunya untuk mengakui kesalahan yang diperbuat dan sekaligus  untuk mendapat simpati dari konsumen.

Antifragility sendiri di deskripsikan bahwa hal-hal yang justru meraup keuntungan dari menghadapi kekacauan, kekerasan, dan juga ketidakpastian karena ketika mereka diberi tekanan, mereka menjadi lebih kuat, bukan hancur.

Karena itu disimpulkan bahwa antifragile strategy memanfaatkan ketidakpastian tersebut sebagai daya untuk membuat KFC lebih kuat.

Dan benar saja, poster campaign KFC ini meraih juara campaign of the year pada Marketing New Thinking Awards pada tahun 2018. Selain itu, dari poster ini KFC juga menuai banyak pujian atas kejujuran dan transparansi serta keberanian untuk meminta maaf kepada para konsumen dan masyarakat pada umumnya.

Mau mencoba ikut strategi KFC, Briefee?