Serba Serbi Aktivitas Media Relations yang Biasa Dilakukan Oleh Public Relations

Di era yang semakin digital ini, reputasi perusahaan kian menjadi tantangan krusial bagi seorang public relations

Sebab, digitalisasi mendorong percepatan publikasi konten atau berita dalam media sosial, terutama ketika perusahaan sedang disandung isu-isu negatif. 

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi public relations. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan adalah menjalin media relations

Sekilas Tentang Media Relations

Media Relations merupakan aktivitas profesional yang dilakukan oleh public relations guna menjaga hubungan dengan media. Kenapa sih harus dijaga? 

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan perlu membangun hubungan baik dengan media, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Media massa berperan penting dan berpengaruh terhadap citra dan reputasi perusahaan. Sebab, media massa memiliki jangkauan audiens yang cukup luas. 

Oleh karena itu, apabila perusahaan mendapatkan pemberitaan negatif, tentu orang-orang dari berbagai daerah akan membangun image buruk terhadap perusahaan yang akhirnya mempengaruhi reputasi perusahaan. 

Ditambah lagi dengan karakteristik media massa yang dianggap memiliki kredibilitas tinggi dan dapat mengontrol opini atau pandangan publik. 

  1. Media massa dapat membantu perusahaan ketika mengalami krisis. Langkap ampuh meminimalisir resiko negatif ketika perusahaan sedang berhadapan dengan krisis adalah dengan memaparkan informasi secara transparan kepada publik. Nah, dalam situasi ini kekuatan media massa tentu diperlukan untuk mempercepat perluasan informasi sebelum timbul hoax yang dibuat oleh berbagai pihak.

Perlu diingat! Semakin cepat perusahaan menangani krisis, semakin minim resikonya untuk menghancurkan reputasi yang telah dibangun.

Apa Jadinya Kalau Misalnya Media Relations Tidak Berhasil Dilakukan/Gagal?

Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi bila perusahaan gagal melakukan media relations, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya liputan positif,
  • Peningkatan berita negatif, apabila terjadi isu
  • Peningkatan resiko hancurnya reputasi ketika krisis,

Beberapa resiko diatas menyadarkan kita bahwa aktivitas media relations merupakan aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan sebuah perusahaan. Sebab, hubungan yang akrab antara media dan perusahaan akan meningkatkan pemberitaan positif dan mengurangi potensi terbentuknya hoax. Pesan perusahaan juga dapat disampaikan dengan jelas dan tepat. 

Namun, seringkali pengelolaannya pun menjadi tantangan tersendiri. Kira-kira apa yang harus dilakukan ya! Simak, kelanjutannya di artikel ini ya!

Tips Mengelola Media Relations Dengan Baik

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan ketika perusahaan ingin mengelola media relations, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengiriman dokumen press release – harus memiliki news value dan insight baru, hindari yang terlalu hard-selling. Tapi, jangan dibombardir sekaligus ya! Sebab, hal itu akan mengganggu tugas jurnalis dan dianggap spamming
  1. Sesekali jaga hubungan dengan media layaknya seorang teman. Misalnya dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada jurnalis yang berulang tahun atau ketika media yang berulang tahun atau mendapatkan pencapaian tertentu, perusahaan juga dapat turut mengucapkan selamat. 
  1. Cara terbaik bagi agensi PR atau perusahaan untuk menjalin hubungan baik dengan media adalah dengan menjaga komunikasi, pertemuan santai, kegiatan berkumpul rutin, kolaborasi, dan dengan menghargai profesionalisme dan integritas profesi.

Butuh strategi media relations yang tepat dan sesuai? Coba visit briefer.id atau langsung hubungi hello@briefer.id untuk ceritakan permasalahan komunikasimu! Let’s collaborate now~ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *