Studi Kasus: Iklan Layanan Masyarakat Covid-19 oleh Pemerintah Singapura #TestTraceVaccinate

Let's test, trace, and vaccinate campaign

Saat wabah Covid-19 tengah melanda, pemerintah Singapura meluncurkan iklan layanan masyarakat yang bertajuk #TestTraceVaccinate.

Banyak yang menganggap bahwa iklan layanan masyarakat tersebut sangatlah kreatif, inspiratif, dan tentunya edukatif, sehingga patut ditiru pemerintah dari negara lain.

Lantas, apa yang bisa kita pelajari dari iklan tersebut? Artikel ini akan mengulas tuntas seputar strategi perancangan iklan yang dilakukan. Yuk, simak!

Tentang Iklan Layanan Masyarakat #TestTraceVaccinate

Pada 2 Juli 2021 lalu, Pemerintah Singapura meluncurkan sebuah kampanye iklan kreatif untuk meningkatkan awareness mengenai persiapan menghadapi new normal.

Menurut mereka, wabah Covid-19 tidak akan dengan mudah pergi dan menghilang. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan adalah mengubah pandemi menjadi sesuatu yang tidak terlalu mengancam.

Kampanye iklan bertajuk #TestTraceVaccinate tersebut memiliki konsep seperti video keselamatan sebelum penerbangan, dengan pramugari ditampilkan memberikan petunjuk atau arahan kepada penumpangnya.

Saat menonton iklan tersebut, kamu pastinya akan menangkap ‘jargon‘ yang coba disorot dalam video, yaitu “Let’s test. Let’s trace. Let’s vaccinate”

Kampanye iklan tersebut juga berisi pemberian informasi penting tentang cara tes Covid-19 sendiri di rumah, anjuran untuk selalu tracing lokasi diri melalui ponsel, serta melakukan vaksinasi.

Pesan-pesan dalam kampanye iklan tersebut tidak terdengar membosankan, melainkan disampaikan dengan menarik melalui nyanyian jingle yang memorable.

Tak hanya itu, terdapat beberapa selebriti asal Singapura yang juga tampil dalam iklan tersebut, di antaranya Annette Lee, Yung Raja, Ng Ming Wei, Mark Lee Kok Huang dan Siti Khalijah.

Pada akhir video, terlihat Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, memberikan pesan singkat berisi:

“Dalam kondisi new normal, Covid-19 tidak akan mendominasi kehidupan kita. Untuk menjaga keselamatan masyarakat, sembari membuka kembali (akses dari/ke luar negeri) secara bertahap, kita harus melakukan penelusuran (tracing), kita harus melakukan vaksinasi.”

Bagaimana Respon Publik?

Berkat nyanyiannya yang catchy dan memorable, iklan layanan masyarakat tersebut mendapat banyak pujian dari warganet.

Pasalnya, ketika negara lain masih kewalahan menghadapi kasus Covid-19 yang kian meningkat, Singapura sudah berfokus untuk menghadapi new normal.

Tak jarang pujian yang disampaikan berasal dari warga mancanegara, seperti Indonesia, Australia, dan Filipina.

Warga Indonesia sendiri banyak menyorot tentang penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Indonesia yang dirasa belum maksimal.

Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Iklan Layanan Masyarakat Covid-19 Pemerintah Singapura?

Dari studi kasus di atas, ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil, yaitu:

1. Penyampaian Pesan yang Kreatif dan Jelas

Iklan layanan masyarakat dari Pemerintah Singapura tersebut dirancang dengan konsep yang unik diiringi dengan jingle yang catchy tetapi tetap to-the point.

Alhasil, tak hanya berhasil menarik perhatian masyarakat, kampanye iklan tersebut juga membuat pesan menjadi lebih mudah diingat dan dipahami

Dengan pendekatan yang inovatif ini, kampanye #TestTraceVaccinate menunjukkan bagaimana komunikasi yang efektif bisa mempengaruhi perilaku dan sikap publik secara positif.

2. Bersifat Positif dan Proaktif

Iklan layanan masyarakat #TestTraceVaccinate mencerminkan sikap yang positif dan proaktif dari Pemerintah Singapura dalam menangani kasus Covid-19

Dengan begitu, masyarakat pun dapat lebih aware mengenai langkah apa yang harus diambil untuk menghadapi new normal.

Alhasil, tak hanya mengedukasi, iklan tersebut juga membentuk citra dan reputasi positif dari publik terhadap Pemerintah Singapura akan kesigapan mereka dalam penanganan Covid-19.

Hal ini ada baiknya juga dicontoh oleh perusahaan dari berbagai sektor, terutama dalam hal komunikasi krisis untuk membangun kepercayaan pelanggan dan publik.

So, what’s your opinion with these public service announcement, Briefee?

Jika perusahaanmu membutuhkan spesialis PR untuk penanganan krisis perusahaan atau peluncuran kampanye PR, segera hubungi Briefee untuk tersambung dengan para praktisi PR berpengalaman kami!