5+ Pekerjaan Freelancer Dengan Gaji Tertinggi di Tahun 2024

Belakangan ini, banyak orang berlomba-lomba ingin berkarir menjadi seorang freelancer. Alasan utamanya adalah karena ingin mengejar fleksibilitas dalam pekerjaan. 

Namun, tak jarang juga beberapa orang memilih untuk menjadi freelancer sepenuhnya karena potensinya dalam mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi. 

Dilansir dari Upwork, ada beberapa pekerjaan freelancer yang memiliki gaji tertinggi di tahun 2024. Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya!

Public Relations Manager

Setiap klien tentu membutuhkan tenaga PR profesional guna membangun strategi peningkatan citra dan reputasi yang lebih optimal. 

Biasanya tugas utama dari seorang freelancer public relations adalah penulisan rilis, membangun media relations, media monitoring, hingga manajemen krisis. 

Penghasilannya berkisar antara Rp500.000-Rp1.500.000 per jam dan perkiraannya profesi ini akan bertumbuh sebesar 8% pada tahun 2031. 

Artificial Intelligence (AI) professional

Penggunaan AI yang semakin marak tentu membuat demand terkait tenaga profesional bidang artificial intelligence dan machine learning semakin tinggi.

Biasanya tugas utama dalam bidang ini adalah membantu klien mengoptimalkan teknologi AI agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Gaji seorang freelance AI professional dapat berkisar hingga puluhan juta rupiah per proyek.

Data Analyst 

Tugas utama dari seorang data analyst adalah melakukan analisa terhadap berbagai data klien, lalu kemudian memberikan keputusan yang strategis berdasarkan hasil analisa. 

Seringkali, keputusan yang diberikan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis klien. Oleh karena itu, posisi ini menjadi sangat krusial bagi sebuah bisnis. 

Rata-rata penghasilan freelancer dari profesi ini berkisar antara Rp300.000-Rp800.000 per jam dan perkiraannya profesi ini akan bertumbuh sebesar 23% antara tahun 2021 dan 2031. 

Content Strategist

Media sosial kini memiliki peranan yang cukup besar terhadap kelangsungan bisnis kedepannya. 

Oleh karena itu, strategi konten dalam media sosial harus disusun dengan baik agar mampu mendatangkan potential customer yang dapat dikonversi menjadi sales. Nah, salah satu profesi yang memiliki tanggung jawab tersebut adalah content strategist

Adapun penghasilan dari profesi ini berkisar antara Rp500.000-Rp1.000.000 per jam. Profesi ini cocok untuk freelancer yang ingin memulai karir dalam media digital dan paham dengan tren dalam media sosial.

Social Media Manager

Tugas utama dari seorang social media manager adalah membantu klien dalam mengelola dan mengoptimalkan kinerja media sosial. 

Biasanya seorang freelancer social media manager akan memegang beberapa platform media sosial sekaligus. Sehingga, dibutuhkan kemampuan untuk memahami karakteristik dari masing-masing platform agar strategi yang dibangun tepat sasaran. 

Rata-rata penghasilan yang didapatkan dari profesi ini berkisar antara Rp200.000-Rp500.000 per jam dan bidang ini diperkirakan akan tumbuh sekitar 10% hingga 2031.

Digital Marketing Consultant

Tugas utama dari seorang digital marketing consultant adalah memberikan masukan terhadap strategi pemasaran digital yang telah dilakukan oleh klien. Nantinya, masukan yang telah didapatkan akan diterapkan oleh klien untuk mengoptimalkan kinerja pemasaran digital yang telah dijalankan. 

Untuk profesi ini, rata-rata penghasilan yang didapatkan berkisar antara Rp250.000-Rp700.000 per jam dan bidang ini diproyeksikan akan bertumbuh sekitar 10% antara tahun 2021 dan 2031. 

Web Designer

Adapun tugas utama dari profesi ini adalah merancang/mendesain interface dari website klien agar semakin menarik. Namun, dalam beberapa proyek, kamu juga harus menguasai keterampilan dalam bahasa pemrograman seperti Java Script atau Phyton. 

Disesuaikan dengan pengalamannya, penghasilan yang akan didapatkan berkisar antara Rp250.000 hingga Rp500.000 per jam dan bidang ini diproyeksikan akan bertumbuh sebesar 23% pada 2031.

Briefee tertarik untuk menjadi seorang freelancer, tapi bingung mulai dari mana? Yuk, kunjungi briefer.id dan coba gabung jadi kolaborator aja! Good luck~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *