Kenali Apa Itu Storytelling Brand Endorsement dan Contohnya

Saat ini, celebrity brand endorsement merupakan aktivitas promosi yang cukup populer untuk dilakukan. Sebab, selebritas terkadang memiliki kekuatan tersendiri dalam meningkatkan penjualan produk sebuah brand.

Hal ini tentu dipengaruhi oleh kreativitas selebritas dalam mengemas sebuah konten promosi produk. Nah, sebagian besar selebritas saat ini lebih banyak menggunakan teknik storytelling sebagai teknik berpromosi sebuah produk. 

Lho, Emang Bisa Endorse Dengan Model Storytelling

Jawabannya bisa dong! Promosi dengan model storytelling malah dianggap lebih efektif, terutama bila target audience-nya merupakan Gen Z. 

Promosi dengan model ini akan membuat kegiatan promosi menjadi lebih natural dan menyenangkan. Seringkali, audience yang menonton konten tersebut akan terbuai duluan dengan cerita yang disampaikan dan tanpa sadar telah terpapar konten promosi.

Lalu, Apa Aja Contohnya?

Ada beberapa selebritas/influencer yang sering menerapkan model ini ketika mendapatkan endorse dari berbagai brand, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Natasha Surya 
@natasha.surya

ini penyiksaan bumil ini, bukan relaksasi😂 hamil anak cewe beda bgt ya 🤡 skrg semua mau nya serba online aja, ga kuat seng. TokopediaNOW! ajib bgt buat dipake belakangan

♬ Teman Tapi Menikah – Dengarkan Dia

Natasha Surya merupakan seorang content creator yang juga berprofesi sebagai affiliator di TikTok. Jadi, kesehariannya Natasha membuat berbagai konten review mengenai satu produk atau jasa. Nah, uniknya, seringkali natasha mengaitkan produk yang akan dipromosi dalam kehidupan kesehariannya. 

Sekilas tak terlihat seperti promosi kan? Apabila hanya menonton konten secara sekilas saja, kamu pasti akan berpikiran bahwa Natasha hanya bercerita mengenai permasalahan dia saat kehamilan keduanya. Namun, setelah menonton kontennya sampai selesai, ternyata dia menyelipkan promosi mengenai Tokopedia Now yang membantu dia untuk memenuhi kebutuhan keluarganya selama masa kehamilan. 

Itulah yang disebut sebagai teknik storytelling dalam endorse. Natasha tak hanya menjelaskan benefit dan fitur Tokopedia Now secara gamblang, tetapi Natasha menyusun cerita apa yang dapat dikaitkan dengan layanan tersebut supaya audiens betah menonton konten tersebut sampai selesai. 

Selain dari sisi cerita yang dibangun, pembawaannya yang tenang dan tidak terlalu melebih-lebihkan layanan membuat audiens merasa bahwa konten review dia merupakan review jujur dengan kredibilitas yang dapat dipertanggungjawabkan. 

  1. Agustinus Michel

Agustinus Michel yang lebih akrab disapa dengan panggilan pak Agus merupakan seorang content creator yang juga menjadi co-founder dari Mee Temen dan Creative Capital Jakarta. Sama seperti Sang Istri Natasha Surya, Agustinus Michel juga menggunakan teknik storytelling ketika melakukan endorse sebuah produk. 

Salah satu contoh kontennya adalah seperti video diatas. Awalnya dia hanya bercerita mengenai mana yang harus diprioritaskan apakah ibu, istri atau anak. Namun, seiring dengan cerita tersebut berjalan, dia kemudian mempromosikan panci yang biasa dia pakai untuk memasak makanan kesukaan Sang istri. 

  1. Rinaldy Alexander

Rinaldy Alexander atau yang akrab disapa dengan panggilan naldy ini juga menggunakan model storytelling ketika mendapatkan endorse produk. Salah satu contohnya adalah seperti video diatas. 

Konten rutin dari Rinaldy sendiri biasanya ber-genre komedi, sehingga storytelling dari konten Rinaldy seringkali berupa konten-konten POV yang dekat dengan keseharian kita. Nah, dari hal itu, Naldy pun kemudian menerapkan hal yang sama ketika dia mendapatkan endorse dari brand. Alhasil, banyak audiens yang tak hanya terhibur dengan konten, tapi juga terpapar dengan konten promosi tersebut. 

Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk, kunjungi laman Stories From Briefer dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *