3+ Alasan Mengapa Press Release Penting Ketika Krisis Perusahaan

Ketika perusahaan sedang dilanda krisis, menjaga iklim komunikasi agar tetap kondusif merupakan hal yang paling penting. Salah satu alat krusial dalam strategi komunikasi krisis adalah press release. Ada beberapa alasan mengapa press release penting ketika komunikasi krisis. Yuk, simak artikel ini hingga selesai ya!

Saluran Informasi Kepada Stakeholders 

Biasanya press release akan memuat berbagai informasi yang telah disusun dengan narasi yang sedemikian rupa. Oleh sebab itu, ketika sedang mengalami krisis, press release merupakan alat yang efektif untuk menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada para stakeholders, khususnya media dan publik. 

Press release juga dapat menjadi satu langkah preventif untuk mencegah terjadinya penyebaran hoax yang beresiko mengancam image dan reputasi perusahaan.  

Sarana Membangun Komunikasi yang Transparan

Selain sebagai alat untuk menyampaikan informasi, press release juga menjadi sarana untuk menunjukkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan. Dengan membuat press release, perusahaan sebenarnya telah berkomitmen untuk membangun komunikasi yang terbuka dan transparan kepada para stakeholders.

Tentunya, komunikasi yang transparan ini dapat memperkuat keyakinan dan mengembalikan kepercayaan para stakeholders yang telah rusak akibat krisis. Selain itu, keterbukaan perusahaan terhadap krisis juga dapat membantu perusahaan mengurangi dampak yang membahayakan citra perusahaan.

Alat Untuk Manajemen Citra & Reputasi Perusahaan

Press release juga dapat memainkan peran sebagai alat manajemen citra dan reputasi perusahaan selama krisis. Dengan menggunakan narasi yang telah disusun dengan baik, perusahaan dapat menyampaikan komitmennya dalam menangani krisis, melakukan perbaikan dan berjanji untuk mencegah insiden serupa. 

Nantinya, melalui rilis tersebut perusahaan bisa mendapatkan liputan positif dari media yang berguna untuk menyelamatkan citra dan reputasi perusahaan serta mengembalikan kepercayaan publik.

Sebagai Bentuk Kepatuhan Hukum

Dalam beberapa kasus, perusahaan memiliki kewajiban hukum untuk mengungkap berbagai informasi kepada publik, terutama untuk krisis yang berkaitan dengan operasi atau kinerja keuangan perusahaan. Nah, cara pengungkapannya adalah melalui press release tentunya. 

Melalui press release, stakeholders dapat memastikan bahwa perusahaan berkomitmen menjalankan kewajiban hukumnya secara menyeluruh dan bekerjasama dengan pihak yang berwenang.

Nah, sudah tau kan betapa pentingnya press release untuk perusahaan ketika krisis? Butuh bantuan dalam penulisannya? Yuk, kunjungi website Briefer.id atau hubungi email kami di hello@briefer.id sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *