Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024, Ketahui Sebelum Mudik!

people drivings cars city street

Apakah kamu berencana untuk mudik lebaran? Jika iya, ketahui dulu prediksi puncak arus mudik lebaran 2024 sebelum berangkat.

Mengetahui kapan puncak arus mudik memungkinkanmu dapat merencanakan waktu keberangkatan secara lebih cermat.

Artikel berikut akan memberikanmu informasi mengenai prediksi puncak arus untuk mudik lebaran tahun ini yang dirangkum dari beberapa sumber. Yuk, simak!

Kapan Mulai Libur Lebaran 2024?

Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 855 Tahun 2024, pemerintah telah menetapkan jadwal libur dan cuti bersama lebaran.

Menurut SKB tersebut, ada total 6 (enam) hari libur untuk momen Idul Fitri tahun ini. Namun, apabila dijumlahkan dengan akhir pekan, maka jumlahnya hingga mencapai sepuluh hari.

Adapun hari libur dan cuti bersama lebaran tahun ini dimulai dari Hari Sabtu, 6 April 2024 hingga Senin, 15 April 2024.

Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Menurut sebuah sumber, prediksi puncak arus mudik lebaran terjadi saat hari kerja terakhir, yaitu Jumat, 5 April 2024.

Sumber yang lain mengungkap bahwa prediksi arus mudik lebaran adalah mulai Hari Minggu, 7 April 2024 atau Hari Senin, 8 April 2024.

Untuk di Pelabuhan Merak, Banten, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkirakan puncak arus mudik jatuh pada H-4 lebaran, yaitu pada Hari Sabtu, 6 April 2024.

Sementara itu, prediksi puncak arus mudik via kereta api diperkirakan jatuh pada tanggal 8 dan 9 April 2024, menurut Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa arus mudik mencapai puncaknya diperkirakan mulai dari Hari Jumat, 5 April 2024 hingga Selasa, 9 April 2024.

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024

Sebelum pergi mudik, alangkah baiknya untuk memerhatikan beberapa hal agar perjalanan menjadi lancar. Berikut beberapa tipsnya.

1. Update Akan Informasi

Sebelum berangkat mudik, kamu perlu mencari terlebih dahulu informasi penting untuk di perjalanan, seperti tarif tol, jadwal ganjil-genap, daftar rest area, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastikan juga untuk mencari informasi tentang kondisi lalu lintas, perkiraan cuaca, dan titik-titik rawan macet yang dapat memengaruhi perjalanan mudik.

Dengan mengetahui informasi tersebut, kamu dapat membuat strategi perjalanan yang lebih efektif dan menghindari kemacetan yang tidak perlu.

2. Persiapkan Obat-Obatan

Selama di perjalanan, biasanya banyak pemudik yang mengalami masalah kesehatan, seperti mabuk perjalanan, diare, hingga gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan obat-obatan pribadi saat mudik untuk mengatasi masalah kesehatan yang ringan.

Namun sebaiknya, pastikan bahwa tubuhmu sedang dalam kondisi fit saat akan berangkat mudik untuk mengantisipasi munculnya masalah kesehatan.

3. Pertimbangkan Waktu Mudik

Banyak pemudik yang lebih memilih untuk mudik di siang hari karena merasa lebih aman. Padahal, mudik di malam hari juga bisa dipertimbangkan, lho.

Sebab, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika kamu memilih mudik di malam hari, seperti terhindar dari kemacetan yang parah, cuaca yang lebih sejuk, serta keleluasaan untuk makan karena tidak berpuasa.

Namun, pastikan bahwa badanmu dalam kondisi bugar sebelum berangkat mudik di malam hari agar tidak mengantuk saat mengemudi.

Itulah dia uraian lengkap mengenai prediksi arus mudik lebaran 2024 beserta beberapa tips mudik yang perlu diperhatikan.

Pada intinya, kapan pun kamu mudik, pastikan bahwa tubuhm benar-benar dalam kondisi yang fit untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat di perjalanan. Selamat mudik, Briefee!

Baca juga: