BRIEFER Rilis Kajian Awal Tentang Masa Depan Platform Kerja dan Pekerja Lepas di Indonesia

Bali, 26 Oktober 2023 — BRIEFER mempublikasikan kajian awal yang berjudul “The Rise of Platform Work on Communication Industry in Indonesia: Understanding The Ecosystem” dalam acara International Conference of Communications & Media 2023 (ComNews 2023) yang diselenggarakan oleh Universitas Multimedia Nusantara pada 25/10/23 di Sanur, Bali.

Founder sekaligus Chief Executive Officer BRIEFER, Aditya Sani mengungkapkan “Ada beberapa tantangan yang harus diatasi dalam ekosistem pekerja lepas di industri komunikasi Indonesia, diantaranya adalah kurangnya kajian-kajian yang mendalam, tidak adanya regulasi yang mengatur standar biaya dari jasa yang ditawarkan, tidak adanya kepastian kesejahteraan dan perlindungan sosial,  serta sistem pembayaran yang kurang aman.”

Badan Pusat Statistik mencatat Indonesia memiliki 33,34 juta pekerja lepas di tahun 2020. Sayangnya, data tersebut tidak menunjukkan industri yang ditopang oleh pekerja lepas, dan cenderung bersisipan dengan pekerja paruh waktu dari sektor informal dan pekerja temporer dari sektor perkebunan dan ekstraksi. “Kami berharap dapat berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, dan minimal melakukan kolaborasi kajian agar dapat memberikan solusi dan teknologi yang lebih tepat guna bagi pekerja dan pengguna jasa pekerja lepas,” tutur pria yang akrab dipanggil Sani tersebut.

Di tempat yang sama, Celixa Yovanka, Communications Lead BRIEFER mengungkapkan, “Platform kerja ini menjadi game changer terutama bagi pekerja lepas di industri komunikasi Indonesia. Selain menghadirkan fleksibilitas kerja yang baik, platform kerja memiliki potensi untuk mendukung pemerataan kesempatan kerja antar daerah. Studi ini dapat mendukung dalam membuat kebijakan untuk menimbang arah selanjutnya guna mendorong pekerja lepas mendapatkan hak pekerja yang lebih baik lagi.”

Seperti yang diketahui, BRIEFER adalah platform kerja yang didedikasikan untuk para profesional dan spesialis di industri komunikasi. Platform ini menyediakan layanan konsultasi untuk berbagai sektor dan organisasi dengan fitur utama pencocokan yang akan memasangkan klien mereka dengan spesialis yang tepat berdasarkan karakteristik proyek.

Hasil studi yang telah dipublikasikan ini dapat diakses dengan mudah melalui stories.briefer.id. 

“Kami berharap kajian awal ini dapat memperluas pemahaman publik tentang masa depan kerja dan kesempatan positif yang dihadirkan platform kerja bagi para pekerja lepas komunikasi di Indonesia” jelas Aditya.

Sebagai informasi, ComNews 2023 adalah sebuah panggung intelektual bagi para ahli, peneliti, praktisi dalam bidang komunikasi dan teknologi untuk memaparkan penelitiannya akan potensi dan masa depan dunia komunikasi yang terus berkembang. Acara ini bertujuan untuk menggali isu-isu penting yang berkaitan dengan perubahan dalam teknologi dan dampaknya terhadap komunikasi.

Anda dapat melihat publikasi risetnya dengan mengunduh file-nya di bawah ini.

Tentang BRIEFER

Briefer, platform kolaborasi bagi para praktisi di industri komunikasi yang berfokus pada bidang public relations, brands dan industri komunikasi terkait lainnya. Briefer.id merupakan unit strategis dari IGICO Advisory, perusahaan jasa konsultasi manajemen komunikasi yang sedang membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menumbuhkan manajemen komunikasi yang sehat di era digital. Melalui Briefer.id, IGICO Advisory berharap dapat membangun kolaborasi lintas stakeholder dalam ekosistem komunikasi yang sehat, kredibel, komprehensif dan efektif.

Kontak Media

Celixa Yovanka, Communication Lead (celixa@briefer.id/ 081 281 800 138)