Begitu Digemari, Apa Motif Remaja Follow Akun Twitter @tubirfess?

Mungkin Briefee sudah tidak asing dengan media sosial yang satu ini. Muncul tahun 2006 dengan konsep microblogging, saat ini Twitter jadi salah satu media sosial terpopuler di dunia. Bahkan, di Indonesia ada 17,55 juta pengguna Twitter (Statista.com, 2021). Dengan jumlah tersebut, Indonesia jadi negara pengguna Twitter terbanyak ke enam di dunia dan bahkan pengguna Twitter di Indonesia didominasi oleh para remaja. 

Twitter, yang merupakan new media memungkinkan penggunanya untuk berkreasi guna memenuhi kebutuhan masing-masing. Sehingga, munculnya inovasi dari pengguna media sosial bukanlah hal yang mustahil. New Media adalah media yang memberikan digitalisasi hingga interactivity pada pengguna untuk dapat memilih serta mengontrol informasi apa yang ingin dikonsumsi (Flew, 2002). 

Lalu apa contoh dari New Media? Yap media sosial.

Mcquail menyebutkan bahwa media sosial adalah platform media yang terfokus akan keberadaan dari pengguna untuk berinteraksi dengan berbagai motif seperti Motif Informasii, Motif Identitasi Pribadi, Motif lntegrasi dan lnteraksi Sosial, serta Motif Hiburan. Motif dalam penelitiani ini disebut Gratification Sought (SG). 

Individu yang menggunakan  media mempunyaii pilihan alternatifi untuk melakukan pemuasan kebutuhannya atau keinginan yang baik dan buruk, yang biasa dikenal dalam teori uses and gratification. Hal ini dibuktikan dengan adanya fitur autobase yang ada di platform Twitter. 

Saat ini fitur autobase menjadi salah satu fitur yang muncul di Twitter karena pemanfaatan penggunanya (Syam & Maryani, 2019). Diketahui, akun Twitter yang memiliki fitur autobase sangat populer di kalangan kaum muda pengguna Twitter. 

Lantas, apa sebenarnya akun autobase itu dan mengapa banyak orang mengikutinya?

Akun autobase merupakan akun yang mempunyai fitur layanan pesan langsung otomatis. Pengguna hanya perlu mengirim pesan lewat fitur DM ke akun autobase agar pesannya bisa diunggah di linimasa akun tersebut (Dewi K.A, et al. 2022). 

Lalu yang membuat orang-orang menggunakan autobase karena pengguna tidak perlu menunjukkan identitas saat mengirim pesan atau disebut pesan anonim. Pesan yang dikirimkan ke akun autobase akan dapat dilihat oleh pengikut akun autobase dan seluruh pengguna Twitter namun yang digemari para pengirimnya yaitu karena, pengirimnya tidak disebutkan. 

Salah satu akun autobase Twitter yang punya pengikut terbanyak di Indonesia adalah akun @tubirfess. Bergabung di Twitter pada tahun 2017, akun @tubirfess telah memiliki 678.8 K pengikut (Dewi K.A, et al. 2022).

Berbeda dengan akun autobase lainnya yang fokus pada topik tertentu, akun @tubirfess justru mengangkat topik umum. Meski tidak memiliki topik khusus, unggahan akun @tubirfess selalu banyak mendapatkan respon berupa retweet hingga replies (Dewi K.A, et al. 2022).

Peran aktif pengikut akun @tubirfess sejalan dengan teori uses and gratification yang diungkapkan Elihu Katz, Jay G. Blumer dani Michael Gurevitch yaitu pengguna media berperan aktif dalam memilih dan memanfaatkan media untuk memenuhi kebutuhannya. 

Tentunya, terdapat beragam jenis kepuasan yang hendak dicapai individu saat menjadi pengikut akun @tubirfess. 

Berlandaskan pada empat motif yang dijelaskan oleh McQuail, Dewi, K., Gelgel, N., dan Suryawati, I. (2022) menemukan motif tertinggi yang mendorong remaja mengikuti akun autobase Twitter @tubirfess adalah motif informasi.

Motif informasi dilandasi oleh rasa ingin tahu terhadap kejadian yang terjadi di sekitarnya. Selain menambah pengetahuan, motif remaja mem-follow akun autobase @tubirfess untuk mengukuhkan pendapat ataupun pengambilan keputusan. (Dewi K.A, et al. 2022). 

Lalu yang kedua adalah motif hiburan karena dorongan untuk melepaskan rasa bosan, jenuh, serta dorongan untuk menghabiskan waktu luang. Pada posisi ketiga dan keempat ada motif integrasii dan interaksi sosial lalu diikuti motif identitas pribadi.

Maka dari itu, Dewi, K., Gelgel, N., dan Suryawati, I. (2022) mempercayai bahwa akun autobase @tubirfess memiliki konsep sebagai wadah diskusi para pengikutnya di Twitter 

Jadi kesimpulannya, para remaja yang memfollow akun twitter @tubirfess yaitu karena mereka haus akan informasi (information seeking) mengenai kejadian-kejadian yang terjadi pada lingkungan sekitar serta ingin berinteraksi dengan para pengikut lain.

Apakah kamu juga mengikuti akun autobase di twitter, Briefee?

Baca artikel jurnal ini secara lebih lengkap disini!