Employee Relations, Bagaimana Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan?

Karyawan merupakan aset perusahaan yang perlu dijaga. Tanpa adanya karyawan, sebuah perusahaan tidak akan bisa berkembang dan bertumbuh maka dari itu penting untuk menjaga hubungan yang harmonis antar sesama karyawan maupun ke atasan.

Apabila sebuah perusahaan mampu mengelola hubungan internal dengan baik, kondisi perusahaan menjadi harmonis sehingga dampaknya ada pada hasil kerja karyawan yang berdampak positif.

Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan membangun sebuah komunikasi yang baik, antara pimpinan karyawan atau antar karyawan perusahaan, salah satunya dengan menerapkan strategi employee relations.

Employee relations memiliki pengertian sebagai proses pengelolaan komunikasi antar karyawan untuk menciptakan situasi dan kondisi yang harmonis dan menguntungkan dalam lingkungan kerja. 

Lalu, apasih tujuan dari adanya employee relations?

1. Meningkatkan motivasi karyawan

Tujuan pertama adanya employee relations yaitu untuk meningkatkan motivasi karyawan. Motivasi karyawan dapat dibangun dengan hubungan antar sesama karyawan yang baik misalkan dengan melalui komunikasi atau kolaborasi dalam pekerjaan.

Selain itu, memberikan bonus bagi karyawan yang achieved goals juga dapat menjadi metode terbaik untuk meningkatkan motivasi karyawan lho. 

2. Membuat karyawan merasa aman dan nyaman

Kedua, adanya penerapan employee relations yaitu untuk membuat karyawan merasa nyaman dan aman saat bekerja di perusahaan. Mengapa ini penting?

Karena karyawan yang merasa tidak aman atau nyaman, performa kerjanya akan menurun dan ini tentu dapat memengaruhi kualitas pekerjaan yang mereka hasilkan.

3. Menciptakan Sense of Belonging

Sense of belonging yang dimiliki oleh karyawan dapat meningkatkan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan lho Briefee karena, mereka merasa diterima sebagai bagian dari suatu kelompok.

Lalu, hal ini juga dapat membuat diri mereka bekerja lebih giat untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

4. Menghindari terjadinya turn over

Employee relations merupakan kunci untuk mengatasi masalah turnover karyawan yang berlebihan dalam sebuah perusahaan. Turnover berlebih adalah salah satu faktor yang membuat perusahaan tidak mampu bertahan lama makanya jangan sampai hal ini terjadi ya!

5. Meningkatkan employee engagement

Terakhir, employee relations juga dapat mempengaruhi employee engagement atau keterlibatan karyawan. Hal ini karena hubungan antar karyawan yang harmonis akan membuat mereka menjadi nyaman. Jika sudah demikian, secara alami karyawan akan terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan dan juga akan lebih aktif dalam memberikan ide.

Nah Briefee, dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang berhasil membuat hubungan baik dengan karyawan memungkinkan para karyawan memberikan kinerja yang optimal demi kesuksesan perusahaan. Karena alasan itu pula, maka perusahaan perlu menerapkan strategi employee relations dengan baik.

Cek selalu stories.briefer.id untuk berbagai artikel tentang industri komunikasi, tips and trick, study case, seputar dunia pekerjaan dan lainnya. See ya!