Yakin Bisnis Kamu Butuh Influencer Marketing? Yuk Cari Tahu!

Media sosial yang terus berkembang pesat membuat bisnis harus dapat beradaptasi dan berkembang di era digital ini. Karena terus berkembang hal tersebut membuat munculnya strategi pemasaran baru yaitu influencer marketing.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Werner geyser pada tahun 2023, 83% responden percaya bahwa influencer marketing is an effective form of marketing sehingga saat ini influencer marketing masih mendapatkan respon yang positif.

Tapi apakah semua bisnis memerlukan influencer marketing? jawabannya belum tentu Briefee.

Sebelum menggunakan jasa para Influencer, kamu terlebih dahulu harus mengetahui tujuan yang ingin dicapai dalam hal promosi bisnismu serta bisnis apa yang kamu tawarkan. Jangan sampai budget bisnis mu terbuang sia-sia namun tujuannya tidak tercapai.

Sebelum berlanjut, mari kita bahas sekilas tentang pengertian dari influencer marketing.

Influencer marketing merupakan strategi pemasaran menggunakan jasa Influencer yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena pengetahuan yang dimiliki serta rasa percaya para audiensnya.

Influencer sendiri terbagi menjadi 4 yaitu:

· Mega-influencers:  >1 juta followers 

· Macro-influencers: 40.000-1 juta followers 

· Micro-influencers: 1.000-40.000 followers 

· Nano-influencers: <1.000 followers 

Mari berlanjut mengenai alasan mengapa semua bisnis belum tentu memerlukan influencer marketing.

Apabila tujuanmu menggunakan influencer marketing yaitu untuk meningkatkan brand awareness, untuk meningkatkan penjualan sesuai niche market yang ditentukan dan menciptakan word of mouth maka itu adalah pilihan yang tepat.

Tetapi jika kamu memanfaatkan influencer marketing untuk menyorot dan memperkuat reputasi perusahaan, lebih baik melibatkan orang-orang yang ahli di industri. Siapa saja dan bagaimana contohnya?

Misalnya perusahaan keuangan yang sedang ingin mengedukasi masyarakat mengenai keberadaan berbagai sistem pembayaran. Maka sebaiknya pilihlah orang yang ahli atau memiliki pengetahuan di bidang tersebut supaya lebih kredible dalam menjelaskan pada publik.

Orang-orang tersebut belum tentu memiliki pengikut banyak di media sosial, tapi mereka sudah pasti memiliki kompetensi pemahaman yang dapat dijadikan opini utama di media massa.

Nah setelah membaca, apakah influencer marketing memang cocok untuk bisnismu?

Bisnismu butuh konsultansi terkait strategi komunikasi maupun promosi? BRIEFER siap membantu dengan berbagai spesialis komunikasi di berbagai industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *