Kehilangan loyalitas pelanggan? Mungkin ini penyebabnya…

Pelanggan merupakan aset penting dalam berbisnis. Memiliki pelanggan yang loyal terhadap bisnis kita tentu menjadi sebuah anugerah karena, pelanggan adalah kunci utama dalam keberhasilan sebuah bisnis.

Maka dari itu penting untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Membuat pelanggan menjadi loyal dan ingin kembali untuk membeli produk atau memakai jasa kita tentu lebih sulit ketimbang memperoleh pelanggan baru.

Briefee, saat ini cukup banyak lho brand luar yang kehilangan loyalitas pelanggannya karena pelanggannya beralih ke local brand.

Pertanyaannya, mengapa loyalitas pelanggan bisa menurun?

Pada artikel Harvard Business Review, McKinsey mengatakan bahwa loyalitas pelanggan menurun bisa disebabkan oleh kurangnya pemahaman diberbagai kontak media bukan oleh ketidakpuasan pelanggan dari satu interaksi.

Maka dari itu kita perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Dalam jurnal milik Wijayanto 2013, beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu:

1. Kualitas produk

Perusahaan yang tidak memperhatikan kualitas produk yang ditawarkan tentu akan menanggung resiko kehilangan loyalitas pelanggan. Produk dikatakan berkualitas jika bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan yang diharapkan oleh konsumen.

Apabila konsumen menemukan kualitas yang lebih baik dari produk langganannya, tentu ia akan beralih. Jika menemukan kualitas yang sama dengan harga yang lebih murah siapa yang tidak tergoda untuk beralih?

2. Promosi yang bagus

Selain kualitas yang ditawarkan harus bagus, perusahaan juga perlu untuk melakukan promosi. Karena dengan promosi yang bagus, perusahaan dapat menyebarkan informasi dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Promosi bukan hanya soal diskon besar-besaran, tapi kamu bisa melakukan free trial atau paket bundling produk.

3. Citra

Persepsi pelanggan sangat dikondisikan oleh citra dari brand. Konsumen yang memiliki impresi dan kepercayaan yang tinggi terhadap suatu produk maka tidak akan berpikir panjang untuk membeli dan menggunakan suatu produk bahkan mungkin akan menjadi pelanggan yang loyal. Jadi, citra brand harus selalu dipertahankan dengan baik agar loyalitas pelanggan tidak hilang.

Briefee, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa salah satu penyebab menurunnya loyalitas pelanggan bisa disebabkan karena konsumen yang menemukan kualitas produk lebih baik dari produk langganan mereka atau harga produk yang lebih murah namun dengan kualitas sama.

Itu dia pembahasan mengenai artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin mempertahankan loyalitas pelanggan. Jika kamu membutuhkan bantuan para profesional untuk kemajuan brand atau bisnis mu, segera hubungi Briefer.id 

BRIEFER merupakan platform bagi para pekerja lepas spesialis komunikasi yang telah terakurasi sehingga dapat membantu brand atau bisnis mu lebih optimal.