Salah satu media promosi yang sering digunakan untuk mengembangkan strategi marketing adalah iklan. Melalui iklan, sebuah brand bukan hanya bisa mendapatkan brand awareness tapi juga konversi penjualan.
Namun, tahukah kamu Briefee iklan memiliki tipe yang beragam. Ada beberapa macam jenis iklan yang umum atau sering dijumpai. Apa sajakah itu? Dan mana yang tepat untuk bisnismu? simak pembahasan berikut ini, ya!
1.Brand Advertising
Brand Advertising adalah tipe iklan yang sering juga disebut sebagai national consumer advertising. Tipe iklan ini berfokus untuk meningkatkan brand identity, brand image serta loyalitas pelanggan sebuah produk barang atau jasa secara jangka panjang.
2. Retail Advertising
Tipe iklan retail yaitu berskala lokal dan fokusnya pada outlet atau toko dimana berbagai macam produk atau jasa dapat dibeli. Tujuan dari Retail Advertising adalah untuk menstimulasi store traffic dan membangun store image.
3. Direct Response Advertising
Direct Response Advertising adalah tipe iklan yang mana pesan disampaikan secara langsung dari penjual agar calon pembeli dapat memberikan respons langsung. Iklan Direct Response dapat menggunakan media periklanan apa pun, terutama direct mail dan Internet.
4. Business-to-Business
Business-to-Business mengacu pada upaya pemasaran apa pun yang diarahkan ke bisnis lain daripada ke konsumen. Tipe ini ditujukan kepada dealer, retailer, supplier, distributor, wholesaler dan para pembeli dari kalangan industrial lainnya.
5. Institusional Advertising
Institusional atau dikenal juga dengan Corporate Advertising merupakan tipe iklan yang memperkenalkan organisasi atau pembentukan indentitas baru dari suatu perusahaan pada target audiens. Tujuannya adalah untuk menarik investor, meningkatkan reputasi perusahaan atau menarik simpati masyarakat dengan cara melibatkan perusahaan di dalam kegiatan masyarakat.
6. Public Service Advertising
Public Service Advertising atau iklan layanan masyarakatmerupakan tipe iklan yang menyampaikan pesan sosial yang bersifat umum dan diperuntukan bagi semua lapisan masyarakat. Iklan Public Service memiliki dampak dan kepentingan yang tinggi berisi perintah berupa suruhan, larangan, imbauan, dan saran.
7. Nonprofit advertising
Terakhir ada Nonprofit Advertising yang mana tipe iklan ini biasa digunakan oleh organisasi nirlaba seperti: badan amal, yayasan, asosiasi, rumah sakit, museum, dan lembaga keagamaan yang bertujuan untuk menjangkau pelanggan, anggota, dan relawan.
Semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat membuat iklan secara tepat ya. Karena memilih iklan berdasarkan jenis atau tipenya dapat membantu untuk mengoptimalkan promosi mu.
Kunjungi selalu stories.briefer.id untuk beragam artikel dengan insight menarik lainnya. See ya!