Kiat Implementasi Konten Kreatif untuk UMKM – insight dari praktisi komunikasi dan UMKM

Briefer berbincang bersama Head of Growth KaryaKarsa Pribadi Prananta dan pemilik Sate Maranggi Sari Makmur 3 Ladrina Bagan untuk menggali insights mengenai kiat-kiat menjalankan konten kreatif UMKM berdasarkan pengalaman mereka.

Lalu, apa saja sih hal-hal penting yang bisa dilakukan dalam membuat konten kreatif yang menarik?

1.Siapa sih pelanggan kita?

Langkah pertama, kita harus memperkenalkan brand kita terhadap audience. Maka dari itu, penting sekali tahu siapa target audience kita, mulai dari karakteristik serta apa yang mereka butuhkan. Barulah, kita dapat menentukan konten menarik macam apa target audience mengikuti media sosial kita.

2. Bertanya kepada konsumen

Gunakan fitur instagram story question box maupun polling untuk memperoleh wawasan dan akurasi kebutuhan dari konsumen. Ini juga merupakan cara  berinteraksi ke audiens, agar mereka merasa dekat dengan kita.

3. Siapkan konten yang kontekstual mengenai produk secara konsisten

Siapkan konten-konten edukatif dan informatif mengenai produk atau jasa yang kita jual agar audiens terpikat. Lakukan secara konsisten, pastikan isinya relevan.

4. Buatlah diskon / promo

Promo online maupun offline sesekali membantu memperkenalkan produk. Misalnya, dengan mengikuti instagram usaha kamu pelanggan bisa memperoleh diskon tertentu atau buy one get one.

5. Content calendar

Buatlah rencana konten dalam satu bulan yang menjelaskan tentang topik-topik hingga waktu penayangan. Konsistensi unggahan konten tentang produkkamu di media sosial berpengaruh penting supaya produk kamu dikenal oleh audience.

6. Tentukan brand identity untuk konten

Maksud dari Brand identity disini adalah membentuk persepsi orang-orang terhadap konten yang kita jalankan. Apakah edukatif, lucu atau motivasional? Konten media sosial perlu disesuaikan dengan segmentasi, sehingga mereka memiliki alasan mengikuti kita di media sosial.

7. Tidak disarankan beli followers

Everything will be better if it’s real! Mengapa seperti itu? Saat kamu memutuskan membeli followers, resikonya yaitu algoritma media sosialmu bisa berantakan dan akun media sosialmu berpotensi jadi sarang para bot.

8. Pantau jam-jam aktif di account insights untuk tahu jadwal terbaik mengunggah konten

Kamu bingung kapan waktu terbaik mengunggah sebuah konten? jangan khawatir, Briefee. Cukup pantau insights akun kamu mengenai guna mengetahui keaktifan followers dan behavior mereka (pastikan akun kamu ‘business account’). Apabila kamu butuh verifikasi, langsung pakai cara nomor 2 diatas, melalui fitur polling maupun question box di instagram story.

9. Digital ads vs Influencers

Lagi-lagi, hal ini dapat ditentukan berdasarkan target audience brand. Namun, di tahap pertama, gunakanlah digital ads. Jangkauannya akan sangat mudah disesuaikan berdasarkan kategori audience serta budget yang kita miliki. Di sisi lain, influencers memiliki obyektif atau gaya mereka sendiri sehingga terkadang susah dikontrol utamanya dari sisi penyampaian pesan, maka dari itu baiknya prioritaskan digital ads daripada penggunaan influencer. Jika kamu mempunyai budger lebih, nggak masalah kok memakai keduanya. Pastikan juga tidak melakukan endorsement berdasarkan jumlah followers saja, melainkan jumlah engagements serta bidang yang sesuai.

Yuk langsung coba coba kiat-kiat diatas, siapa tahu membawa kebaikan terhadap bisnis kamu. Keep trying your best and good luck Briefee!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *