Apa faktor yang membuat brand disukai oleh konsumen?

Sebelumnya, kita telah membahas mengenai Brand Love dan brand apa saja yang dicintai oleh konsumennya. Nah, apa saja sih faktor yang membuat audiens menyukai sebuah brand? Ini ulasan lengkapnya!

1.CSR Corporate social responsibility (CSR)

CSR adalah salah satu cara bagi brand untuk terhubung dengan masyarakat. Misalnya dengan menyorot sejumlah isu penting yang kemudian perusahaan mengambil aksi untuk menjadi solusi dari masalah tersebut melalui program sosial berkelanjutan. Penting bagi perusahaan untuk beriorientasi pada penanganan isu yang berpengaruh terhadap audiens, sehingga audiens lebih menghargai atau mencintai brand kamu

2.Nostalgia

Biasanya kenangan indah masa lampau sulit untuk diulang. Ini menjadi kesempatan bagi brand untuk membawa nostalgia tersebut ke masa sekarang melalui program komunikasi. Ciptakan keterlibatan erat dengan konsumen melalui cerita nostalgia dan kegiatan seru di saluran media sosial brand kamu.

3.Sponsorship

Audiens memiliki ikatan emosional dengan hobi mereka, baik itu olahraga, game, musik, dan lainnya. Melalui sponsorship, brand dapat menjalin emosi dengan audiens, serta membantu membangun koneksi dengan potensial konsumen. Cari hobi yang disukai oleh audiensmu, dan temukan cara untuk terhubung dengan kegemaran tersebut.

4.Advokasi karyawan

Dorong karyawan perusahaanmu untuk secara aktif mempromosikan brand melalui media sosial. Hal ini tentu saja tidak mudah, oleh karena itu diperlukan hubungan yang baik antara perusahaan dan karyawan disertai program-program internal yang menarik agar para karyawan memiliki rasa kepemilikan dan loyalitas terhadap perusahaan.

5.Keterlibatan fandom

Ajaklah fandom atau kelompok penggemar berkolaborasi dengan brandmu untuk meningkatkan brand awareness hingga membentuk konversi penjualan melalui program komunikasi dengan mereka secara jangka panjang.

6. Customer experience

Sejak pandemi berlangsung, brand bergantung pada interaksi online untuk tetap terhubung dengan konsumennya. Prioritaskan pengalaman brand dengan konsumen dengan konten, kampanye maupun produk yang mendukung kebutuhan mereka di masa-masa saat ini.

7. Keterlibatan tren

Konsumen sangat menyukai sejumlah tren, dan sangat bersemangat untuk terlibat dalam sebuah cerita ataupun meme yang mewakili perasaan mereka. Ketahui apa saja yang sedang terjadi dan relevan untuk dihubungkan dengan brand kepada audience.

8. Strategi PR dan Media social

Media sosial adalah tentang membangun percakapan dengan audiens. Ciptakan cerita menarik, konten-konten kreatif yang menyesuaikan platform serta audiens di saluran-saluran media brandmu. Talk to your audience less like consumers, and more like friends.

Terpenting adalah pahami aspirasi konsumenmu, dan lekatkan pada strategi komunikasi menggunakan elemen-elemen diatas. Good luck to start build your Brand Love, Briefee!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *