Apa saja perubahan perilaku konsumen di 2021?

Industri mengalami sejumlah penyesuaian untuk tetap menggerakkan bisnis mereka di masa pandemi yang belum usai. Salah satunya adalah dengan melihat pergerakan kebutuhan konsumen supaya produk atau jasa yang mereka tawarkan tetap relevan di pasar. Apa saja perubahan perilaku konsumen di 2021? Ini rangkumannya.

1. Konsumen lebih fokus dengan kesehatan tubuh

Pandemi COVID 19 membuat banyak orang berfokus untuk menjaga imunitas tubuh dan kebersihan agar terhindar dari virus – mulai dari menggunakan masker sanitizer dan mengubah pola hidup. Perlahan mereka menerapkan gaya hidup sehat, mengkonsumsi produk yang rendah lemak hingga mengedukasi diri mengenai nutrisi makanan.

2.Konsumen melihat brand sebagai role model dalam kehidupan

Fakta bahwa generasi muda melihat brand sebagai role model dalam kehidupan mereka merupakan hal krusial. Brand harus mampu mendengarkan aspirasi para konsumen dan target marketnya, mengintegrasikannya ke dalam sebuah program marketing dan komunikasi yang menarik. Selain memposisikan diri untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, konsumen juga berharap agar brand lebih speak up dan melakukan aksi dalam penanganan tantangan sosial. Nilai inilah yang menjadi salah satu faktor pelanggan makin loyal terhadap sebuah brand.

3.Konsumen memprioritaskan kebutuhan primer

Pandemi telah menyebabkan krisis keuangan yaitu perampingan jumlah karyawan perusahaan dan turunnya pengeluaran konsumen karena penurunan anggaran rumah tangga. Konsumen akhirnya memprioritaskan kebutuhan primer, menyesuaikan gaya hidup serta fokus menabung. Oleh karena itu, pada akhirnya brand menciptakan produk yang semakin berpusat pada pelanggan dengan nilai / layanan kompetitif untuk tetap bertahan di lingkungan setelah pandemi.

4.Konsumen lebih fokus pada work-life balance

Penerapan Work From Home mengubah pikiran konsumen untuk lebih sadar akan keseimbangan hidup dan bekerja secara produktif, sehingga mereka lebih punya waktu lebih untuk keluarga. Work From Home membuat konsumen memiliki fleksibilitas bekerja dari mana saja sekaligus berlibur singkat yang menjadikan diri mereka lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *