Kamu hobi menulis dan ingin menapaki karir menjadi seorang penulis? Tak perlu bingung Briefee, kita akan coba share langkah-langkah awal untuk mewujudkan mimpimu tersebut. Simak dan tekuni cara di bawah ini

1. Tentukan segmen tulisan

Ketahui tulisan yang kamu suka – apakah kumpulan cerita pendek, feature article, novel dan semacamnya. Tapi jika kamu sudah memiliki bahan tulisan, nggak ada salahnya mengumpulkan bahan tersebut kemudian sedikit disempurnakan supaya makin bagus.

2. Buat outline

Buatlah outline tulisan agar kamu mudah menyusun jalan cerita. Dengan begitu, kamu bisa menentukan plot-plot cerita beserta tokoh yang ingin kamu perkenalkan. Persoalan jumlah bab bisa dipikir belakang, karena akan bergantung pada sebanyak atau sekompleks ide ceritamu Briefee.

3. Perkaya referensi

Referensi bisa diambil dari buku, cerita teman, pengalaman diri sendiri, artikel di internet atau bahkan tempat-tempat favoritmu. Kamu juga bisa lho sharing dengan teman yang punya passion menulis, agar membantumu mendapatkan perspektif berpikir yang berbeda

4. Minta masukan

Bila artikel atau naskahmu sudah selesai, ini saatnya meminta orang lain untuk membaca. Yes! Penting banget mereka menilai karyamu supaya kamu tahu kekurangan tulisanmu. Tampung masukan mereka, lalu kurasi poin yang perlu diterapkan ke dalam tulisanmu dan yang disimpan untuk evaluasi berikutnya. Jadi, jangan anti kritik yah Briefee.

Terakhir, pasarkan karya terbaikmu dan kemampuanmu dengan penuh percaya diri. Jika kamu gagal di percobaan awal, jangan patah semangat ya Briefee. Selalu ada jalan bagi kamu yang pantang mundur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *