Ketika kita sedang merasakan hal – hal yang tidak biasa tentang kondisi mental kita atau tubuh kita, pasti rasa takut dan pikiran cemas datang. Kita ingin segera tahu apa yang terjadi dengan diri sendiri, dan sering kali berdasarkan informasi dari internet dan akhirnya melakukan diagnosa diri (self-diagnosis) tanpa konsultasi dengan professional atau psikolog.

Tapi tunggu, apa sih diagnosa diri (self-diagnosis) itu?

Diagnosa diri adalah proses dimana kita mencoba untuk mengidentifikasi atau mendiagnosa sebuah penyakit yang sedang kita alami secara sendiri dengan hanya bersumber pada pengetahuan dasar atau kumpulan informasi baik dari buku, internet maupun lingkungan sekitar. Padahal, diagnosa diri yang orang – orang lakukan bisa membahayakan diri sendiri dan berakibat fatal.

Mengapa bisa berakibat fatal?

Berdasarkan paparan Dr. Todd Thatcher, DO, CMRO dari Highland Springs Valley Specialty Clinic, ketika kita keliru dalam mendiagnosa penyakit, kita bisa saja mendapatkan tindakan atau treatment yang salah. Selain itu, kita juga dapat melewatkan penyakit yang sebenarnya terjadi dalam diri kita yang dimana akhirnya penyakit tersebut menjadi parah sehingga akan terlalu terlambat untuk memberikan tindakan yang benar.

Contohnya seperti tumor di otak, hal ini dapat menyebabkan perubahan pada kepribadian, depresi, dan psikosis. Jika kita salah dalam melakukan diagnosa diridengan hanya menganggap kita memiliki panic disorder, kita mungkin melewatkan diagnosa akan masalah jantung dan tiroid. Melakukan treatment sendiri berdasarkan diagnosa diri yang salah dengan meminum obat yang tidak seharusnya, kita akan memperburuk situasi sehingga nantinya penyakit tersebut akan lebih sulit untuk disembuhkan.

Diagnosa diri terhadap kondisi mental juga dapat mempengaruhi produktivitas kerjamu. Tanpa treatment yang tepat, kamu bertendensi memperburuk keadaan diri sendiri sehingga performa kerjamu menurun. Tentu kamu tidak ingin kehilangan pekerjaan hanya karena salah langkah terhadap kesehatanmu kan, Briefee?

Tentu sangat penting untuk sadar akan kesehatan mental dan selalu mencari jawaban apabila sesuatu yang tak biasa sedang terjadi. Tetapi mendapatkan diagnosa formal dari professional / psikolog adalah langkah awal yang paling benar dalam proses penyembuhan.Dengan demikian, kita akan mendapatkan treatment yang paling tepat agar kita pulih lebih cepat.

Jadi bagi kamu yang sedang merasa kurang baik atau ada hal – hal tak biasa dengan diri kalian, jangan takut untuk konsultasikan keluhanmu kepada para profesional yah! Dan juga selalu sisihkan waktu untuk mengistirahatkan mentalmu – dengan melakukan hal-hal positif yang membuatmu nyaman, sesibuk apapun kamu.

Remember, your mental health matters.

Salam sehat dan tetap semangat Briefee!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *