Love Language: Jembatan Menuju Komunikasi Yang Lebih Efektif

Hari Valentine seringkali menjadi momen pasangan untuk menunjukkan kasih sayang mereka. Namun, tak jarang juga momen ini jadi ajang perselisihan karena kesalahpahaman dalam komunikasi. 

Oleh karena itu, disini love language hadir membantu Briefee memahami kebutuhan dan bahasa cinta pasangan supaya terhindar dari misscom. Psst, ada juga bocoran tentang rekomendasi kegiatan buat valentine sesuai love language lho! So, simak sampai habis ya

Tentang Love Language 

Bahasa cinta atau love language pertama kalinya diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul The Five Love Languages (1992). Konsep ini menjelaskan bahwa setiap individu memiliki cara yang berbeda dalam menerima dan mengungkapkan kasih sayang.

Emang ada love language apa aja sih? Ada words of affirmation, physical touch, receiving gift, act of service dan quality time

Words Of Affirmation

Mereka yang mempunyai bahasa cinta ini, biasanya sangat menyukai ungkapan verbal seperti kata-kata manis, pujian, apresiasi, afirmasi dll. Tak hanya menerima, ketika mengungkapkan kasih sayang, mereka juga akan banyak menggunakan kata-kata manis.

Lalu, kalau valentine nanti gimana? Waktu valentine, kamu bisa berikan hadiah yang disertai dengan surat atau memo untuk mengungkapkan rasa sayang. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan long text ke pasanganmu lho!

Physical Touch 

Biasanya mereka menyukai sentuhan. Namun, bukan sentuhan yang bersifat seksual, tapi sentuhan kasih sayang. Seperti pelukan atau rangkulan. Ketika mengungkapkan kasih sayang, mereka juga akan lebih banyak melibatkan sentuhan, seperti pat-pat atau gandengan tangan.

Waduh, kalau valentine susah ga ya? Enggak kok. Waktu valentine kamu bisa peluk atau pat-pat pasanganmu ketika bertemu. Bisa juga dibarengi dengan quality time

Quality Time

Bahasa cinta ini sangat mementingkan momen. Oleh karena itu, perlu kamu perlu membuat pertemuan yang intim dan tanpa gangguan. 

Saat valentine, kamu bisa makan malam berdua, jalan-jalan keliling kota, ataupun deep talk. Yang penting no gadget. 

Receiving Gift 

Biasanya mereka akan mengungkapkan kasih sayang dengan memberikan berbagai macam hadiah. Oleh karena itu, mereka juga mengharapkan dihadiahkan sesuatu yang spesial dari pasangan sebagai bentuk cinta dan kasih sayang.

Kalau valentine, kamu bisa berikan barang-barang yang lagi mereka butuhkan atau barang-barang yang anti-mainstream seperti tiket konser. Psst, lagi banyak konser tuch! 

Act of Service 

Kecenderungan mereka adalah membantu segala hal bahkan sampai hal yang paling kecil. Begitu juga ketika mengungkapkan cinta, mereka akan lebih banyak menawarkan bantuan yang membuat mereka merasa dilibatkan atau dipentingkan. 

Valentine adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan act of service kamu, mulai dari membuat reservasi untuk dinner, menjemput pasangan, membuka tutup minuman dll. Yang penting treat her like a queen. 

Sekarang ga bingung lagi kan? Kenali dan penuhi love language orang terkasih kamu di hari Valentine! Have a lovely week Briefee! 

Mau tahu insight lainnya seputar dunia komunikasi? Yuk kunjungi laman web Stories From BRIEFER dan nantikan update lainnya. See you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *