Hari Natal adalah momen yang tepat bagi brand-mu untuk merancang kampanye PR yang unik dan menarik guna meningatkan visibilitas brand. Namun kira-kira, ide kampanye PR seperti apa, ya, yang cocok untuk target audiens brand?
Tak perlu khawatir, artikel ini akan memberimu beberapa ide kampanye PR yang bisa dilakukan untuk merayakan hari Natal. Simak sampai habis, ya!
Ide Kampanye PR untuk Natal
Berikut adalah beberapa ide contoh kampanye PR untuk hari Natal.
1. Kirim Salam untuk Keluarga
Natal adalah momen kebersamaan yang biasanya dilakukan bersama keluarga. Namun sayangnya, banyak orang yang harus merayakan Natal jauh dari keluarga.
Oleh karena itu, kampanye semacam ini dapat menyentuh sisi emosional audiens yang jauh dari keluarga dan merindukan momen kebersamaan.
Target:
- Individu yang tinggal jauh dari keluarga, seperti karena merantau, tinggal di luar negeri, atau bekerja di kota lain
Konsep:
- Ajak audiens untuk mengirimkan pesan atau kartu digital khusus untuk keluarga tercinta yang mungkin tidak bisa mereka temui secara langsung
- Sediakan platform pembuatan kartu Natal digital yang dapat di-customize dengan pesan pribadi atau foto keluarga
- Buat hashtag seperti #SalamNatalKeluarga untuk memudahkan audiens berbagi momen mereka
Cocok untuk Industri:
- E-commerce & Teknologi: Platform pengiriman kartu digital, aplikasi messaging, atau situs web yang menawarkan jasa pengiriman pesan
2. Wishlist Challenge
Natal erat kaitannya dengan mendapat hadiah sesuai keinginan. Momen Natal pun banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk memberikan sesuatu kepada sang terkasih.
Dalam konteks kampanye PR, brand dapat merancang program yang berfokus pada konsep pemberian hadiah sesuai keinginan audiens.
Target:
- Pengguna media sosial aktif atau audiens muda
Konsep:
- Ajak audiens membuat wishlist Natal mereka yang berisi produk atau layanan favorit dari brand dan membagikannya di media sosial dengan hastag khusus dan mention ke akun brand
- Pilih beberapa pemenang yang akan mendapatkan item dari wishlist mereka berdasarkan kriteria tertentu (seperti desain post, storytelling, dan lain sebagainya)
Cocok untuk Industri:
- Fashion & Lifestyle: Brand yang menawarkan barang-barang high-demand, seperti pakaian, aksesoris, atau peralatan rumah tangga
- E-commerce: Platform yang menjual berbagai macam produk bisa memanfaatkan ide ini dengan memberikan diskon atau hadiah untuk produk tertentu
3. #NatalDiRantau
Kampanye #NatalDiRantau juga bisa menargetkan individu yang tinggal jauh dari keluarga, sehingga merindukan momen berkumpul bersama saat Natal.
Kampanye ini memberikan kesempatan untuk menciptakan kenangan baru dan rasa kebersamaan meskipun jauh dari rumah.
Selain itu, kampanye ini juga bisa memberikan pengalaman yang autentik dan emosional kepada audiens, sekaligus mendekatkan brand dengan mereka yang rindu akan kebersamaan dengan keluarga.
Target:
- Individu yang merantau, baik di dalam kota maupun luar kota, yang mungkin merasa kesepian atau merindukan suasana Natal di rumah
Konsep:
- Mengadakan acara makan malam atau gathering Natal yang dihias dan didekorasi seperti rumah Natal pada umumnya yang penuh dengan ornamen rumah, lampu Natal, pohon Natal, serta makanan khas Natal
- Peserta yang terpilih akan diundang untuk merayakan Natal bersama orang-orang yang juga merantau, menciptakan rasa kebersamaan dan nostalgia akan suasana Natal di rumah
- Setiap peserta bisa berbagi cerita atau tradisi Natal mereka, sementara brand dapat menambahkan elemen kejutan, seperti pemberian hadiah atau voucher yang berkaitan dengan pengalaman Natal mereka
Cocok untuk industri:
- F&B (Restoran atau Kafe): Tempat yang bisa menyediakan suasana makan malam Natal yang intimate dan nyaman
- Furniture & Dekorasi Rumah: Brand furniture seperti IKEA sangat relevan dengan konsep ini karena mereka menyediakan berbagai produk yang membantu menciptakan atmosfer rumah yang nyaman dan hangat, yang sangat cocok untuk merayakan Natal
- Event & Hospitality: Penyedia jasa EO atau penginapan dapat menyelenggarakan acara ini untuk memberi pengalaman Natal yang lebih personal bagi audiens yang jauh dari rumah
4. Christmas Style Challenge
Saat Natal, mengenakan pakaian yang bagus dan unik tentunya akan menambah kegembiraan. Nah, brand, terutama dari industri fesyen, bisa memanfaatkan ini untuk memperkenalkan koleksi produk mereka.
Target:
- Penggemar fashion, influencer, dan audiens lain yang concern dengan pakaian saat Natal
- Pengguna media sosial aktif yang suka berbagi style fesyen mereka dan menginspirasi orang lain
Konsep:
- Ajak audiens untuk mengikuti challenge dengan cara mix and match produk pakaian yang dimiliki brand untuk menciptakan tampilan Natal yang stylish dan unik
- Peserta dapat memilih berbagai item pakaian dari koleksi brand, seperti sweater Natal, gaun, jas, aksesori Natal, dan sepatu, dan menunjukkan kreativitas mereka dalam mix and match gaya yang sesuai dengan tema Natal.
- Para peserta kemudian diharuskan untuk mengunggah foto atau video mereka di media sosial menggunakan hashtag khusus, seperti #ChristmasStyleChallenge dan me-mention akun brand
- Brand dapat memilih pemenang berdasarkan kreativitas dan orisinalitas gaya mereka, atau kriteria lainnya
- Pemenang akan mendapatkan hadiah menarik seperti voucher belanja atau koleksi pakaian eksklusif
Cocok untuk Industri:
- Fashion & Lifestyle: Brand pakaian dan aksesoris yang ingin mempromosikan koleksi Natal mereka bisa memanfaatkan konsep ini
5. Christmas Carol Charity Campaign
Christmas carol adalah salah satu tradisi Natal dengan menyanyikan lagu-lagu Natal yang mengisahkan kelahiran Yesus Kristus ke dunia.
Nah, brand dapat memanfaatkan tradisi ini untuk mendorong audiens agar berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang positif.
Target:
- Masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain pada saat Natal
Konsep:
- Kampanye ini berfokus pada penggalangan dana untuk amal dengan memanfaatkan kekuatan lagu-lagu carol Natal
- Brand dapat bekerja sama dengan penyanyi atau paduan suara untuk mengadakan konser virtual atau live caroling
- Setiap kali lagu dinyanyikan, audiens diundang untuk mendonasikan sejumlah uang atau barang
- Brand bisa menyumbangkan sebagian dari penjualan produk tertentu, serta memberikan insentif untuk setiap donasi yang dilakukan
Cocok untuk Industri:
- Charity atau sosial: Kampanye ini sangat relevan untuk brand yang memiliki fokus di bidang sosial
- Seluruh industri yang ingin mengadakan CSR untuk meningkatkan citra positif brand
Ingin Rancang Kampanye PR dan Undang Media? Ke BRIEFER Saja!
Merancang kampanye PR dapat dibilang memiliki sejumlah tantangan, apalagi jika perusahaan tidak memiliki tim PR khusus.
Namun, tak perlu khawatir, BRIEFER bisa membantu! BRIEFER adalah platform PR non-retainer yang memungkinkanmu untuk memesan jasa kami tanpa harus terikat kontrak yang panjang.
Dengan berbagai spesialis berpengalaman di BRIEFER, kami bisa membantumu merancang kampanye PR yang lebih terarah dan relevan dengan target audiens.
Tunggu apalagi? Segera hubungi kami melalui email hello@briefer.id atau kunjungi laman web resmi BRIEFER untuk informasi lebih lanjut!