Apa itu Government Relations? – Pengertian, Peran, & Contoh Kegiatannya

businessman and businesswoman shaking hands

Government relations merupakan salah satu jenis public relations yang berfokus untuk menjebatani komunikasi antara perusahaan dengan pemerintah.

Dengan adanya komunikasi tersebut, maka diharapkan akan tercipta hubungan baik di antara keduanya, yang pada gilirannya berdampak positif terhadap bisnis.

Artikel ini akan memaparkan lebih dalam tentang apa itu government relations, mulai dari pengertian hingga perannya dalam organisasi.

Pengertian Government Relations

Government relations adalah proses memengaruhi kebijakan publik di seluruh level pemerintahan, mulai dari pemerintah daerah, nasional, hingga global.

Tujuan dari proses ini adalah untuk membujuk pejabat pemerintah agar mengubah atau mempertahankan suatu kebijakan sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan kelompok tertentu.

Dampak Government Relations terhadap Bisnis

Seperti yang kita ketahui, kebijakan pemerintah memiliki dampak yang besar terhadap operasional dan kelanjutan bisnis.

Nah, hubungan perusahaan dengan pemerintah bisa berdampak signifikan, baik secara positif maupun negatif, tergantung pada bagaimana hubungan tersebut dikelola

Dengan hubungan yang baik, perusahaan dapat lebih mudah mengantisipasi perubahan regulasi yang mungkin berdampak negatif, sehingga mereka dapat mempersiapkan strategi mitigasi atau penyesuaian.

Selain itu, terlibat secara aktif dalam kebijakan publik dan berkolaborasi dengan pemerintah juga dapat meningkatkan reputasi perusahaan di mata publik, karena dianggap berkontribusi pada kepentingan umum

Peran Government Relations

Pada intinya, peran GR adalah untuk membangun dan memelihara hubungan baik dengan kebijakan publik yang relevan dengan bisnis.

Selain itu, mereka juga berperan sebagai komunikator atau mediator antara perusahaan dengan pemerintah mengenai isu tertentu yang berkaitan dengan kebijakan publik.

Biasanya, isu atau kebijakan publik yang berkaitan dengan bisnis adalah seputar kebijakan upah minimum, monopoli, persaingan tidak sehat, transportasi, penetapan HET, dan lain sebagainya.

Peran GR lainya mencakup:

  • Mengawasi perkembangan kebijakan publik yang mungkin memengaruhi perusahaan
  • Mengembangkan strategi yang bisa memengaruhi kebijakan publik dan memastikan bahwa kebijakan tersebut berdampak baik bagi perusahaan
  • Mengadvokasi kepentingan perusahaan dalam regulasi yang berdampak pada operasional bisnis
  • Melindungi dan meningkatkan reputasi perusahaan di mata pemerintah dan publik

Contoh Kegiatan Government Relations

Ada beberapa contoh kegiatan GR, seperti:

  1. Melobi pejabat pemerintah mengenai kebijakan atau regulasi yang berdampak pada bisnis
  2. Melakukan kampanye advokasi kepada publik untuk mendukung atau menentang kebijakan tertentu melalui media
  3. Menghadiri acara networking yang dihadiri oleh pejabat pemerintah

Perbedaan Government Relations dengan Public Affairs

Public affairs kerap kali disamakan dengan government relations karena perannya yang sama-sama berhubungan dengan pemerintah.

Namun, meskipun perannya yang terlihat serupa, public affairs memiliki cakupan yang lebih luas karena termasuk membangun hubungan baik dengan B2B, media, stakeholder, dan dampanya terhadap pemerintah secara luas.

Jadi, GR lebih berfokus pada hubungan antara perusahaan dan pemerintah, sedangkan public affairs banyak terlibat dengan pihak eksternal untuk mendiskusikan prosedur atau kebijakan publik.

Itulah dia penjelasan tentang pengertian government relations, mulai dari peran, contoh kegiatan, hingga perbedaannya dengan public affairs.

Pada intinya, GR merupakan salah satu bidang dalam public relations yang tugasnya menjalin hubungan baik dengan pemerintah untuk memastikan bahwa kepentingan bisnis diwakili dalam proses pembuatan kebijakan.

Jika kamu ingin menambah wawasan tentang dunia public relations, yuk kunjungi website Stories from BRIEFER untuk membaca artikel insightful lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *