6 Rekomendasi Aplikasi untuk Jogging Terbaik, Auto Jadi Rajin!

closeup jogger man near sea

Jika sedang jogging, kamu mungkin ingin mengetahui sudah seberapa banyak langkah yang kamu ambil. Nah, berkenaan dengan ini, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk jogging.

Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, tak hanya menghitung jumlah langkah, kamu juga bisa mengetahui total jarak dan laju kecepatanmu.

Artikel ini akan memberikan rekomendasi aplikasi untuk jogging terbaik yang dapat kamu nikmati secara gratis. Yuk, simak!

Rekomendasi Aplikasi untuk Jogging Gratis

Berikut daftarnya.

1. Strava

Rekomendasi aplikasi jogging terbaik yang pertama adalah Strava. Di Google Play Store, aplikasi ini mencapai lebih dari 50 juta kali unduhan.

Sebenarnya, hal ini tak mengherankan mengingat Strava menawarkan berbagai fitur menarik yang membuat kegiatan olahraga menjadi lebih bermakna.

Di Strava, kamu bisa men-tracking berbagai jenis olahraga, di antaranya berjalan, bersepeda, badminton, ice skating, hingga olahraga air seperti kano.

Jika kamu mengeklik tombol ‘start‘ sebelum memulai olahraga dan menekan ‘finish‘ di akhir, kamu bisa mengetahui sudah berapa lama dan sejauh mana kamu berolahraga, serta jumlah langkah yang telah diambil.

Selama berolahraga, kamu bisa menyambungkan aplikasi Strava dengan Spotify jika ingin sembari mendengarkan lagu.

Tak hanya itu, kamu juga bisa membagikan hasil kegiatan olahragamu dengan membuat unggahan sehingga pengguna lain bisa melihatnya.

Di bagian profil, kamu akan bisa melihat bagaimana statistik progress olahragamu dari minggu ke minggu, sehingga kamu bisa membandingkannya.

Karena tiap pengguna memiliki akun sendiri, kamu pun bisa mengatur nama dan foto profil, serta berteman dengan pengguna lain.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain, seperti memberikan ‘kudos‘ (semacam likes) dan berkomentar di unggahannya.

Strava dapat digunakan secara gratis untuk bisa menikmati fitur-fitur dasar. Namun, jika kamu ingin fitur yang lebih banyak, kamu harus berlangganan premium.

2. Google Fit

Jika kamu hanya perlu aplikasi pengukur jarak jogging di Android yang sederhana, maka Google Fit bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Aplikasi ini bekerja sama dengan WHO (World Health Organization) dan AHA (America Heart Association) untuk menentukan poin standar guna mencapai hidup yang sehat.

Nah, poin standar tersebut diperoleh dari aktivitas sehari-hari yang telah kamu lakukan. Adapun poin standarnya adalah 150 poin dalam seminggu.

Tidak seperti Strava, Google Fit akan secara otomatis mengukur berapa banyak langkah yang kamu lakukan per harinya tanpa harus menekan tombol record terlebih dahulu.

Namun sebenarnya, Google Fit juga bisa dihubungkan dengan aplikasi kebugaran lain, salah satunya Strava, untuk hasil analisis yang lebih komprehensif.

Kamu juga bisa memantau kualitas tidur, berat badan, dan tekanan darah melalui aplikasi ini, meskipun perkembangannya harus kamu masukkan secara manual.

3. Relive

Relive juga merupakan salah satu aplikasi buat jogging favorit yang banyak digunakan. Di Google Play Store, aplikasi ini telah meraih lebih dari 10 juta kali unduhan.

Cukup berbeda dengan Strava, aplikasi Relive lebih berfokus untuk mendokumentasikan hasil latihan olahragamu, sehingga fiturnya lebih terbatas.

Jadi, Relive akan merekam rute yang telah kamu lalui dalam bentuk video 3D, sehingga akan terlihat lebih menarik jika kamu ingin membagikannya melalui media sosial.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui jumlah jarak, waktu, dan besar lajumu selama berolahraga. Sayangnya, aplikasi ini tidak mengukur jumlah kalori dan tingkat kebugaran yang dihasilkan.

4. Fitness

Bagi kamu pengguna iPhone, Fitness merupakan aplikasi bawan untuk jogging yang fiturnya sederhana dan bisa diandalkan.

Di Fitness, kamu bisa mengukur secara otomatis jumlah langkah, jarak, laju, durasi, serta kalori yang terbakar dari hasil pergerakanmu setiap harinya.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan berapa target kalori terbakar harianmu, sehingga setiap harinya kamu bisa tahu apakah kamu sudah mencapainya.

Jika kamu punya Apple Watch, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengukur detak jantung, laju pernapasan, dan intensitas olahraga secara real-time dan tersinkronisasi otomatis dengan Fitness.

Fitness dapat digunakan secara gratis untuk menikmati fitur-fitur dasar. Untuk penggunaan yang lebih maksimal, seperti olahraga di rumah dengan video tutorial, kamu bisa berlangganan Fitness+.

Fitness+ ini juga memungkinkanmu untuk berolahraga sembari mendengarkan lagu yang tersinkronisasi secara otomatis dari Apple Music.

5. Runkeeper

Dengan lebih dari 10 juta kali unduhan di Play Store, Runkeeper menjadi aplikasi untuk jogging terbaik selanjutnya. Aplikasi ini dibuat oleh ASICS, brand sepatu asal Jepang.

Aplikasi ini dapat melacak aktivitas olahragamu, mencakup jumlah langkah, durasi, laju, hingga jarak, dengan hanya mengeklik tombol ‘start‘.

Kamu juga bisa mengkostumisasi rencana olahragamu setiap harinya, sehingga kamu bisa berolahraga sesuai target yang telah ditetapkan.

Ada juga challenge berupa kompetisi yang bisa diikuti olehmu dan pengguna lain agar kamu bisa lebih termotivasi untuk berolahraga.

Sama seperti Strava, aplikasi Runkeeper memungkinkanmu untuk berteman dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

6. Adidas Running

Sesuai namanya, Adidas Running merupakan aplikasi pengukur jogging besutan salah satu brand sepatu terkemuka di dunia, Adidas.

Di Google Play Store, aplikasi ini telah meraih lebih dari 50 juta kali unduhan serta total rating sebesar 4,8 dari lebih dari 1 juta ulasan.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak aktivitas olahragamu, mencakup total jarak, jumlah kalori yang terbakar, serta laju rata-rata yang dilakukan.

Ada juga fitur statistik yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa dan membandingkan progress olahragamu dari hari ke hari.

Tak hanya itu jogging, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk melacak jenis aktivitas latihan lainnya, seperti berjalan, mendaki, bersepeda, dan sebagainya.

Itulah dia artikel lengkap tentang rekomendasi aplikasi untuk jogging terbaik dan gratis, baik untuk pengguna iPhone maupun Android.

Siap untuk olahraga yang rajin, Briefee? Baca artikel menarik lainnya hanya di website Stories from BRIEFER, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *