5 Cara Menghubungi Influencer untuk Diajak Kerja Sama, Simak!

dua orang perempuan berjabat tangan

Saat ini, semakin banyak brand yang melakukan kerja sama dengan influencer untuk menjalankan kampanye pemasaran. Lantas, bagaimana cara menghubungi influencer dengan tepat?

Dalam menghubungi influencer, kamu perlu menyusun strategi komunikasi yang baik agar pesan dapat tersampaikan secara efektif.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah penting yang perlu diperhatikan sebelum dan saat menghubungi influencer. Yuk, simak!

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghubungi Influencer

Sebelum menghubungi influencer untuk diajak kerja sama, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, yaitu:

1. Tentukan Tujuan Kampanye

Sebelum menghubungi influencer, penting untuk menentukan apa tujuan kampanye yang akan brand-mu lakukan, apakah meningkatkan brand awareness, mendongkrak penjualan, atau mengedukasi audiens?

Jika kamu memiliki tujuan yang jelas mengenai kampanye yang akan dilakukan, maka kamu pun dapat merancang strategi dan memilih influencer yang lebih sesuai.

2. Lakukan Riset yang Mendalam tentang Influencer

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah lakukan riset mendalam mengenai influencer yang ingin kamu ajak kerja sama.

Cari tahu apa karakteristik mereka, bagaimana audiens mereka, hingga seberapa besar tingkat engagement dari konten-konten mereka.

Selain itu, kamu juga bisa riset tentang bagaimana sentimen publik terhadap influencer tersebut, misalnya dengan menganalisis komentar pada konten yang mereka buat.

Dengan mengetahui hal tersebut, kamu pun dapat memilih influencer yang lebih tepat sasaran dengan nilai dan target audiens dari brand-mu.

3. Tentukan Anggaran dan Bentuk Kerja Sama

Anggaran merupakan salah satu hal yang krusial dalam menentukan keberhasilan kerja sama dan kampanye yang akan kamu lakukan.

Oleh karena itu, tetapkan terlebih dahulu berapa banyak anggaran yang siap brand-mu investasikan untuk kerja sama ini.

Kamu juga bisa mendiskusikan bentuk kompensasi lain selain uang tunai yang bisa diberikan kepada influencer, seperti produk gratis atau diskon khusus yang dapat memberikan nilai tambah.

Selain itu, tentukan juga bagaimana bentuk kerja sama yang kamu inginkan demi tercapainya tujuan kampanye, apakah dengan posting di mesia sosial, video review, atau yang lainnya.

Cara Menghubungi Influencer yang Ingin Diajak Kerja Sama

Berikut ini beberapa cara menghubungi influencer dengan tepat dan profesional:

1. Hubungi Kontak yang Disediakan

Biasanya, influencer akan menyertakan alamat email atau informasi kontak yang bisa dihubungi untuk kerja sama bisnis pada bio media sosial mereka, seperti Instagram.

Contoh kontak kerja sama selebgram Karin Novilda
Contoh kontak kerja sama selebgram Karin Novilda

Jadi, cobalah periksa akun media sosial mereka dan hubungi kontak yang disediakan jika ada agar probabilitas pesanmu direspon lebih tingi.

Namun, jika memang influencer yang kamu incar tidak mencantumkannya, kamu bisa mengirim direct message melalui media sosial mereka.

2. Perkenalkan Diri dan Beritahu Tujuan

Cara menghubungi influencer selanjutnya adalah memperkenalkan diri dan memberi tahu maksud serta tujuanmu menghubungi sebagai pesan pembuka.

Jadi, saat pertama kali menghubungi influencer tersebut, hindari pesan yang tidak straightforward dan bertele-tele untuk memberi kesan yang lebih profesional.

3. Mintalah Rate Card

Rate card merupakan informasi tentang tarif atau harga yang ditetapkan oleh influencer untuk berbagai jenis layanan yang mereka tawarkan.

Setelah memperkenalkan diri dan memberitahu tujuanmu menghubungi mereka, mintalah rate card agar kamu bisa memperoleh gambaran mengenai besaran biaya yang perlu disiapkan.

Selain itu, adanya rate card ini juga untuk menilai apakah anggaran yang kamu siapkan cocok dengan keinginan influencer, serta apakah anggaran tersebut sepadan dengan hasil yang diharapkan.

Beriku contoh pesan pembuka melalui e-mail yang bisa kamu kirim kepada influencer saat pertama kali menghubungi mereka:

Setelah influencer memberikan informasi rate card-nya, kamu juga bisa melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Misalnya, jika anggaran kamu terbatas, kamu bisa menawarkan kompensasi atau bentuk kerja sama lain yang sekiranya bisa diterima sang influencer.

4. Berikan Penawaran

Jika kamu merasa cocok dengan besaran harga yang ditetapkan, cara menghubungi influencer berikutnya adalah memberikan penawaran.

Penawaran ini harus mencakup detail spesifik tentang anggaran, tujuan kampanye, serta apa hasil yang kamu harapkan dari influencer.

Misalnya, dengan kompensasi sebanyak Rpxxxxx, kamu berharap influencer dapat membuat 2 postingan di Instagram berupa feed dan story, serta 1 konten video review di TikTok.

Dalam hal ini, pastikan penawaran yang kamu berikan menarik dan layak, sehingga influencer akan merasa dihargai dan menerima tawaran kerja sama.

5. Lakukan Follow-up Secukupnya

Setelah tawaran diberikan kepada influencer, penting untuk melakukan tindak lanjut secukupnya saja, meskipun jika mereka lama dalam merespon pesanmu. Berilah mereka waktu untuk mempertimbangkan tawaran.

Sebab, tindak lanjut yang berlebihan dapat memberikan kesan bahwa kamu terburu-buru atau tidak menghargai waktu mereka.

Jika memang pesanmu belum dibalas pada hari kamu mengirimkan pesan, lakukan follow-up dalam waktu 3-5 hari kerja.

Itulah dia artikel lengkap mengenai bagaimana cara mengubungi influencer yang tepat untuk diajak kerja sama dengan brand.

Pada intinya, keberhasilan kampanye dan kolaborasi dengan influencer juga sedikit banyak bergantung pada proses komunikasi yang efektif antara brand dengan influencer.

Semoga tips ini bermanfaat, ya, Briefee! Yuk, kunjungi website Stories from BRIEFER dan baca insight lain seputar pemasaran dan PR!